kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

5 Makanan Terlarang Bagi Asam Urat & Kolesterol, Salah Satunya Daging Merah


Minggu, 03 Maret 2024 / 04:43 WIB
5 Makanan Terlarang Bagi Asam Urat & Kolesterol, Salah Satunya Daging Merah
ILUSTRASI. Penderita asam urat dan kolesterol tinggi perlu menghindari sejumlah makanan pantangan. dok/Eat Delights

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Ini peringatan bagi penderita asam urat alias gout dan kolesterol tinggi. 

Penderita asam urat dan kolesterol tinggi perlu menghindari sejumlah makanan pantangan agar kadar dua zat dalam darah tersebut tidak meningkat. 

Asam urat dan kolesterol tinggi merupakan masalah kesehatan yang saling berkaitan. Penderita kolesterol berisiko terkena penyakit asam urat lebih tinggi, begitu pula sebaliknya. 

Dilansir dari Kompas.com (21/2/2023), penelitian dalam International Journal of Cardiology pada 2008 menunjukkan, kadar asam urat yang tinggi bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL), trigliserida, dan lemak darah lain. 

Selain itu, studi lain dalam Lipids in Health and Disease pada 2019 menyebutkan, sebanyak 3.884 sukarelawan berisiko terkena asam urat tinggi hingga dua kali lipat apabila memiliki kolesterol trigliserida di atas ambang batas normal. 

Baik kolesterol maupun asam urat tinggi juga meningkatkan risiko penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan pembuluh darah. 

Baca Juga: 6 Gejala Asam Urat Tinggi di Tulang Belakang dan Cara Mengobatinya

Lantas, apa saja makanan pantangan asam urat dan kolesterol? 

Makanan pantangan asam urat dan kolesterol Dihimpun dari berbagai sumber, berikut sejumlah makanan yang sebaiknya dihindari penderita asam urat dan kolesterol tinggi: 

1. Jeroan 

Dilansir dari laman Mayo Clinic, jeroan atau isi perut hewan merupakan makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi orang dengan kolesterol tinggi atau asam urat. 

Jeroan termasuk hati, ampela, dan usus mengandung purin dalam jumlah tinggi. Konsumsi makanan berpurin tinggi amat berkontribusi terhadap kenaikan kadar asam urat. 

Saat masuk ke dalam tubuh, purin akan dimetabolisme menjadi asam urat, sehingga meningkatkan kadarnya. Sementara itu, menurut laman Medical News Today, jeroan juga kaya akan kolesterol. 

Belum lagi, olahan jeroan yang kebanyakan digoreng turut menambah kandungan kolesterol dalam satu hidangan. 

Baca Juga: Asam Urat Membentuk Kristal di Persendian, Ini 8 Cara Atasi Gout Tanpa Obat Kimia

2. Alkohol 

Pantangan asam urat dan kolesterol selanjutnya adalah alkohol, termasuk bir dan minuman keras lainnya. Konsumsi alkohol meningkatkan risiko asam urat serta serangan berulang. 

Selain itu, minum terlalu banyak alkohol turut meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, tekanan darah, obesitas, dan kadar trigliserida dalam darah.

3. Ikan sarden 

Beberapa jenis makanan laut, seperti sarden mengandung purin lebih tinggi dari jenis ikan lainnya. Dikutip dari Kompas.com (13/4/2023), purin yang terkandung dalam sarden lebih dari 200 miligram per 100 gramnya. 

Bukan hanya tinggi purin, masih dari Medical News Today, sarden juga mengandung kolesterol lumayan tinggi, yakni sekitar 142 miligram untuk 100 gramnya. 

Baca Juga: Coba 5 Obat Asam Urat Alami yang Ampuh dan Bisa Dikonsumsi Sehari-hari

4. Daging merah 

Selain jeroan, daging merah juga masuk dalam daftar makanan pantangan untuk asam urat dan kolesterol. Meski tidak setinggi jeroan, daging merah seperti daging sapi, domba, dan babi, mengandung purin yang berpotensi meningkatkan kadar asam urat. 

Di sisi lain, daging merah lebih banyak mengandung kolesterol daripada unggas tanpa lemak atau daging putih, termasuk ayam, burung, dan ikan. 

5. Makanan manis 

Kue, kue kering, es krim, dan makanan manis lain cenderung tinggi kolesterol, tambahan gula, lemak tak sehat, dan kalori. Menurut Healthline, sering mengonsumsi makanan manis akan berdampak negatif bagi kesehatan, serta kenaikan berat badan seiring waktu. 

Selain itu, makanan manis terutama dengan tambahan gula juga tak baik bagi penderita asam urat lantaran memicu serangan. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Makanan Pantangan Penderita Asam Urat dan Kolesterol, Apa Saja?"
Penulis : Diva Lufiana Putri
Editor : Sari Hardiyanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×