kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

4 Gejala Utama Sakit Maag & 6 Teh yang Efektif untuk Mengatasinya


Sabtu, 25 November 2023 / 05:20 WIB
4 Gejala Utama Sakit Maag & 6 Teh yang Efektif untuk Mengatasinya
ILUSTRASI. Sakit maag merupakan rasa nyeri dan tidak nyaman pada lambung akibat sejumlah kondisi. Hal itu bisa diatasi dengan mengonsumsi teh.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

TEH TERBAIK UNTUK SAKIT MAAG - Sakit maag merupakan rasa nyeri dan tidak nyaman pada lambung akibat sejumlah kondisi. Maksud dari kondisi di sini adalah gejala dari suatu penyakit.

Mengutip laman dinkes.kepriprov.go.id, sakit maag merupakan penyakit sistem pencernaan yang relatif mudah untuk disembuhkan. Akan tetapi, bisa menjadi parah dan mengganggu penderitanya untuk beraktivitas jika tidak segera ditangani. 

Sakit maag terjadi saat lambung mengalami gangguan secara terus menerus, sehingga asam lambung akan emmecah mukosa dan menyebabkan iritasi dan peradangan. 

Rasa nyeri karena maag akut dipicu oleh asam lambung yang bersentuhan dengan lapisan mukosa, sehingga ujung-ujung saraf menjadi lebih peka oleh rasa nyeri. 

Gejala sakit maag 

Beberapa gejala sakit maag, antara lain:

- Cepat merasa kenyang saat makan dan rasa kenyang berkepanjangan setelah makan
- Kembung pada perut bagian atas dan sering bersendawa
- Nyeri pada ulu hati dan nyeri di tengah dada yang muncul ketika atau setelah makan
- Rasa panas pada perut bagian atas

Baca Juga: Ampuh Rontokkan Asam Urat, 6 Manfaat Daun Meniran untuk Kesehatan dan Cara Merebusnya

Mengatasi sakit maag dengan teh

Dalam hal meredakan sakit maag, teh kamomil sering kali menempati urutan teratas sebagai salah satu pilihan terbaik. 

Kamomil memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi iritasi pada lapisan lambung. Sifatnya yang lembut dan menenangkan dapat meredakan ketidaknyamanan terkait maag. 

Namun, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk mendapatkan panduan pribadi dalam menangani sakit maag dan memasukkan teh kamomil ke dalam makanan Anda sebagai bagian dari rencana perawatan yang komprehensif.

Mengutip Insta Care, inilah 6 teh terbaik untuk sakit maag:

1. Teh hitam

Teh hitam telah lama terkenal karena rasanya yang berani, rasa yang lembut, dan aromanya yang khas. 

Menurut penelitian terbaru, teh hitam mengandung senyawa yang dapat membantu mencegah pertumbuhan dan penyebaran bakteri berbahaya dalam sistem pencernaan, menjadikannya pilihan yang sangat baik bagi siapa saja yang menderita maag atau masalah pencernaan lainnya. 

Dengan rasa yang kaya, kompleks, serta karakternya yang hangat dan menenangkan, teh hitam adalah cara yang nikmat dan memuaskan untuk meredakan sakit perut serta mendukung kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. 

2. Teh akar licorice 

Salah satu teh terbaik untuk sakit maag adalah akar licorice. Teh akar licorice telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk masalah pencernaan. 

Sifat anti-inflamasi dari akar licorice dapat membantu mengurangi peradangan pada lapisan perut Anda, sehingga memberikan tubuh Anda kesempatan untuk sembuh.

3. Teh kamomil 

Minuman berbunga-bunga yang menenangkan ini telah terbukti meningkatkan penyembuhan dan mengurangi peradangan di perut. Dengan sifat antibakteri dan kemampuannya merangsang produksi lendir, teh kamomil adalah alternatif alami pengobatan maag tradisional.

Ditambah lagi, efek menenangkannya bahkan dapat membantu mengurangi stres, yang diketahui merupakan pemicu maag. 

Baca Juga: 7 Manfaat Kayu Manis yang Jarang Diketahui, Baik Buat Penderita Diabetes & Kolesterol

4. Teh pepermin

Teh peppermint telah lama dipuji sebagai salah satu teh terbaik untuk sakit maag. Tidak hanya memberikan efek menenangkan dan menenangkan pada sistem pencernaan, tetapi juga mengandung senyawa alami yang dapat membantu mengurangi peradangan dan menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya. 

Ditambah lagi, teh ini memiliki rasa mint yang menyegarkan yang benar-benar dapat membuat Anda bersemangat di hari yang lesu. 

5. Teh jahe 

Jika Anda sedang mencari cara untuk mengurangi peradangan dan meredakan maag, teh jahe bisa menjadi jawabannya. 

Jahe telah digunakan sebagai obat selama berabad-abad, dan efek anti-inflamasinya telah didokumentasikan dengan baik dalam banyak penelitian. 

Menyeruput secangkir teh jahe hangat dapat membantu meringankan ketidaknyamanan pencernaan, mengurangi kembung, dan bahkan meredakan nyeri otot. 

Baca Juga: Ketahui Penyebab beserta 6 Cara Mengatasi Sering Sendawa

6. Teh hijau 

Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau mungkin memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang dapat mendukung proses penyembuhan sakit maag. Selain itu, teh hijau mengandung senyawa yang disebut katekin, yang dapat membantu melindungi lapisan lambung dari kerusakan lebih lanjut.

Jadi, jika Anda terserang maag, coba atasi dulu dengan enam pilihan teh di atas. Semoga membantu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

×