kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

10 Makanan Rendah Gula untuk Penderita Diabetes Agar Gula Darah Terkontrol


Sabtu, 27 April 2024 / 19:25 WIB
10 Makanan Rendah Gula untuk Penderita Diabetes Agar Gula Darah Terkontrol
ILUSTRASI. Makanan untuk penderita diabetes salah satunya adalah telur.

Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Ada sejumlah pantangan makanan untuk penderita diabetes. Selain itu, ada pula saran makanan rendah gula untuk penderita diabetes yang sebaiknya dikonsumsi untuk mengontrol gula darah. 

Memilih makanan untuk penderita diabetes memiliki peran penting untuk menjaga kadar gula di dalam darah. Salah memilih makanan untuk penderita diabetes, bisa membuat gula darah naik.

Baca Juga: 5 Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisinya

Memilih makanan untuk penderita diabetes adalah kunci utama agar penderita diabetes bisa hidup sehat. Selain itu, sebaiknya hindari pantangan makanan untuk penderita diabetes. 

Lantas, apa saja makanan untuk penderita diabetes? 

Baca Juga: 4 Alasan yang Membuat Okra Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

Makanan rendah gula untuk penderita diabetes 

Sayuran hijau adalah salah satu makanan untuk penderita diabetes.

Nah, berikut ini 10 makanan rendah gulauntuk penderita diabetes guna mengontrol gula darah seperti dilansir dari Healthline:

1. Lemak ikan

Lemak ikan atau ikan yang berlemak menjadi salah satu makanan rendah gula untuk penderita diabetes. Salmon, sarden, herring, anchovies, dan mackerel adalah sumber asam lemak omega-3 DHA dan EPA yang bagus, yang memiliki manfaat besar bagi kesehatan jantung.

Baca Juga: 7 Tanda Jika Tingkat Asam Urat dalam Tubuh Melonjak Tinggi

Mendapatkan cukup lemak dari ikan secara teratur sangat penting bagi penderita diabetes, yang memiliki peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.

DHA dan EPA melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah, mengurangi gejala peradangan, dan dapat membantu memperbaiki fungsi arteri.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan ikan berlemak secara teratur memiliki risiko lebih rendah untuk sindrom koroner akut, seperti serangan jantung. Serta kemungkinan untuk meninggal karena serangan jantung juga lebih kecil. 

Baca Juga: Tak Pede Selangkangan Hitam? Cari Tahu Penyebab dan Cara Atasinya Berikut

2. Sayuran hijau

Makanan untuk penderita diabetes selanjutnya adalah sayuran hijau. Sayuran hijau juga sangat rendah karbohidrat dan kalori yang dapat dengan mudah dicerna.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa penderita diabetes biasanya memiliki kadar vitamin C yang lebih rendah daripada orang tanpa diabetes. Sehingga, kemungkinan membutuhkan asupan vitamin C yang tinggi. 

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Bunga Turi untuk Kesehatan?

Nah, sayuran hijau seperti bayam dan kangkung merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik, termasuk vitamin C.

Selain itu, vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan kuat dan juga memiliki kualitas anti-inflamasi. Meningkatkan asupan makanan kaya vitamin C dapat membantu penderita diabetes.

Selain itu, sayuran hijau merupakan sumber antioksidan lutein dan zeaxanthin yang baik. Antioksidan ini melindungi mata Anda dari degenerasi makula dan katarak, yang merupakan komplikasi diabetes yang umum.

Baca Juga: 11 Makanan Kolesterol Tinggi yang Konsumsinya Sebaiknya Dibatasi

3. Alpukat

Makanan untuk penderita diabetes berikutnya adalah alpukat.

Makanan untuk penderita diabetes berikutnya adalah alpukat. Setiap satu buah alpukat mengandung 1 gram gula, karbohidrat, serat, dan lemak sehat.

Konsumsi alpukat juga dikaitkan dengan penurunan indeks massa tubuh (BMI). Hal ini membuat alpukat adalag camilan yang bagus bagi penderita diabetes, terutama untuk mereka yang mengalami obesitas. 

Alpukat juga mungkin memiliki khasiat khusus untuk mencegah diabetes. Sebuah studi pada 2019 pada tikus menemukan bahwa avocatin B (AvoB), molekul lemak yang hanya ditemukan pada alpukat, menghambat oksidasi pada otot rangka dan pankreas, yang bisa mengurangi resistensi insulin.

Baca Juga: Mengandung Banyak Protein, Cek Ragam Manfaat Kacang Merah

4. Telur

Makanan untuk penderita diabetes salah satunya adalah telur. Konsumsi telur secara teratur juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. 

Telur juga bisa mengurangi peradangan, meningkatkan sensitivitas insulin, meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik) dan mengubah bentuk kolesterol LDL (jahat).

Sebuah studi pada 2019 menemukan bahwa sarapan telur dapat membantu penderita diabetes mengontrol kadar gula darah sepanjang hari.

Baca Juga: 9 Makanan Tinggi Kalori yang Sebaiknya Dihindari Saat Diet

5. Biji chia

Kemudian, biji chia juga merupakan salah satu makanan untuk penderita diabetes. Biji chia tinggi serat, namun rendah karbohidrat yang dapat dengan mudah dicerna oleh tubuh.

