kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.010,87   12,58   1.26%
  • EMAS1.128.000 0,27%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

4 Gagasan Kontroversial Robert Kiyosaki, Belajar Bukan di Sekolah


Rabu, 29 November 2023 / 12:16 WIB
4 Gagasan Kontroversial Robert Kiyosaki, Belajar Bukan di Sekolah
ILUSTRASI. Dalam dunia investasi pribadi yang kontroversial, tidak ada sosok yang lebih besar dari Robert Kiyosaki.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Dalam dunia investasi pribadi yang kontroversial, tidak ada sosok yang lebih besar dari Robert Kiyosaki.

Melansir Famous Entrepreneurs, Kiyosaki adalah keturunan Jepang-Amerika yang lahir di Hilo, Hawaii. Dia melanjutkan pendidikan ke US Merchant Marine Academy segera setelah lulus dari Hilo High School. 

Dia lulus dari akademi sebagai perwira dek pada tahun 1969 dan dianugerahi Medali Udara ketika dia bertugas di Perang Vietnam sebagai pilot tempur. 

Pada tahun 1975 Kiyosaki keluar dari Korps Marinir dan bekerja sebagai penjual mesin Xerox. Tiga tahun kemudian dia memulai perusahaannya sendiri yang menjual dompet peselancar Velcro. 

Perusahaan melakukannya dengan baik untuk beberapa waktu tetapi sayangnya bangkrut. Di awal tahun 1980-an Kiyosaki mencoba peruntungan di bisnis yang bersertifikat T-shirt band heavy metal rock. Dia menjual bisnis ini pada tahun 1985. 

Hampir satu dekade kemudian setelah berjuang untuk mencapai kesuksesan, Kiyosaki memutuskan untuk pensiun pada usia 47 tahun. Namun dia bangkit sekali lagi pada tahun 1997 ketika dia mendirikan Cashflow Technologies, Inc. 

Baca Juga: 10 Tips Keuangan Terbaik Sepanjang Masa dari Robert Kiyosaki

Perusahaan ini menggabungkan dan menjalankan dua merek miliknya. yaitu, Rich Dad and Cashflow.

Buku keuangan klasiknya, Rich Dad Poor Dad, telah terjual sekitar 40 juta eksemplar, tetapi Kiyosaki tidak lepas dari kritik. 

Para pengkritiknya mengklaim bahwa dia tidak kaya sebelum bukunya sukses dan bahwa seminar yang digelarnya mengajarkan taktik yang tidak sehat atau ilegal.

Namun, Robert Kiyosaki masih bernilai sekitar US$ 100 juta, baik dari investasi maupun pemasaran yang hebat. Dia jelas memahami sesuatu tentang keuangan, apakah pendapatnya dapat dipercaya atau tidak.

Berikut adalah empat contoh gagasan atau nasihat yang dianut oleh Robert Kiyosaki yang kontroversial seperti yang dilansir dari themakingofamillionaire.com

Baca Juga: Tips Investasi Terbaik Versi Robert Kiyosaki Saat The Fed Terus Cetak Uang Baru

1. Belajar di dunia nyata, bukan di sekolah

“Pendidikan adalah apa yang Anda pelajari setelah Anda meninggalkan sekolah,” jelas Robert Kiyosaki.

Sekolah adalah topik yang banyak dibahas dalam hal kesuksesan finansial. Beberapa orang menunjuk Bill Gates dan Mark Zuckerberg sebagai orang berprestasi yang tidak perlu kuliah.

Orang lain dapat menunjukkan jutaan orang yang bekerja dengan upah minimum karena mereka tidak memiliki gelar sarjana, apalagi gelar sarjana.

Kiyosaki memiliki pandangan yang mirip dengan Steve Jobs, yang putus kuliah karena menurutnya itu "tidak ada artinya". Kedua legenda ini merasa bahwa pembelajaran terjadi di dunia nyata, bukan di ruang kelas.

