kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.010,87   12,58   1.26%
  • EMAS1.128.000 0,27%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

10 Makanan untuk Menambah Imun Tubuh Tanpa Suplemen


Kamis, 08 Februari 2024 / 10:28 WIB
10 Makanan untuk Menambah Imun Tubuh Tanpa Suplemen
ILUSTRASI. 10 Makanan untuk Menambah Imun Tubuh Tanpa Suplemen

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cek daftar makanan untuk menambah imun tubuh tanpa suplemen tambahan. Konsumsi makanan sehat tanpa perlu suplemen bisa membuat tubuh menjadi jarang sakit.

Imunitas yang kuat adalah kunci untuk menjalani hidup yang sehat dan bugar. Salah satu cara paling alami dan efektif untuk meningkatkan sistem imun tubuh adalah dengan memperhatikan apa yang kita makan.

Makanan yang sehat dan bernutrisi dapat memainkan peran krusial dalam mendukung imunitas tubuh, membantu melawan infeksi, dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Dari 10 makanan berbeda yang dikenal sebagai penambah kekebalan tubuh. Cobalah salah satu atau semuanya untuk mendapatkan manfaat yang ditawarkan oleh nutrisi makanan berikut ini.

Baca Juga: 8 Kebiasaan untuk Menormalkan Kembali Hipertensi, Salah Satunya Kurangi Garam

Manfaat jeruk untuk kulit

Sistem kekebalan tubuh, atau disebut juga sistem kekebalan imun, adalah sistem kompleks yang melibatkan berbagai organ, sel, dan protein. Seluruhnya akan bekerja bersama-sama untuk melindungi tubuh dari serangan mikroorganisme penyebab penyakit, seperti bakteri, virus, jamur, dan parasit.

Cek beberapa daftar makanan penambah imun tubuh ke dalam menu yang dilansir melalui laman Life Span

Baca Juga: 4 Pengobatan Rumahan yang Efektif Mengobati Diare

1. Daging Ayam

Sup ayam mengandung nutrisi penting seperti vitamin B-6 dan seng, yang berperan dalam mengurangi peradangan dan meningkatkan produksi sel darah putih. Konsumsi sup ayam dapat memberikan manfaat pada sistem kekebalan tubuh, sehingga sebaiknya dijadikan pilihan menu sehari-hari.

2. Sayuran berwarna cerah

Sayuran berwarna cerah, seperti paprika merah, memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, melebihi kadar vitamin C dalam buah jeruk. Selain itu, kandungan beta karoten dalam sayuran seperti wortel baik untuk sistem kekebalan tubuh, serta kesehatan mata dan kulit.

3. Minyak ikan

Minyak ikan dari jenis ikan kaya asam lemak Omega-3 seperti salmon, tuna, atau mackerel telah terbukti dapat meningkatkan aktivitas sel darah putih, yang berperan dalam melawan infeksi. Lemak sehat ini tidak hanya mendukung sistem kekebalan tubuh, tetapi juga memberikan manfaat baik untuk kesehatan jantung dan otak.

4. Kacang dan biji-bijian

Kacang-kacangan seperti almond dan kenari, serta biji-bijian seperti bunga matahari, mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti B-6, magnesium, fosfor, dan selenium. Komponen-komponen ini berperan dalam mengatur dan menjaga kestabilan sistem kekebalan tubuh. Menambahkan kacang-kacangan ke dalam salad atau mengonsumsinya sebagai camilan sehat dapat meningkatkan energi tubuh.

5. Rempah-rempah

Bawang putih, jahe, dan kunyit, selain memberikan rasa pada masakan, juga memiliki khasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh melawan infeksi. Oleh karena itu, penggunaan rempah-rempah ini dalam masakan sehari-hari dapat menjadi cara efektif untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

6. Buah sitrus

Buah jeruk seperti jeruk, grapefruit, jeruk keprok, lemon, dan jeruk nipis mengandung tingkat vitamin C yang tinggi. Vitamin C ini diyakini dapat meningkatkan jumlah sel darah putih dalam tubuh, yang berfungsi dalam melawan infeksi. Menambahkan buah-buahan sitrus ke dalam pola makan sehari-hari dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan.

Stroberi

7. Buah beri

Berbagai jenis buah beri, seperti blueberry, blackberry, goji, dan açai, kaya akan vitamin dan nutrisi. Konsumsi buah-buahan ini, baik langsung atau sebagai tambahan dalam yogurt atau smoothie, dapat memberikan dorongan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

8. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun gelap seperti bayam, kangkung, dan sawi mengandung vitamin C yang tinggi bersama dengan antioksidan dan beta karoten. Konsumsi sayuran ini dapat membantu melawan infeksi dan mendukung kesehatan jantung, otak, dan usus.

9. Yogurt

Yogurt yang mengandung "kultur hidup dan aktif" serta vitamin D dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu dalam perbaikan sistem kekebalan untuk melawan penyakit. Disarankan memilih yogurt tanpa tambahan gula dan pemanis alami, seperti madu atau buah-buahan, untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

10. Minyak zaitun

Minyak zaitun, yang merupakan bahan utama dalam diet Mediterania, mengandung lemak sehat yang baik untuk kesehatan jantung dan otak. Selain itu, minyak zaitun dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengurangi peradangan dalam tubuh.

Demikian informasi terkait makanan yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tanpa perlu konsumsi suplemen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×