kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

5 Menu Sehat Rekomendasi Santapan Berbuka Puasa Ramadan 2024


Selasa, 12 Maret 2024 / 15:34 WIB
5 Menu Sehat Rekomendasi Santapan Berbuka Puasa Ramadan 2024
ILUSTRASI. 5 Menu Sehat Rekomendasi Santapan Berbuka Puasa Ramadan 2024.

Penulis: Tiyas Septiana

Rekomendasi Berbuka Puasa  Banyak masyarakat  memilih gorengan dan minuman manis sebagai menu berbuka puasa Ramadan. Keduanya memang sudah lama menjadi primadona menu berbuka puasa di berbagai kalangan. 

Namun, jenis makanan tersebut tidak mampu memenuhi nutrisi dan energi yang terbuang selama seharian berpuasa. 

Menurut Ani Syafaatun selaku Direktur Budi Mulia Dua Culinary School Yogyakarta, menu berbuka wajib mengandung nutrisi lengkap untuk tubuh. 

Merangkum situs Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, berikut ini beberapa rekomendasi ide menu berbuka puasa untuk Ramadan 2024 yang menyehatkan. 

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Ramadan 2024 Hari ini (12/3/2024) Wilayah Banyumas dan Sekitarnya

Smoothies

Smoothies mengandung serat tinggi, vitamin, dan mineral karena mengandung buah-buahan. Kandungan ini dapat membantu tubuh untuk pulih kembali setelah berpuasa. 

Dengan begitu, smoothies yang merupakan jenis minuman yang tidak hanya mampu menghilangkan dahaga, tetapi juga menyehatkan.

Umumnya smoothies yang mengenyangkan menggunakan bahan dasar buah pisang dan buah naga. Untuk menambah variasi rasa, Anda juga bisa membuat smoothies dari kurma. 

Selain itu, oatmeal atau granola dapat Anda tambahkan sehingga smoothies yang disajikan menjadi lebih bernutrisi.

Salad tradisional Indonesia

Indonesia terkenal dengan kuliner tradisionalnya, yaitu salad tradisional seperti gado-gado, pecel, ataupun lotek. 

Ketiga jenis makanan tersebut berbahan dasar sayuran yang justru banyak mengandung serat dan nutrisi. Bahkan karena tidak menggunakan minyak dan sayurannya pun direbus justru membuat makanan tersebut rendah kalori.

Selain itu, kacang-kacangan dan bumbu kacang di dalam gado-gado atau pecel mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang baik untuk kesehatan jantung.

Berbagai jenis pepes

Menu buka puasa yang sehat dan mengenyangkan lainnya adalah berbagai jenis pepes. Pepes yang dibuat dengan cara dikukus atau dibakar cenderung lebih rendah lemak dibandingkan dengan makanan yang digoreng atau dipanggang.

Aneka pepes seperti tahu, ikan, dan ayam dapat diolah secara mudah dan cepat. Selain itu, daun pisang yang digunakan untuk membungkus pepes dapat membantu mempercepat pencernaan karena kandungan serat alaminya.

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah Kendari Ramadan 2024 hingga Buka Puasa Resmi Kemenag

Teh seruni dan wedang

Dibanding dengan berbagai jenis es yang mengandung gula tinggi, Ani menganjurkan agar berbuka puasa dengan minuman yang lebih sehat. 

Teh seruni dan wedang jahe patut kamu coba. Teh seruni dapat diolah dengan menggunakan bunga seruni, tetapi ada pula yang memvariasikannya dengan sereh dan jeruk nipis. 

Di Yogyakarta sendiri minuman ini sering disebut wedang uwuh. Untuk mengurangi gula, teh atau wedang tersebut dapat diganti madu dan disajikan selagi masih hangat. 

Pisang bakar kurma

Menu tajkil selanjutnya untuk berbuka puasa yang bisa Anda coba adalah pisang bakar kurma. Anda bisa menggunakan pisang kepok atau pisang tanduk untuk hidangan ini. 

Cara membuatnya cukup mudah, potong pisang menjadi dua bagian lalu lumuri dengan mentega. Agar menambah aroma, lumuri juga pisang dengan sari madu kurma. Setelah itu Anda dapat membakarnya dengan api sedang. 

Sajikan pisang bakar kurma selagi hangat. Tuangkan tambahan sari madu kurma di atasnya dan hias dengan potongan kurma.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

×