Bahkan jika Anda menyadari pentingnya pendidikan tradisional, Anda harus mengakui bahwa pembelajaran ekstrakurikuler sangat penting untuk kesuksesan di dunia nyata.

Baca Juga: Warren Buffett Bicara Soal Hujan Emas, Ini Penjelasannya

2. Siapa pun bisa menjadi kaya jika mereka mengelola uang dengan benar

“Orang miskin dan kelas menengah bekerja demi uang. Orang kaya punya uang yang bekerja untuk mereka," kata Robert Kiyosaki.

Premis dari kutipan ini adalah bahwa orang kaya menciptakan bisnis untuk menyelesaikan masalah dan menghasilkan uang sendiri. Semua orang menjual waktu mereka demi uang, jadi mereka dibatasi oleh waktu yang mereka miliki.

Secara teknis, ini benar. Semua orang terkaya (yang tidak mewarisi kekayaannya) selalu menemukan cara untuk menghasilkan uang, tidak hanya dengan menjual tenaga mereka.

Namun, masalah dengan ide Kiyosaki adalah menyalahkan orang-orang yang tidak berhasil secara finansial atas masalah mereka sendiri. Banyak orang tidak pernah memiliki kesempatan untuk mencapai kesuksesan finansial karena mereka telah bekerja untuk bertahan hidup sepanjang hidup mereka.

Hasil positif dari ide ini adalah Anda perlu menemukan cara untuk menghasilkan uang bahkan saat Anda tidak bekerja. Peringatannya adalah Anda tidak bisa selalu menyalahkan orang miskin karena kekurangan uang.

3. Temukan mitra hebat untuk mendorong kemajuan Anda

Robert Kiyosaki setuju dengan gagasan umum tentang memiliki mitra yang hebat:

“Menemukan pasangan yang baik adalah kunci sukses dalam segala hal: dalam bisnis, pernikahan, dan terutama dalam berinvestasi.”

Sukses dalam segala hal membutuhkan bantuan, tetapi terlalu bergantung pada orang lain dapat menyebabkan ketidakberdayaan. Klaim Kiyosaki bahwa "kunci kesuksesan dalam segala hal" adalah tim yang hebat dapat dengan mudah diruntuhkan.

Namun demikian, sangat penting untuk memiliki orang-orang hebat yang bekerja dengan Anda; mereka dapat memberikan pendapat kedua dan informasi yang tidak akan pernah Anda ketahui.

Baca Juga: Robert Kiyosaki Sebut Pemegang Aset Ini akan Semakin Kaya

4. Real estat bisa menjadi hal yang bagus untuk investor baru

Robert Kiyosaki dikenal karena kecintaannya pada real estat. Dia menguraikan nilai-nilainya sebanyak yang dia bisa, mengatakan hal-hal seperti:

“Banyak investor real estat pemula segera berhenti dari profesinya dan berinvestasi dalam portofolio obligasi yang terdiversifikasi dengan baik. Itu karena, ketika Anda berinvestasi di real estat, Anda sering melihat sisi kemanusiaan yang melindungi Anda dari saham, obligasi, reksa dana, dan tabungan.”

Bidang investasi adalah topik kontroversial, dan real estate adalah salah satunya. Beberapa orang seperti Robert melihatnya sebagai peluang untuk melihat uang menciptakan nilai, tetapi yang lain percaya itu sebagai liabilitas.

Seperti saran investasi lainnya, penting untuk diingat bahwa Anda hanya boleh berinvestasi jika Anda memahami bidangnya.

Orang yang tidak tahu apa-apa tentang tren harga real estat lokal mungkin harus menjauh dan fokus pada topik yang lebih mereka kuasai. Atau, mereka harus mulai belajar untuk benar-benar memahami pasar.

Kiyosaki menempatkan beberapa investasi (seperti real estat) dalam kategori investasi yang selalu bagus, tetapi ini bergantung pada kondisi pasar dan masing-masing investor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Outlook 2024, Meneropong saham unggulan di Tahun Politik The Coughing Dragon | Global Market Series - China

×