kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.008,11   -2,76   -0.27%
  • EMAS1.131.000 0,27%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

2 Cara Menyingkirkan Kebiasaan Buruk Menurut Warren Buffett Agar Sukses


Selasa, 13 Februari 2024 / 03:45 WIB
2 Cara Menyingkirkan Kebiasaan Buruk Menurut Warren Buffett Agar Sukses
ILUSTRASI. Ada satu nasihat klasik Warren Buffett yang mungkin merupakan titik awal yang baik untuk mengatasi rintangan hidup. REUTERS/Scott Morgan

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Jika Anda seorang pelajar, penggemar, atau pengikut Warren Buffett, Anda mungkin mengetahui banyak kiat suksesnya untuk berinvestasi dengan lebih baik atau menjalani kehidupan yang lebih baik.

Ada satu nasihat klasik Warren Buffett yang mungkin merupakan titik awal yang baik untuk mengatasi rintangan yang mungkin menghalangi Anda mencapai tujuan.

Nasihat itu adalah menyingkirkan kebiasaan buruk. Menurut Buffett, kebiasaan buruk bisa menghancurkan hidup seseorang.

"Saya melihat orang-orang dengan pola perilaku merusak diri sendiri ini. Mereka benar-benar terperangkap olehnya," kata Buffett seperti yang dikutip dari Inc. 

Dia lantas menyarankan generasi muda untuk belajar dan mempraktikkan kebiasaan baik sejak dini sebelum terlambat. 

Kuncinya, kata Buffett, adalah menangkapnya lebih awal dan mengubah kebiasaan itu sebelum mengubah Anda menjadi lebih buruk. 

Baca Juga: Manajer Pengelola Kekayaan George Soros Ingatkan Resesi Sudah di Depan Mata

"Anda dapat menyingkirkannya jauh lebih mudah di usia Anda daripada di usia saya, karena sebagian besar perilaku adalah kebiasaan," paparnya. 

Dia menambahkan, "Rantai kebiasaan terlalu ringan untuk dirasakan sampai terlalu berat untuk dipatahkan."

Apakah Anda lulus dari perguruan tinggi atau sekolah yang sulit, kebiasaan dapat diubah kapan saja, berapa pun usia atau tahap kehidupan dalam perjalanan karier Anda.

Jika Anda ingin mengubah kebiasaan yang tidak lagi berguna bagi Anda, ada satu hal yang akan membuat transisi Anda jauh lebih mudah.

1. Mulailah dengan satu kebiasaan buruk

Proses ini tidak sesulit yang Anda bayangkan, jadi hal pertama yang harus dilakukan adalah berhenti berpikir bahwa seluruh dunia perlu diubah. Sebaliknya, fokus pada memperbaiki satu hal di satu waktu adalah kunci untuk perubahan yang langgeng.

Charles Duhigg, penulis The Power of Habit: Why We Do What We Do in Life and Business, mengatakan bahwa Anda harus memikirkan perubahan sebagai proyek di mana Anda menghabiskan satu bulan untuk mengubah sesuatu secara permanen. Beri waktu sebulan, dan lanjutkan ke "proyek" berikutnya. Anda akan menuai manfaat dari pendekatan ini selama bertahun-tahun yang akan datang.

Baca Juga: Pesan Warren Buffett: Jangan Investasi dengan Uang Pinjaman

2. Mengubah lingkungan Anda

Ini mungkin cara termudah untuk mengubah kebiasaan yang tidak diinginkan yang tidak lagi berfungsi atau membuat Anda terjebak dalam kebiasaan, tetapi itu akan membutuhkan keberanian. 

Sejujurnya, lingkungan dapat memanipulasi pengambilan keputusan seseorang lebih dari yang dipikirkan. 

Evaluasi kembali orang-orang yang bergaul dengan Anda secara profesional, dan pilih dengan cermat jenis orang yang akan berkontribusi pada pertumbuhan dan kesejahteraan Anda.

Lingkungan Anda dapat memicu pikiran dan keinginan tertentu, menyebabkan Anda berperilaku dengan cara yang tidak Anda inginkan. Jadi, ubah lingkungan Anda dan Anda akan melatih kembali otak Anda untuk membuat pilihan lain.

Baca Juga: Warren Buffett Berinvestasi Seperti Seorang Gadis, Ini Maksudnya

Definisi Sukses Buffett

Sementara itu, melansir Money Control, definisi sukses Warren Buffett melampaui kekayaan, ketenaran, dan keuangan. Dalam biografinya tentang Buffett, 'The Snowball: Warren Buffett and the Business of Life,' penulis Alice Schroeder menulis saat miliarder itu memberikan presentasi di University of Georgia pada tahun 2001 dan ditanya tentang kesuksesan.

Baca Juga: Bill Gates Buka Rahasia Tentang Alasannya Menjauhi Kripto

Ketika siswa memintanya untuk mendefinisikan kesuksesan, Buffett, 91 tahun, menawarkan wawasan yang mendalam. 

"Pada dasarnya, ketika Anda mencapai usia saya, Anda akan benar-benar mengukur kesuksesan Anda dalam hidup dengan berapa banyak orang yang Anda inginkan untuk dicintai, dan benar-benar mencintai Anda," katanya.

Dia menambahkan, "Saya tahu banyak orang yang memiliki banyak uang, dan mereka mendapatkan makan malam testimonial dan mereka mendapatkan sayap rumah sakit yang dinamai menurut nama mereka. Tetapi kenyataannya adalah tidak ada seorang pun di dunia ini yang mencintai mereka."

“Itulah ujian terakhir tentang bagaimana Anda menjalani hidup Anda.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Outlook 2024, Meneropong saham unggulan di Tahun Politik The Coughing Dragon | Global Market Series - China

×