kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

5 Tips Aman Mulai Investasi Emas Buat Pemula dan Keuntungan Investasi Emas


Sabtu, 27 Januari 2024 / 22:25 WIB
5 Tips Aman Mulai Investasi Emas Buat Pemula dan Keuntungan Investasi Emas
ILUSTRASI. Pedagang dan konsumennya bertransaksi emas batangan gramasi kecil produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) di Jakarta, Kamis (18/1/2024). Harga emas di pasar spot turun 1,2% menjadi US$ 2.003,89 per ons. Angka itu merupakan terendah sejak 13 Desember 2023. Harga emas tertekan data ekonomi Amerika Serikat (AS) yang kuat hingga mengerek dollar dan imbal hasil obligasi AS. (KONTAN/Cheppy A. Muchlis)

Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Emas sudah sejak lama dipilih sebagai instrumen tabungan dan investasi. Biasanya bentuk investasi emas yang dipilih berupa perhiasan dan cukup umum dilakukan oleh kaum perempuan.

Jika Anda tertarik untuk memulai investasi ini , Anda perlu memahami bahwa terdapat kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan jika Anda ingin berinvestasi pada emas tahun 2024 ini.

Menurut Venus Kusumawardana, dosen di Program Studi D3 Perbankan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), sebelum memutuskan untuk menabung atau berinvestasi emas, disarankan agar individu memahami dengan seksama tentang keuntungan dan kerugiannya.  

Baca Juga: Harga Emas Spot Terkurung dalam Kisaran Sempit Jumat (26/1), Jelang Data Inflasi AS

Tabungan dan investasi emas dapat menjadi pilihan yang baik untuk melindungi nilai aset dan diversifikasi portofolio. 

“Namun, penting untuk memahami bahwa tidak ada investasi yang bebas risiko. Keputusan untuk berinvestasi dalam emas harus selaras dengan tujuan keuangan dan toleransi risiko masing-masing individu, “jelasnya, dikutip dari situs UMM.

Keuntungan investasi emas

Venus menjelaskan lebih lanjut bahwa emas telah terbukti sebagai bentuk lindung nilai yang efektif terhadap inflasi dan ketidakstabilan mata uang. 

Tidak hanya itu, dalam dunia keuangan yang terkadang mengalami ketidakstabilan, diversifikasi portofolio menjadi esensial. 

Menambahkan emas ke dalam campuran investasi dapat membantu mengurangi risiko terhadap perubahan besar dalam nilai aset lainnya.

Diversifikasi portofolio sendiri adalah cara untuk menyebar risiko dengan memiliki berbagai jenis investasi dalam portofolio. 

Dengan memiliki berbagai jenis aset, seperti saham, obligasi, dan mungkin emas, seseorang dapat mengurangi dampak negatif dari kinerja buruk satu jenis investasi terhadap seluruh portofolio.

Investasi dalam emas sering dipandang sebagai pilihan jangka panjang yang stabil. Kenaikan nilai emas seiring waktu dapat menjadi strategi yang baik untuk tujuan investasi jangka panjang seperti pensiun atau kekayaan masa depan. 

“Di sisi lain, emas juga sering dicari sebagai tempat berlindung saat terjadi krisis ekonomi atau ketidakpastian global. Selama periode ketidakstabilan ekonomi, harga emas dapat meningkat karena investor mencari keamanan,” ujar venus menambahkan.

Baca Juga: Hikmah dari Kasus Budi Said, Investor Patut Waspada Iming-Iming Diskon Emas Antam

Kelemahan investasi emas

Meski cukup stabil, ada beberapa kelemahan berinvestasi emas. Salah satu kelemahan investasi emas jika dibandingkan dengan saham atau obligasi yang dapat menghasilkan pendapatan pasif seperti dividen, emas tidak menghasilkan penghasilan reguler. 

Keuntungan diperoleh ketika nilai aset tersebut meningkat, namun perubahan tersebut mungkin tidak konsisten atau dapat bervariasi dari waktu ke waktu. 

Artinya, nilai aset dapat naik dan turun. Keuntungan bisa diperoleh ketika nilai aset tersebut meningkat, bahkan jika kondisinya tidak selalu stabil atau dapat berubah-ubah.

Sekalipun dipandang sebagai lindung nilai, harga emas tidak selalu stabil. Faktor global seperti perubahan kebijakan moneter dan kondisi geopolitik dapat memberikan dampak signifikan pada nilai emas. 

“Bagi mereka yang menyimpan emas fisik, biaya penyimpanan dan keamanan dapat menjadi beban. Selain itu, investasi dalam instrumen emas seperti Exchange-Traded Funds (ETF) dapat melibatkan biaya perdagangan dan manajemen,” ungkap Venus.

Tips berinvestasi emas buat pemula

Venus memberikan beberapa tips bagi masyarakat yang baru pertama kali ingin berinvestasi dalam emas, yakni: 

1. tentukan dengan jelas tujuan investasi, baik itu untuk jangka pendek, menengah, atau panjang. Jika tujuan jangka panjang, perlu dipertimbangkan apakah untuk investasi atau apresiasi harga. 

2. Menggunakan uang yang tidak dipakai dalam waktu dekat, yakni uang dingin setelah kebutuhan sehari-hari terpenuhi. 

3. Melakukan investasi secara berkala jika dana terbatas.

4. Mmelihat perkembangan ekonomi dan harga emas, apakah perekonomian sedang krisis atau sedang baik-baik saja. Jika akan krisis maka investasi akan lebih menjanjikan kenaikannya. 

5. Menyimpan di tempat yang aman

“Berikutnya yaitu untuk memastikan tempat penyimpanannya harus aman terkhusus untuk pemula. Untuk pembeliannya pun disarankan di toko emas yang terpercaya dan ada sertifikat atau kuitansi atau bukti kepemilikannya,” pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

×