kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,58   -7,93   -0.79%
  • EMAS1.133.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

10 Makanan Terlarang Bagi Penderita Gastrisitis, Cek Daftarnya!


Jumat, 09 Februari 2024 / 05:32 WIB
10 Makanan Terlarang Bagi Penderita Gastrisitis, Cek Daftarnya!
ILUSTRASI. Penderita penyakit gastrisitis atau biasa yang disebut asam lambung harus hati-hati dalam mengkonsumsi makanan.

Sumber: Kompas TV | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Penderita penyakit gastrisitis atau biasa yang disebut asam lambung harus hati-hati dalam mengkonsumsi makanan. Pasalnya, asam lambung merupakan penyakit yang menyerang sistem pencernaan pada tubuh.

Para penderita asam lambung biasanya mengalami keluhan mulai dari perut kembung, mual, hingga sensasi seperti terbakar pada jantung yang cukup menyakitkan.

Naiknya asam lambung ini sebagian besar disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi penderita. Makanan yang dengan mudah memicu naiknya asam lambung ialah makanan asam atau pedas.

Jika kamu mempunyai gejala asam lambung, hindari 10 makanan berikut yang dikutip dari The Daily Meal:

 

1. Daging Merah

Daging merah termasuk makanan yang mempunyai lemak tinggi. Daging sapi, domba dan babi masuk ke dalam jenis daging merah.

Tapi kamu masih bisa kok untuk mengonsumsi daging merah ini asal dengan porsi yang secukupnya agar tidak memicu naiknya asam lambung.

2. Coklat

Rasanya yang manis memang membuat banyak orang suka ketika mengonsumsi coklat. Tapi untuk penderita asam lambung, konsumsinya harus dikurangi.

Coklat yang mengandung banyak lemak dan kafein bisa memicu refluks asam kamu naik jika mengonsumsinya secara berlebih.

Baca Juga: Mengontrol Gula Darah, Ini Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan

3. Minuman Bersoda, Kopi dan Teh

Ketiga minuman diatas merupakan minuman yang mengandung kafein. Kafein merupakan zat yang bisa memicu kenaikan asam lambung.

Bahkan gelembung dari soda bisa menyebabkan rasa sakit yang lebih parah. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mengonsumsi minuman tersebut dengan secukupnya atau mengganti kopi menjadi kopi decaf yang rendah kafein.

Baca Juga: Catat! Ini 6 Cara Mengatasi Mual Akibat Asam Lambung Naik

4. Makanan yang Digoreng

Berbagai makanan yang digoreng seperti kentang, tots atau onion ring merupakan makanan favorit di restoran cepat saji. Namun, makanan yang digoreng bisa memicu asam lambung naik lho.

Menurut University of Pittsburgh Medical Center, orang yang rentan mulas atau refluks asam harus menghindari makanan yang digoreng dan membatasi konsumsi lemak dan minyak mereka tak lebih dari tiga porsi per hari.

5. Keju dan Mentega

Beberapa produk olahan susu seperti keju, mentega, sour cream dan masih banyak lagi mempunyai kandungan lemak yang cukup tinggi.

Mengonsumsi olahan tersebut dengan berlebihan akan membuat risiko asam lambung naik lebih tinggi. Bahkan bagi mereka yang sangat rentan terhadap refluks asam tidak seharusnya memilih es krim sebagai dessert

Baca Juga: 3 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Pencernaan

 

6. Tomat

Siapa yang mengira, ternyata tomat memiliki kandungan asam yang cukup tinggi sama seperti lemon. Bagi yang rentan terhadap asam , mengonsumsi tomat dapat memicu naiknya asam lambung.

Selain buah tomat segar, berbagai olahan tomat seperti marinara, saus, dan salsa harus dikurangi bahkan dihindari.

7. Bawang Putih dan Bawang Bombai

Bawang merupakan bumbu wajib dapur di seluruh dunia. Meski dipercaya baik untuk kesehatan jantung, bawang yang punya rasa kuat bisa menyebabkan mulas.

Jika dikonsumsi berlebih, bawang putih juga akan berdampak pada naiknya asam lambung. Disarankan untuk mengganti bahan yang kandungan asam lebih rendah daripada bawang untuk jadi bumbu.

8. Merica

Merica yang mempunyai kandungan pedas ternyata tidak baik untuk lambung. Pengurangan konsumsi merica juga sangat dianjurkan meski merica juga bumbu dapur yang sering digunakan untuk memasak.

Dengan mengurangi konsumsi merica dan makanan pedas lainnya, niscaya asam lambung bisa dihindari.

9. Alkohol

Alkohol menjadi makanan yang dilarang untuk penderita asam lambung selanjutnya. Alkohol tidak hanya mengendorkan katup sfingter pada tenggorokan, tetapi juga merangsang produksi asam di perut.

10. Buah-buahan Asam

Meski buah mengandung banyak air dan vitamin bagi tubuh, pengidap penyakit asam lambung harus lebih hati-hati ketika memilih buah yang akan dikonsumsi.

Buah seperti lemon, jeruk nipis dan buah-buahan segar lain cenderung mengandung asam yang bisa menyebabkan refluks naik. Maka dari itu, pemilihan buah yang tepat akan mengurangi risiko naiknya asam lambung.

Baca Juga: Selain Nanas, Ini Buah yang Bisa Membuat Asam Lambung Naik

Artikel ini sudah tayang di Kompas.tv, berjudul: 10 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung
Penulis : Rizky L Pratama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×