kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

5 Jenis Rempah-Rempah yang Terbukti Menurunkan Gula Darah Tinggi


Selasa, 05 Maret 2024 / 13:37 WIB
5 Jenis Rempah-Rempah yang Terbukti Menurunkan Gula Darah Tinggi
ILUSTRASI. Kunyit terbukti bisa menurunkan gula darah tinggi.

Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

REMPAH-REMPAH UNTUK MENURUNKAN GULA DARAH - Penderita diabetes wajib menjaga kadar gula darah tetap stabil. Ini lima jenis rempah-rempah untuk menurunkan gula darah.  

Para ahli kesehatan menyaran para penderita diabetes harus selektif dalam mengonsumsi makanan dan minuman. Alasannya, beberapa jenis makanan dan minuman bisa meningkatkan kadar gula darah pada penderita diabetes. 

Baca Juga: 11 Tanda Diabetes, Bisa Muncul di Mata dan Kulit

Asal tahu saja, saat kadar gula darah penderita diabetes naik terus tanpa terkendali akan memicu komplikasi penyakit. 

Selain menjaga pola makan, penderita diabetes juga harus merubah gaya hidup untuk mengontrol kadar gula darah. 

Kabar baiknya, konsumsi rempah-rempah tertentu bisa membantu menurunkan sekaligus mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes. 

Berikut rempah-rempah yang efektif menurunkan gula darah pada penderita diabetes: 

1. Kunyit 

Melansir dari NDTV, knyit memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh serta baik untuk kesehatan kulit.  

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Evidance based Complementaru and Alternative Medicine mengungkapkan senyawa aktif dalam kunyit yang disebut kurkumin bisa menurunkan kadar glukosa dalam darah.  Tidak hanya itu, kurkumin juga bermanfaat untuk mengurangi risiko komplikasi terkait diabetes. 

2. Kayu manis 

Kayu manis mengandung antioksidan yang sudah terbukti bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah puasa.  

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Internasional Journal of Molecular Science, kayu manis memiliki kemampuan untuk meningkatkan sensitivitas insulin.  

Anda bisa mengonsumsi teh kayu manis agar gula darah terkontrol dan menjaga tubuh tetap sehat. 

3. Ketumbar 

Mengutip dari Sajiansedap.grid.id, ketumbar bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah serta membantu produksi insulin.  

Untuk merasakan manfaatnya, Anda sediakan segenggam ketumbar. Anda masukkan segenggam ketumbar ke dalam air lalu biarkan semalaman.  

Anda saring dan minum air rendaman ketumbar pada pagi hari saat perut kosong.  

4. Jahe  

Kandungan dalam jahe bisa membantu mengontrol hormon insulin. 

5. Jintan hitam 

Mengutip dari Nakita.grid.id, jintan hitam bermanfaat untuk mengontrol gula darah. 

Hal ini disebabkan, rempah-rempah ini kaya akan vitamin, mineral, protein yang bisa menjaga kadar gula darah. 

Baca Juga: Minum Kopi Susu di Pagi Hari Baik atau Buruk untuk Kesehatan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×