kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,31   7,91   0.88%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ini 4 Minuman untuk Meredakan Infeksi Saluran Kemih dengan Efektif


Selasa, 30 April 2024 / 14:50 WIB
Ini 4 Minuman untuk Meredakan Infeksi Saluran Kemih dengan Efektif
ILUSTRASI. Ini 4 Minuman untuk Meredakan Infeksi Saluran Kemih dengan Efektif

Penulis: Bimo Kresnomurti

Minuman untuk Meredakan Infeksi Saluran Kemih  - JAKARTA. Simak minuman yang dikonsumsi penderita infeksi kandung kemih. Konsumsi minuman yang menyehatkan tentu perlu dilakukan agar gangguan kesehatan saluran kemih cepat pulih.

Infeksi saluran kemih atau ISK merupakan keadaan di mana bakteri atau mikroorganisme lainnya memasuki saluran kemih dan mengakibatkan infeksi.

Jenis infeksi ini bisa terjadi di berbagai bagian saluran kemih, termasuk kandung kemih (cystitis), uretra (urethritis), atau bahkan ginjal (pielonefritis).

Infeksi Saluran Kemih lebih sering terjadi pada wanita daripada pria karena uretra wanita lebih pendek dan lebih mudah terjangkit bakteri dari lingkungan luar.

Baca Juga: Tak Hanya Serang Orang Tua, Ini 6 Penyebab Utama Gagal Ginjal di Usia Muda

Faktor Penyebab ISK

Ilustrasi kencing

Ada beberapa penyebab umum Infeksi Saluran Kemih yang lebih sering dialami oleh wanita daripada pria. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko ISK:

  • Aktivitas Seksual: Berhubungan seksual dapat meningkatkan risiko Infeksi Saluran Kemih pada wanita karena aktivitas tersebut dapat memperkenalkan bakteri ke dalam uretra.
  • Jenis Kelamin: Wanita lebih rentan terhadap Infeksi Saluran Kemih karena uretra mereka lebih pendek dan lebih dekat dengan anus, sehingga memudahkan bakteri masuk ke dalam kandung kemih.
  • Penyimpangan Anatomi: Beberapa orang memiliki penyimpangan anatomi pada saluran kemih atau organ lain yang dapat meningkatkan risiko Infeksi Saluran Kemih.
  • Kondisi Menopause: Perubahan hormon selama menopause dapat mengurangi ketahanan saluran kemih terhadap infeksi.
  • Kondisi Medis: Beberapa kondisi medis, seperti diabetes, batu ginjal, atau gangguan yang menghambat aliran urine, dapat meningkatkan risiko Infeksi Saluran Kemih.
  • Efek Kemoterapi atau Terapi Radiasi: Pengobatan kanker seperti kemoterapi atau radioterapi dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga meningkatkan risiko Infeksi Saluran Kemih.

Minum banyak cairan membantu Anda pulih dari Infeksi Saluran Kemih. Artinya saat tubuh lebih banyak memproduksi urin, ini dapat membantu mengusir bakteri dari sistem saluran kemih Anda lebih cepat.

Baca Juga: Air Rebusan3 Bahan Alami Ini Bisa untuk Normalkan Gula Darah & Kolesterol

Minuman sehat untuk penderita ISK

Pastikan tubuh Anda tetap terhidrasi agar sistem kekebalan bekerja dengan baik dan dapat melawan infeksi dan pulih lebih cepat.

Untuk itu, ada beberapa minuman sehat yang dapat dikonsumsi penederita Infeksi saluran Kemih, informasi ini dirangkum dari laman GoodRx.

1. Konsumsi air mineral

Saat mengalami infeksi saluran kemih, penting untuk menjaga asupan air yang cukup. Air menjadi pilihan terbaik karena membantu menjaga tubuh terhidrasi tanpa tambahan gula atau bahan kimia yang mungkin tidak diperlukan.

Selain itu, Anda mengalami demam, air juga membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat kepanasan.

Manfaat lainnya adalah bagi memiliki riwayat sering terkena Infeksi Saluran Kemih, penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan konsumsi air dapat mengurangi risiko terkena Infeksi Saluran Kemih di masa depan.

Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang memiliki infeksi kandung kemih tanpa komplikasi dan meningkatkan asupan air mereka sebanyak 1,5 liter per hari, cenderung lebih jarang mengalami Infeksi Saluran Kemih dibandingkan dengan mereka yang minum air lebih sedikit setiap hari.

2. Cairan elektrolit

Nah, rekomendasi lain adalah minuman elektrolit yang mengandung elektrolit, air, dan gula. Meskipun minuman ini tidak selalu menjadi pilihan terbaik untuk hidrasi sehari-hari, namun dapat membantu saat menderita Infeksi Saluran Kemih.

Saat tubuh sakit, Anda kehilangan cairan dan elektrolit lebih cepat dari biasanya. Jika Anda merasa mual atau muntah, risiko yang terjadi yakni kehilangan cairan dan elektrolit lebih banyak.

Tak hanya dengan minum air saja, pertimbangkan untuk minum minuman elektrolit terlebih saat muntah dan diare.

Air kelapa muda

3. Olahan jus cranberry tanpa pemanis

Penelitian menunjukkan bahwa produk-produk berbasis cranberry dapat membantu mencegah Infeksi Saluran Kemih.

Meskipun belum jelas apakah minum jus cranberry dapat membantu lebih cepat, namun beberapa penelitian ungkap seseorang merasa lebih baik saat mereka minum jus cranberry saat mengalami Infeksi Saluran Kemih.

Saat Anda menikmati jus cranberry, pastikan untuk bergantian dengan konsumsi antibiotik. Pastikan untuk menjauhkan diri dari jus buah cranberry yang tinggi gula.

4. Minuman yogurt probiotik

Probiotik adalah bakteri "baik" yang hidup dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Lactobacillus adalah salah satu "bakteri baik" yang hidup di daerah genital. Bakteri ini dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri seperti E. Coli yang bisa menyebabkan Infeksi Saluran Kemih.

Meskipun tidak ada bukti bahwa probiotik dapat mengobati Infeksi Saluran Kemih, namun probiotik dapat membantu membangun kembali mikrobiom alami tubuhmu. Ada bukti bahwa probiotik dapat membantu mencegah diare dibarengi dengan konsumsi antibiotik dalam pengobatan.

Anda dapat mencoba menambahkan minuman yogurt probiotik ke asupan cairan harianmu saat sedang minum antibiotik.

Namun dipastikan tidak hanya mengandalkan minuman probiotik tidak memiliki cukup air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Selain itu, minuman probiotik tidak semuanya sama, jadi pastikan untuk memeriksa labelnya untuk Lactobacillus.

Itulah beberapa penjelasan terkait minuman sehat untuk meredakan infeksi saluran kemih yang mudah dikonsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×