kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45907,28   5,88   0.65%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

10 Makanan untuk Mencegah Rasa Kantuk dan Baik Untuk Gula Darah


Senin, 29 April 2024 / 15:25 WIB
10 Makanan untuk Mencegah Rasa Kantuk dan Baik Untuk Gula Darah
ILUSTRASI. Mencegah Rasa Kantuk dan Baik Untuk Gula Darah

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Catat daftar makanan untuk mengatasi mudah ngantuk yang praktis dikonsumsi. Seseorang bisa saja mudah mengantuk karena adanya perubahan metabolisme tubuh.

Rasa kantuk merupakan sinyal tubuh untuk beristirahat dan melakukan aktivitas tidur baik siang maupun malam.

Ada beberapa faktor tubuh mudah mengantuk yang timbul karena beberapa peningkatan zat termasuk insulin.

Selain insulin, ada beberapa zat dan faktor yang dapat menyebabkan rasa ngantuk atau mengantuk.

Baca Juga: 9 Cara Berhenti Makan Junk Food Tanpa Menyiksa Diri Sendiri

Zat penyebab kantuk

Beras merah

Nah, Anda bisa Beberapa di antaranya termasuk:

  • Melatonin: Hormon ini diproduksi oleh kelenjar pineal dalam otak dan mengatur siklus tidur dan bangun. Suplemen melatonin dapat menyebabkan rasa mengantuk.
  • Serotonin: Serotonin adalah neurotransmitter yang juga mempengaruhi mood dan kualitas tidur. Tingkat serotonin yang tinggi dapat membuat seseorang merasa mengantuk.
  • Histamin: Histamin adalah neurotransmitter yang terkait dengan reaksi alergi. Beberapa antihistamin yang digunakan untuk mengatasi alergi dapat menyebabkan efek mengantuk.
  • Alkohol: Konsumsi alkohol dapat membuat Anda merasa mengantuk karena dapat mempengaruhi sistem saraf pusat.

Nah, Anda bisa mengatasi rasa kantuk dengan konsumsi makanan yang diklaim bisa memperbaiki metabolisme.

Makanan untuk melawan kantuk

Berikut ini sederet makanan yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi rasa kantuk di siang hari, informasi ini dirangkum lewat laman Health Sleep.

1. Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya manfaat bagi kesehatan tubuh karena mengandung nutrisi penting seperti vitamin B, potasium, dan serat. Selain itu, alpukat juga dianggap sebagai makanan super karena kandungan lemak sehatnya yang memberikan energi.

Berbeda dengan lemak jenuh, lemak sehat dalam alpukat membantu melawan rasa lelah dan memperlambat penyerapan gula ke dalam darah, sehingga menjaga stabilitas energi.

2. Gandum

Konsumsi oatmeal sebagai sarapan adalah cara yang baik untuk meningkatkan kewaspadaan. Biji-bijian utuh seperti oatmeal memberikan pasokan energi yang stabil karena dicerna dengan lambat. Oatmeal juga mengandung nutrisi penting seperti niasin, thiamin, dan folat, yang membantu tubuh memetabolisme energi.

3. Kacang Almond

Kacang almond merupakan camilan yang nyaman dan kaya magnesium. Magnesium membantu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh, sehingga mengurangi kelelahan. Selain itu, kacang almond mengandung protein tinggi yang membantu menjaga tingkat energi.

4. Sayuran Berdaun Gelap

Sayuran berdaun gelap seperti bayam dan kangkung mengandung zat besi yang penting untuk menjaga kewaspadaan. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kelelahan dan kantuk, sehingga mengonsumsi sayuran berdaun gelap membantu mengisi ulang energi tubuh.

Sayuran hijau

5. Ikan Berlemak

Ikan berlemak, seperti salmon dan sarden, mengandung protein tinggi dan vitamin B yang membantu melawan kelelahan. Ikan berlemak juga mengandung omega-3 yang membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh, sehingga membuat Anda merasa lebih berenergi.

6. Buah Beri

Buah beri, seperti blueberry dan raspberry, adalah camilan sempurna untuk menjaga energi sepanjang hari. Buah beri mengandung antioksidan kuat, karbohidrat penambah energi, serta folat, potasium, magnesium, dan serat yang membantu tubuh dan pikiran pulih dari stres.

7. Cokelat Hitam

Cokelat hitam, meskipun mungkin terdengar tidak biasa, sebenarnya merupakan sumber antioksidan yang baik dan dapat meningkatkan sirkulasi darah.

Peningkatan aliran darah ini membantu mengurangi kelelahan mental dan meningkatkan suasana hati secara keseluruhan. Cokelat hitam juga mengandung sedikit kafein yang membantu meningkatkan energi secara stabil.

8. Daging Putih Tanpa Lemak

Mengonsumsi daging putih tanpa lemak, seperti ayam atau kalkun, membantu tubuh memproduksi orexin yang bertanggung jawab untuk menjaga kewaspadaan. Protein dalam daging putih juga memberikan pelepasan energi secara perlahan dan mengisi ulang tubuh.

9. Beras Merah

Beras merah menjadi makanan yang sangat bergizi karena mengandung lebih banyak serat, vitamin, dan mineral dibandingkan dengan nasi putih. Karbohidrat kompleks dalam beras merah diserap lebih lambat oleh tubuh, sehingga memberikan energi yang stabil dan tahan lama.

10. Pisang

Pisang adalah pilihan camilan yang baik untuk menjaga energi, terutama sebelum berolahraga. Pisang mengandung tiga jenis gula berbeda yang diserap ke dalam darah dengan kecepatan yang berbeda, sehingga memberikan peningkatan energi secara cepat tanpa menyebabkan lonjakan gula darah.

Demikian beberapa rekomendasi makanan yang bermanfaat dalam mengatasi rasa kantuk yang dapat timbul di siang hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×