Serat dalam biji chia sebenarnya dapat menurunkan kadar gula darah. 

Baca Juga: Meningkatkan Kesehatan Jantung, Ini Manfaat Jus Nanas yang Kaya Vitamin

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga merupakan makanan untuk penderita diabetes.

Kacang-kacangan juga merupakan makanan untuk penderita diabetes. Kacang sangat kaya akan vitamin B, mineral bermanfaat (kalsium, kalium, dan magnesium), dan serat.

Kacang-kacangan juga memiliki indeks glikemik yang sangat rendah, yang penting untuk menangani diabetes. Kacang juga dapat membantu mencegah diabetes.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 3.000 peserta yang berisiko tinggi terkena penyakit kardiovaskular, mereka yang mengonsumsi lebih banyak kacang-kacangan memiliki 35% penurunan kemungkinan terkena diabetes tipe 2.

Baca Juga: Meningkatkan Kesehatan Jantung, Ini Manfaat Jus Nanas yang Kaya Vitamin

7. Brokoli

Brokoli juga merupakan makanan untuk penderita diabetes. Brokoli kaya akan vitamin C dan rendah karbohidrat. 

Sebuah penelitian pada penderita diabetes telah menemukan bahwa makan brokoli dapat membantu menurunkan kadar insulin dan melindungi dari kerusakan sel.

Baca Juga: Padat Nutrisi, 5 Manfaat Bengkuang yang Telah Dibuktikan Dalam Penelitian

Brokoli juga dapat membantu mengatur kadar gula darah. Satu studi menemukan bahwa mengonsumsi brokoli menyebabkan penurunan 10% glukosa darah pada penderita diabetes.

Penurunan kadar glukosa darah ini kemungkinan disebabkan oleh sulforaphane, sebuah senyawa yang banyak ditemukan pada brokoli.

Selain itu, brokoli merupakan sumber lutein dan zeaxanthin yang baik. Antioksidan penting ini dapat membantu mencegah penyakit mata.

Baca Juga: Berbagai Manfaat Oyong untuk Tubuh, Bisa untuk Menurunkan Berat Badan

8. Minyak zaitun

Minyak zaitun juga merupakan makanan untuk penderita diabetes.

Minyak zaitun juga merupakan makanan untuk penderita diabetes. Minyak zaitun sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. 

Minyak ini mengandung asam oleat, sejenis lemak tak jenuh tunggal yang telah terbukti meningkatkan mengatur kadar glikemik trigliserida.

Baca Juga: Populer di India, Ini Manfaat beras Basmati yang Kaya Nutrisi

Hal ini penting karena penderita diabetes cenderung kesulitan mengatur kadar gula darah dan memiliki kadar trigliserida yang tinggi.

Minyak zaitun juga mengandung antioksidan yang disebut polifenol. Polifenol mengurangi peradangan, melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah, menjaga agar kolesterol LDL (jahat) Anda tidak memicu penyakit.

Baca Juga: Bisa Mengobati Flu, Ini Manfaat Cabai Hijau untuk Kesehatan

9. Cuka apel

Cuka apel juga menjadi salah satu makanan untuk penderita diabetes. Cuka sari apel memiliki banyak manfaat kesehatan. 

Meski terbuat dari apel, gula dalam apel yang difermentasi berubah menjadi asam asetat. Hal ini membuat cuka apel aman dikonsumsi penderita diabetes. 

Baca Juga: Mungil dan Kaya Vitamin, 5 Manfaat Tomat Ceri untuk Kesehatan

Cuka sari apel dipercaya memiliki banyak khasiat menyehatkan lainnya, termasuk efek antimikroba dan antioksidan. Namun, jangan mengonsumsi cuka apel berlebihan. 

Mulailah dengan 1 sendok teh dicampur dalam segelas air setiap hari. Tingkatkan hingga maksimal 2 sendok makan per hari.

Baca Juga: Merontokkan Gula Darah, Ini Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan

10. Stroberi

Stroberi juga merupakan salah satu makanan untuk penderita diabetes. Stroberi kaya akan antioksidan yang dikenal sebagai antosianin, yang memberi warna merah. 

Baca Juga: Jamur Ini Ampuh Melumpuhkan Kolesterol Jahat dan Tekanan Darah Tinggi

Antosianin telah terbukti mengurangi kadar kolesterol dan insulin setelah memakannya. Senyawa ini juga meningkatkan gula darah dan faktor risiko penyakit jantung untuk penderita diabetes tipe 2.

Stroberi juga mengandung polifenol, yang merupakan senyawa tanaman bermanfaat dengan sifat antioksidan.

Demikian sejumlah makanan rendah gula untuk penderita diabetes.

Selanjutnya: Sinar Mas Land melalui Digital Hub bersama Xendit Gelar DNA VC Startup Connect

Menarik Dibaca: Cuaca Bekasi, Depok dan Bogor, Besok (28/4): Cerah Berawan Hingga Hujan Ringan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×