kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

5 Minuman untuk Meredakan Sakit Perut dan Mual, Bisa Diracik di Rumah


Jumat, 10 November 2023 / 14:47 WIB
5 Minuman untuk Meredakan Sakit Perut dan Mual, Bisa Diracik di Rumah
ILUSTRASI. 5 Minuman untuk Meredakan Sakit Perut dan Mual, Bisa Diracik di Rumah. KONTAN/Muradi/2020/04/18

Penulis: Bimo Kresnomurti

Minuman untuk Meredakan Sakit Perut - JAKARTA. Simak daftar minuman untuk meredakan sakit perut dan mual. Kondisi perut tidak nyaman bisa diatasi dengan konsumsi minuman berikut ini.

Minuman yang membantu meredakan mual ini bisa menenangkan perut Anda saat tidak ada hal lain yang bisa dilakukan.

Sebagai catatan, Anda tidak memiliki alergi atau kepekaan terhadap makanan, ini adalah cara yang murah dan tidak berisiko untuk mengatasi mual.

Banyak orang terkejut bahwa segelas air dingin saja sudah bisa menyembuhkannya. Selain itu, teh herbal hangat seperti jahe dan peppermint juga termasuk minuman terbaik untuk mengurangi rasa mual.

Baca Juga: 7 Makanan yang Mengurangi Mual dan Muntah dalam Sekejap

Beberapa penyebab umum rasa mual tiba-tiba meliputi:

  • Infeksi atau Penyakit Lambung: Infeksi virus atau bakteri yang memengaruhi lambung dapat menyebabkan gejala seperti mual, muntah, dan gangguan pencernaan.
  • Makanan yang Tidak Sesuai: Konsumsi makanan yang tidak segar, terkontaminasi, atau tidak sesuai dengan sensitivitas individu bisa menyebabkan rasa mual.
  • Migrain: Beberapa orang mengalami mual sebagai salah satu gejala migrain. Mual dapat terjadi sebelum, selama, atau setelah serangan migrain.
  • Perubahan Hormonal: Perubahan hormon, seperti yang terjadi selama kehamilan atau menstruasi, dapat memengaruhi sistem pencernaan dan menyebabkan rasa mual.

Minuman untuk meredakan sakit perut dan mual

Teh jahe mint

Rekomendasi minuman ini mungkin dapat membantu menghilangkan rasa mual dengan lebih baik dan lebih cepat dibandingkan pengobatan lainnya.

Rasa mual yang muncul tiba-tiba dapat disebabkan oleh berbagai faktor, dan kondisi ini bisa bersifat sementara atau menjadi gejala yang menunjukkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Simak pilihan minuman untuk meredakan sakit perut dan mual yang tidak nyaman dirangkum dari laman Migraine Again.

Baca Juga: 8 Pengobatan Rumahan untuk Keracunan Makanan,

1. Air Dingin

Salah satu cara yang paling bisa diandalkan untuk meredakan rasa mual adalah dengan menyesap segelas air es secara perlahan.

Satu-satunya alasan untuk tidak mencoba opsi ini adalah bisa membuat tubuh sangat dingin merasa lebih dingin, atau memiliki perawatan gigi yang sensitif.

Bagi banyak orang, air dingin adalah bantuan terapi yang ampuh. Hidrasi yang baik sangat penting untuk kesehatan otak dan tubuh.

Apabila Anda tidak menyukai air biasa, Anda bisa memasukkan air untuk menambah rasa dan menikmatinya sepanjang hari.

2. Jus lemon

Jus lemon dan limun merupakan minuman yang baik untuk mengatasi mual karena lemon mengandung asam penetral, yang membentuk bikarbonat. Ini merupakan senyawa yang membantu meredakan mual.

Saat mual sering menjadi masalah, Anda mungkin ingin membeli lemon di supermarket dan menyimpan irisan lemon di lemari es.

Tentu, ini bisa menjadi catatan saat Anda memiliki riwayat sakit maag yang bisa memperburuk gejala.

Lemon tentu bisa menjadi salah satu pengobatan rumahan terbaik untuk mengatasi mual bagi anak-anak.

3. Ramuan Teh Herbal

Anda bisa memilih bahan dasar minuman dari teh dengan tambahan bahan, seperti jahe dan pepermin. Pastikan untuk memeriksa kadar kafeinnya terlebih dahulu karena tidak semua teh herbal bebas kafein.

Rasa teh herbal bisa disesuaikan preferensi pribadi Anda. Anda dapat menemukan teh herbal dengan rasa buah, mint, atau sedikit pedas.

Anda bisa memakai teh herbal dengan campuran jahe dan daun mint yang dapat membantu meredakan mual.

4. Minuman ramuan soda kue

Salah satu minuman untuk meredakan sakit perut dan mual adalah soda kue. Meski terdengar aneh, meminum baking soda yang dilarutkan dalam air merupakan salah satu cara mengurangi rasa mual dan menenangkan asam lambung.

Ini juga dikenal sebagai soda bikarbonat atau natrium bikarbonat, soda kue mendapatkan kekuatannya dari pH, kekuatan hidrogen untuk membuat sesuatu menjadi asam atau basa (basa).

Hal ini karena soda kue merupakan zat basa, nah mengubah tingkat pH asam yang bersentuhan dengannya termasuk yang ada di perut.

Soda kue dapat mengurangi penyerapan obat lain, jadi tunggu dua jam setelah konsumsi obat oral untuk mengonsumsi soda kue. Sebagai catatan ini tidak dianjurkan untuk orang hamil atau anak di bawah 6 tahun.

5. Minuman jahe

Minuman jahe dipercaya bisa meredakan rasa sakit perut dan mual. Pastikan Anda memiliki tambahan ramuan lain seperti teh.

Teh jahe tidak mengandung gula dan menawarkan manfaat yang sama seperti bir jahe. Anda bisa membuatnya dari potongan jahe yang direbus selama 15 hingga 20 menit kemudian saring dengan baik.

Saat minuman dirasa terlalu pedas, coba tambahkan sedikit madu atau kurangi jumlah jahe segar yang digunakan.

Itulah sederet minuman untuk mengurangi sakit perut dan rasa mual yang mengganggu Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×