kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ini 7 Penyebab Mata Perih dan Mengganjal Terkait Infeksi


Minggu, 05 Mei 2024 / 11:15 WIB
Ini 7 Penyebab Mata Perih dan Mengganjal Terkait Infeksi
ILUSTRASI. Penyebab Mata Perih dan Mengganjal Terkait Infeksi

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenali penyebab mata perih dan mengganjal yang perlu segera diatasi. Masalah kesehatan mata bisa menjadi pengalaman yang sangat mengganggu dan mengganggu kenyamanan sehari-hari.

Dari iritasi ringan hingga rasa nyeri yang signifikan, gangguan pada mata dapat mengganggu aktivitas sehari-hari seperti bekerja, berkendara, bahkan tidur.

Penyebabnya pun bervariasi, mulai dari kondisi umum seperti penyakit mata kering hingga infeksi atau peradangan yang lebih serius.

Dengan memahami gejala dan penyebab yang mendasari dapat membantu dalam menavigasi perawatan dan penanganan yang sesuai.

Baca Juga: Manfaat Serai Untuk Mengontrol Darah Tinggi, Cek 7 Khasiat Ini

Penyebab mata perih

Iritasi mata ilustrasi kesehatan

Penting untuk memahami berbagai masalah kesehatan mata yang mungkin terjadi dan bagaimana dapat mempengaruhi kualitas hidup sehari-hari.

Simak beberapa pemicu mata perih dan mengganjal yang perlu segera diatasi, dilansir dari laman NC Speciality Hospital.

Baca Juga: 2 Penyebab Vertigo Berulang yang Wajib Diwaspadai, Gejala, dan Cara Mengobatinya

1. Penyakit mata kering

Dalam kondisi ini, mata tidak memproduksi air mata yang cukup, atau air mata menguap terlalu cepat. Hal ini dapat menyebabkan iritasi, kemerahan, bahkan nyeri saat berkedip.

Jika mata Anda kering, mereka mungkin tidak memproduksi air mata yang cukup untuk melumasi saat Anda tidur. Hal ini sering disebabkan oleh produksi air mata yang berkurang karena penuaan, beberapa obat-obatan, dan faktor lingkungan seperti angin atau polusi udara.

2. Infeksi atau peradangan mata

 Kondisi-kondisi ini bisa disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, atau organisme lain yang masuk ke mata melalui kontak dengan permukaan yang terkontaminasi atau partikel udara. Gejalanya mungkin termasuk kemerahan, gatal, pembengkakan, dan keluarnya cairan dari mata.

3. Iritasi dan pembengkakan akibat alergi

Alergen seperti debu, serbuk sari, bulu hewan peliharaan, dan zat lain dapat masuk ke mata dan memicu reaksi alergi berupa iritasi atau pembengkakan yang dapat menyebabkan nyeri saat berkedip atau saat Anda bangun tidur.

Gejala reaksi alergi dapat mencakup kemerahan, gatal, berair, dan pembengkakan kelopak mata.

4. Kalazion

Benjolan kecil seperti kista ini terbentuk di kelopak mata dan disebabkan oleh sumbatan kelenjar minyak di kelopak mata. Mereka dapat menyebabkan nyeri saat Anda berkedip karena tekanan benjolan tersebut menekan kelopak mata.

5. Bintitan

Bintitan adalah infeksi kelenjar minyak di kelopak mata yang dapat menyebabkan nyeri saat Anda berkedip. Gejala bintitan meliputi kemerahan, pembengkakan, dan rasa nyeri di sekitar area yang terkena.

6. Sensitivitas mata

Faktor lingkungan seperti debu atau asap, alergi, infeksi, atau kondisi medis yang mendasari dapat menyebabkan sensitivitas, air mata berlebihan, dan keluarnya lendir dari mata.

Saat mata berkedip, ini menyebabkan gesekan terhadap jaringan yang teriritasi dan menyebabkan nyeri.

7. Blefaritis

Peradangan pada kelopak mata ini disebabkan oleh bakteri, alergi, atau kondisi kulit lainnya.

Ketika ini terjadi, kelopak mata menjadi merah dan bengkak dan dapat terasa kering dan gatal. Hal ini dapat menyebabkan nyeri saat berkedip karena iritasi pada area yang terkena.

Dari penjelasan di atas, Anda dapat memahami beberapa penyebab yang berkaitan dengan gangguan atau penyakit penglihatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×