kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

10 Khasiat Daun Sirih yang Menakjubkan dan Jarang Diketahui, Cek Yuk!


Rabu, 08 November 2023 / 20:45 WIB
10 Khasiat Daun Sirih yang Menakjubkan dan Jarang Diketahui, Cek Yuk!
ILUSTRASI. 10 Khasiat Daun Sirih yang Menakjubkan dan Jarang Diketahui, Cek Yuk

Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Daun sirih sudah lama dikenal sebagai obat tradisional. Daun herbal ini biasanya diolah sebagai jamu untuk meredakan masalah menstruasi perempuan. 

Selain bermanfaat untuk meredakan nyeri haid, daun sirih juga sudah lama dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan gigi.

Beberapa daerah di Indonesia masih mempertahankan tradisi menginang atau menyirih, yakni mengunyah daun sirih untuk menjaga kesehatan gigi.

Selain untuk meredakan nyeri haid dan kesehatan gigi, merangkum dari situs Universitas Medan Area (UMA), berikut ini 10 manfaat daun sirih untuk kesehatan.

Baca Juga: 11 Manfaat Seledri yang Menakjubkan Buat Kesehatan Tubuh dan Kandungan Nutrisinya

Meredakan nyeri haid

Manfaat daun sirih yang pertama adalah mengurangi rasa nyeri pada haid bagi perempuan. Anda cukup mencampurkan daun sirih dengan kunyit untuk mengurangi rasa sakit saat haid tersebut melanda.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Daun sirih dapat membantu menjaga kesehatan pada gigi dan mulut. Mulut merupakan salah satu bagian pada tubuh yang rentan akan mengalami pertumbuhan atas bakteri dari apa yang Anda makan. 

Rebusan air pada daun sirih telah terbukti dapat menghambat adanya pertumbuhan bakteri pada mulut. Tidak hanya itu, daun sirih juga dapat mengatasi gigi yang berlubang dengan melawan asam yang dihasilkan oleh bakteri tersebut.

Mengobati Diabetes

Ada banyak tanaman herbal yang bisa membantu mengatasi diabetes, salah satunya adalah daun sirih khususnya sirih merah. 

Daun sirih merah memiliki kandungan yang baik untuk menurunkan gula darah, seperti alkaloid, flavonoid, dan tanin. 

Salah satu penelitian bahkan menyebutkan bahwa daun sirih merah dapat menurunkan kadar gula sekitar 10-38 persen di dalam tubuh.

Tidak hanya itu, antioksidan pada daun sirih juga bisa membantu dalam menurunkan kadar gula di dalam darah. Antioksidan tersebut dapat mengurangi stres yang bisa memicu adanya ketidakseimbangan pada hormon insulin. 

Apabila hormon pada insulin tersebut dapat seimbang, maka kandungan yang ada dalam kadar gula juga bisa stabil dan penyakit diabetes bisa segera diatasi serta dicegah dengan baik.

Baca Juga: 8 Manfaat Menakjubkan Rutin Makan Pisang Buat Kesehatan dan Kandungan Nutrisinya

Menyembuhkan luka bakar

Salah satu manfaat daun sirih selanjutnya adalah dapat menyembuhkan luka bakar. 

Daun sirih merah mengandung saponin bersifat antiseptik sehingga mampu memberikan perlindungan dari adanya infeksi pada kuman dikarenakan tingginya kandungan polifenol.

Selain itu, daun sirih merah ini juga memiliki suatu tanin yang berfungsi membentuk kolagen sehingga proses penyembuhan pada luka bakar agar bisa lebih cepat teratasi dan tertutup.

Mengobati diare

Daun sirih juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit diare. Daun sirih ini dapat membunuh mikroba yang terdapat pada bakteri E. Coli yang menjadi penyebab dari diare tersebut. 

Hal ini dikarenakan, pada daun sirih ini juga terdapat kandungan sterol yang mampu melawan mikroba jahat di dalam tubuh tersebut.

Mengatasi radang tenggorokan

Daun sirih mengandung antioksidan dan minyak atsiri yang mampu mengatasi kesehatan pada mulut. Hal ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati radang pada tenggorokan.

Kandungan antibakteri yang terdapat di daun sirih ternyata mampu dalam menghambat proses pertumbuhan dan perkembangan bakteri di dalam mulut. 

Oleh karena itu, radang pada tenggorokan juga mampu diobati dengan daun sirih dengan beberapa kandungan di dalamnya, seperti alkaloid, vitamin B, dan vitamin C dalam perannya mengurangi anti radang tersebut.

Mencegah kanker

Daun sirih memiliki banyak kandungan baik salah satunya adalah kandungan antioksidan. Antioksidan eugenol yang terkandung pada rebusan daun sirih merah dan hijau ternyata juga dapat mencegah adanya radikal bebas yang menjadi pemicu pada penderita kanker.

Baca Juga: Segudang Manfaat Daun Singkong yang Jarang Diketahui dan Cara Mengolahnya yang Benar

Mengobati mimisan

Daun sirih dapat membantu dalam mengobati mimisan pada hidung. Antioksidan tanin yang terdapat pada daun sirih dapat mempercepat respons dalam tubuh untuk menyembuhkan luka.

Caranya cukup mudah, Anda cukup menyobek daun sirih lalu memasukkannya ke dalam lubang hidung yang mimisan.

Daun sirih mampu membekukan darah dengan lebih cepat dan mampu menutup sobekan di dalam pembuluh darah pada hidung dapat dengan mudah diatasi.

Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Daun sirih merah dan daun sirih hijau dapat membantu saluran pencernaan pada tubuh. Daun sirih dapat menormalkan kembali tingkat ph pada lambung untuk mengurangi rasa nyeri atau sakit 

Selain itu, daun sirih juga mampu meningkatkan sistem metabolisme pada saluran pencernaan di dalam tubuh. 

Mengatasi mata gatal dan merah

Salah satu manfaat daun sirih yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang adalah mengatasi mata merah. Daun sirih juga bisa mengatasi mata yang merah dan gatal dengan cara merebus sekitar enam lembar daun sirih tersebut.

Namun jika daun sirih tidak dapat mengurangi mata yang merah dan gatal tersebut, maka Anda perlu melakukan pemeriksaan kepada dokter mata.

Selanjutnya: Buang Air Besar Jongkok atau Duduk, Lebih Sehat Mana?

Menarik Dibaca: Ditutup di Zona Merah, IHSG Turun 0,58% di Akhir Perdagangan 8 November 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×