kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

5 Makanan Terlarang Bagi Penderita Kanker Paru-Paru, Cek Juga Gejalanya


Jumat, 16 Februari 2024 / 08:57 WIB
5 Makanan Terlarang Bagi Penderita Kanker Paru-Paru, Cek Juga Gejalanya
ILUSTRASI. Kanker paru adalah pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali dalam jaringan paru.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Waspada dengan kanker par-paru. Jika tidak dideteksi sejak dini, hal tersebut bisa membahayakan jiwa penderitanya. 

Melansir laman Kemkes.go.id, kanker paru-paru merupakan salah satu penyakit yang mungkin sudah banyak diketahui oleh masyarakat. Biasanya kanker paru-paru akan sangat mudah terjadi kepada seseorang yang sering terpapar dengan asap rokok, baik perokok aktif maupun perokok pasif. 

Selain itu, kanker par-paru juga mudah menyerang masyarakat yang bekerja dengan asbes, arsen, kromat, nikel, klorometil eter, gas mustard dan paparan oven arang.

Menurut pengertiannya, kanker paru adalah pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali dalam jaringan paru yang dapat disebabkan oleh sejumlah karsinogen lingkungan, terutama asap rokok. 

Melihat urgensi tersebut, penting bagi kita untuk beresegera untuk melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan sesaat setelah merasakan gejala kanker paru.

Baca Juga: Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami, Makan Buah & Sayur Ini

Gejala pada Kanker Paru-Paru

Pada tahap awal, kanker paru-paru tidak menyebabkan gejala apapun. Namun mencapai tahap tertentu, gejala paru-paru akan muncul dengan gejala berikut:

1. Sakit kepala
2. Berat tubuh menurun
3. Kehilangan selera makan
4. Suara menjadi serak
5. Perubahan pada bentuk jari, yaitu ujung jari menjadi cembung
6. Pembengkakan pada muka atau leher
7. Batuk berkelanjutan dan bertambah parah, hingga akhirnya mengalami batuk darah.
8. Mengalami sesak napas dan rasa nyeri di dada.

Baca Juga: 6 Penyebab Kentut Berbau Busuk

Makanan Pantangan Kanker Paru-Paru

Mengutip Asbestos.com, penderita kanker paru-paru harus menghindari makanan berikt:

1. Soda

Minum soda bisa berbahaya bagi penderita penyakit paru-paru dalam beberapa cara. Pertama, soda mengandung karbon dioksida untuk membuatnya berkarbonasi, yang dapat menyebabkan gas dan kembung yang membuat sulit bernapas. Selain itu, kandungan gula yang tinggi dapat meningkatkan peradangan dan menyebabkan penambahan berat badan, yang keduanya dapat memperparah gejala kanker paru-paru.

Untuk mengurangi asupan soda: mengganti soda dengan minuman nonkarbonasi beraroma lainnya seperti teh, beraroma udara, atau jus alami.

Baca Juga: Coba Simak 8 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

2. Gorengan

Makanan yang digoreng seperti kentang goreng dan onion ring mengandung lemak tidak sehat yang dapat menyebabkan kembung dan rasa tidak nyaman karena menekan diafragma. Selain ketidaknyamanan paru-paru yang disebabkan oleh kembung, gorengan seiring waktu dapat menyebabkan kolesterol tinggi dan penambahan berat badan. Bagi orang yang hidup dengan penyakit paru-paru, hal-hal ini dapat melemahkan gejala.

Untuk mengurangi asupan gorengan: Hindari makanan cepat saji.

3. Produk susu

Saat tubuh mencerna produk susu, gangguan pencernaan susu yang disebut casomorphin meningkatkan jumlah dahak dan lendir yang diproduksi tubuh. Ini dapat meningkatkan batuk, yang dapat menyebabkan nyeri dan nyeri pada pasien kanker paru-paru.

Untuk mengurangi asupan susu: Ganti laktosa dengan susu alternatif seperti almond, oat, atau susu kedelai.

Baca Juga: Bikin Panjang Umur, Ini Manfaat Stroberi Bila Dikonsumsi Secara Rutin

4. Daging Olahan

Daging yang diawetkan mengandung nitrat, yang sering ditambahkan perusahaan ke produk ini untuk warna dan membantu memperpanjang umur simpan. Nitrat ini, bagaimanapun, telah ditemukan menyebabkan peningkatan rawat inap rumah sakit terkait paru-paru.

Untuk mengurangi asupan daging olahan: Hindari daging yang diawetkan atau cari label “tanpa penambahan nitrat” pada produk.

5. Makanan Asin

Natrium menyebabkan retensi cairan, yang dapat menyebabkan sesak napas pada pasien yang memiliki penyakit paru-paru. Dan sementara garam adalah sumber natrium yang paling jelas, sebagian besar asupan natrium sebenarnya sudah ada dalam makanan. 

Untuk mengurangi asupan natrium, kurangi bumbu asin dan periksa label pada makanan yang Anda beli untuk memastikannya tidak mengandung lebih dari 300 miligram garam per porsi.

Untuk mengurangi asupan garam: Pilih bumbu dan rempah untuk membumbui makanan dan periksa label makanan sebelum membeli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×