kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

5 Rempah Khas Indonesia yang Berkhasiau untuk Kesehatan, Murah & Mudah Ditemukan


Minggu, 25 Februari 2024 / 12:30 WIB
5 Rempah Khas Indonesia yang Berkhasiau untuk Kesehatan, Murah & Mudah Ditemukan
ILUSTRASI. 5 Rempah Khas Indonesia yang Berkhasiau untuk Kesehatan, Murah & Mudah Ditemukan.

Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Sebagai salah satu produsen rempah-rempah yang terkenal di dunia, Indonesia memiliki beragam jenis rempah yang khas.

Rempah-rempah tersebut sudah sejak lama dimanfaatkan oleh bangsa Indonesia untuk berbagai kepentingan.

Rempah-rempah khas Indonesia memiliki manfaat baik dalam segi ekonomi hingga kesehatan. Banyak rempah tersebut yang mengandung senyawa yang bisa membantu memelihara kesehatan tubuh. 

Apa saja manfaat dari rempah-rempah khas Nusantara? Berikut ini daftar 5 rempah yang berkhasiat menjaga kesehatan tubuh dari Instagram Jalur Rempah Kemendikbud Ristek. 

Baca Juga: Penyebab Remaja Jerawatan dan Tips Ampuh Mengatasi Jerawat Buat Remaja

  • Kayu Manis

Kayu Manis atau dalam bahasa Inggris bernama cinnamon, banyak digunakan untuk bumbu masakan terutama kue dan makanan manis. 

Aroma dan rasa rempah ini sangat khas dan membuat berbagai macam kue menjadi lebih nikmat. Selain membuat masakan makin sedap, kayu manis juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh. 

Rempah ini mengandung senyawa cinnamaldehyde yang bermanfaat untuk kesehatan. Berdasarkan studi yang dirilis oleh Journal of Agricultural and Food Chemistry, kayu manis memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh. 

Kandungan ini bisa membantu melawan peradangan dan menurunkan kolesterol, serta trigliserida dalam darah. 

  • Kunyit

Kunyit sudah lama digunakan masyarakat Indonesia sebagai bumbu masakan hingga ramuan tradisional. 

Rempah ini mengandung senyawa kurkumin yang memiliki efek antiradang. Bahkan khasiat dari senyawa ini bisa disandingkan dengan obat antiradang lainnya. 

Selain antiradang, kurkumin bisa membantu meningkatkan enzim anti-oksidan pada tubuh dan melawan kerusakan oksidatif. 

Menurut studi dari Brain Research, senyawa ini bisa digunakan untuk mencegah penyakit Alzheimer, meningkatkan fungsi otak, dan meredakan radang sendi. 

Baca Juga: Resep Rebusan Daun Kemangi untuk Redakan Asam Lambung Akut

  • Jahe

Khasiat rempah khas Indonesia selanjutnya terkandung dalam jahe. Salah satu jenis tanaman obat keluarga (toga) ini sering diseduh dan diminum untuk menghangatkan tubuh. 

Selain menghangatkan tubuh, jahe juga mampu meredakan mual. Mual yang disebabkan oleh morning sickness, mabuk perjalanan atau laut, dan kemoterapi bisa diredakan dengan satu gram jahe. 

Hebatnya lagi, menurut Cancer Prebention Research (Phila) mengonsumsi 2 gram ekstrak jahe per hari bisa mencegah peradangan usus besar.

  • Pala

Radikal bebas bisa menyebabkan beragam penyakit serius seperti penyakit jantung dan kanker. 

Pala memiliki kandungan antioksidan dan antidepresan yang diperlukan untuk melawan radikal bebas berlebihan dan pemicu kerusakan sel. 

  • Cengkeh

Selain kayu manis, cengkeh juga merupakan rempah yang biasa digunakan untuk penambah rasa masakan manis atau kue. Cengkeh memiliki bentuk yang kecil dan biasa ditambahkan pada minuman kolak atau nastar. 

Meskipun kecil, rempah ini memiliki segudang khasiat yang baik untuk tubuh. Cengkeh memiliki kandungan nutrisi cukup lengkap yaitu mineral, vitamin, dan serat. 

Dalam 1 sendok teh cengkeh terdapat 21 kalori, 1 gram karbohidrat, vitamin E, 30 persen kebutuhan mangan harian, 3 persen kebutuhan vitamin C harian, 4 persen kebutuhan vitamin K harian, magnesium, kalsium, protein, dan lemak. 

Tidak hanya nutrisi tersebut, rempah ini juga mengandung senyawa eugenol yang berkhasiat sebagai antioksidan alami.

Selanjutnya: Ini 5 Tanda dan Bahaya Diet Tidak Sehat yang Perlu Segera Dihentikan

Menarik Dibaca: Tidak Perlu Repot, Turunkan Berat Badan Tanpa Olahraga dengan Cara Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×