kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

5 Camilan Sehat Rendah Purin untuk Penderita Asam Urat yang Mudah Ditemui


Sabtu, 16 Maret 2024 / 07:35 WIB
5 Camilan Sehat Rendah Purin untuk Penderita Asam Urat yang Mudah Ditemui
ILUSTRASI. Kacang almond

Penulis: Bimo Kresnomurti

Camilan Sehat Rendah Purin  - JAKARTA.Ada beberapa pilihan camilan sehat yang cocok untuk penderita asam urat yang memiliki kandungan purin rendah.

Memilih camilan yang tepat dapat menjadi solusi agar penderita tetap dapat menikmati camilan tanpa meningkatkan risiko kadar asam urat dalam tubuh.

Asam urat adalah zat yang dihasilkan dari pemecahan purin dalam tubuh, dan tingginya kadar asam urat dalam darah dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti nyeri sendi dan batu ginjal pada penderita asam urat.

Makanan ringan yang rendah purin merupakan pilihan yang baik bagi penderita asam urat, karena dapat membantu mengurangi risiko serangan asam urat.

Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa camilan sehat yang direkomendasikan untuk penderita asam urat yang memiliki kandungan purin rendah.

Baca Juga: Mudah dan Praktis! Ramuan Herbal untuk Mengobati Serangan Asam Urat

Camilan Rendah Purin

Yoghurt

Simak beberapa camilan sehat untuk penderita asam urat yang rendah purin dilansir dari Our Everyday Life.

Baca Juga: Puasa Bisa Menurunkan Kadar Asam Urat, Benarkah?

1. Yogurt rendah lemak

Pilihan camilan sehat untuk mengurangi risiko asam urat adalah yogurt rendah lemak, menurut Mayo Clinic. Anda bisa mencoba mengonsumsi satu atau dua cup yogurt berukuran 100 gram setiap hari untuk mengurangi risiko asam urat.

Yogurt tawar merupakan pilihan yang baik karena yogurt yang berasa biasanya mengandung tambahan gula. Meskipun gula tambahan tidak langsung memperburuk asam urat, tetapi dapat menambah kalori ekstra.

Pastikan untuk memilih yogurt dan produk susu lainnya yang rendah lemak atau bahkan tanpa lemak, karena makanan tinggi lemak dapat memperburuk asam urat.

2. Biji-bijian

Anda juga bisa memilih biji-bijian sebagai camilan untuk menghindari kadar purin tinggi yang terkait dengan daging. Kacang polong atau kenari merupakan pilihan biji-bijian yang baik, karena memberikan protein yang cukup tanpa kadar purin tinggi.

Biji-bijian dari jagung juga mengandung lemak sehat, seperti jenis tak jenuh tunggal dan poli. Anda dapat menyebar selai kacang di atas kerupuk gandum atau roti panggang sebagai camilan yang sederhana dan sehat.

3. Roti Sourdough dan Karbohidrat Lainnya

Konsumsi karbohidrat dapat membantu tubuh mengeluarkan asam urat ekstra, menurut penelitian dari University of Pittsburgh Medical Center atau UPMC. Camilan yang disarankan meliputi crackers dari gandum utuh atau sepotong roti panggang gandum, serta sereal tanpa gula.

Anda sebaiknya menargetkan setidaknya enam porsi karbohidrat kompleks setiap hari, terutama dari biji-bijian utuh.

4. Buah dan Sayuran Segar

Tambahkan buah dan sayuran segar ke dalam camilan Anda. Anda bisa mengonsumsi apel utuh atau secangkir sayuran yang diiris, seperti wortel dan seledri, untuk mengurangi rasa lapar di sore hari.

Pilihlah saus atau saus yang rendah lemak untuk meningkatkan rasa, tetapi jangan berlebihan. Disarankan untuk mengonsumsi setidaknya dua porsi buah dan tiga porsi sayuran setiap hari.

Buah lain seperti pisang, jeruk, atau apel berukuran sedang dihitung sebagai satu porsi buah, sedangkan secangkir sayuran mentah dianggap sebagai satu porsi.

5. Kacang Almond dan Sejenisnya

Kacang almond, walnut, atau kenari dapat menjadi salah satu camilan untuk penderita asam urat. Kacang-kacangan adalah sumber protein nabati yang baik dan rendah purin.

Anda bisa konsumsi secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan mengenyangkan dengan mudah.

Itulah daftar makanan camilan sehat untuk penderita asam urat yang rendah purin serta mudah dikonsumsi.

Selanjutnya: Kebijakan HGBT Dinilai Belum Optimal, Pengamat Minta Pemerintah Evaluasi

Menarik Dibaca: Layani Nasabah KPR, Bank Mandiri Gandeng APERSI Wujudkan KPR Subsidi dan Komersial

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×