kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

5 Vitamin dalam Masa Pertumbuhan Anak, Catat Sumber Makanan Ini


Sabtu, 16 Desember 2023 / 17:15 WIB
5 Vitamin dalam Masa Pertumbuhan Anak, Catat Sumber Makanan Ini
ILUSTRASI. 5 Vitamin dalam Masa Pertumbuhan Anak, Catat Sumber Makanan Ini

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Inilah daftar sumber vitamin untuk anak dari makanan yang mudah dikonsumsi. Dalam masa petumbuhan, anak-anak memerlukan berbagai makanan sumber nutrisi baik vitamin hingga mineral.

Dalam memastikan pertumbuhan yang sehat dan kesehatan yang optimal bagi anak-anak, asupan nutrisi yang tepat sangat penting.

Salah satu komponen penting dalam nutrisi adalah vitamin, yang dapat membantu menjaga fungsi tubuh yang baik. Selain itu, sumber vitamin juga mendukung sistem kekebalan tubuh dan memicu perkembangan tubuh yang sehat.

Baca Juga: Apa itu Salmonella pada Telur Mentah? Pengertian, Gejala Infeksi, dan Penanganan

Kenapa vitamin penting untuk Anak?

Ilustrasi mendidik anak

Vitamin sangat penting untuk anak-anak selama masa pertumbuhan mereka karena berperan dalam sejumlah fungsi kritis dalam perkembangan fisik dan kognitif.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa vitamin diperlukan untuk anak-anak selama masa pertumbuhan:

  • Pertumbuhan Tulang dan Gigi: Vitamin D dan K, serta kalsium dan fosfor, penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Masa pertumbuhan adalah periode di mana tulang dan gigi sedang aktif berkembang, dan nutrisi yang memadai, termasuk vitamin D, membantu memastikan pertumbuhan tulang yang optimal.
  • Sistem Kekebalan Tubuh: Vitamin C dan vitamin A, bersama dengan vitamin lainnya, mendukung sistem kekebalan tubuh. Anak-anak yang memiliki sistem kekebalan yang kuat cenderung lebih mampu melawan infeksi dan penyakit, yang dapat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan mereka.
  • Fungsi Saraf dan Otak: Vitamin B kompleks, terutama asam folat, riboflavin, dan vitamin B12, diperlukan untuk fungsi saraf dan otak yang optimal. Masa pertumbuhan adalah saat di mana perkembangan otak sangat aktif, dan asupan nutrisi yang cukup mendukung fungsi kognitif yang baik.
  • Pertumbuhan Sel dan Jaringan: Vitamin A dan C berperan penting dalam pertumbuhan sel dan jaringan. Ini melibatkan pembentukan dan pemeliharaan sel-sel tubuh, yang merupakan bagian integral dari perkembangan fisik anak-anak.
  • Penyerapan Nutrisi Lain: Beberapa vitamin, seperti vitamin D, mendukung penyerapan kalsium yang penting untuk tulang dan gigi. Vitamin dan mineral bekerja secara sinergis untuk memastikan penyerapan nutrisi yang optimal dari makanan yang dikonsumsi anak-anak.

Untuk itu, pilihan vitamin dari bahan alami dapat menjadi alternatif yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak-anak. Vitamin bisa didapatkan dari sumber hewani maupun nabati yang sesuai dengan nutrisinya.

Tentu, beberapa sumber vitamin anak dari bahan alami mudah didapatkan dan menjadi pengetahuan untuk orang tua.

Berikut ini adalah beberapa vitamin dari bahan alami yang dapat memberikan manfaat bagi pertumbuhan dan kesehatan anak-anak.

Baca Juga: Ini 7 Kiat Mengajarkan Anak Makan Sayur Tanpa Paksaan

Sumber vitamin untuk masa pertumbuhan anak

Catat beberapa rekomendasi sumber vitamin dari bahan alami yang penting untuk anak-anak dilansir dari Web MD.

1. Vitamin C

Anak dapat mendapatkan vitamin C melalui berbagai buah yang disarankan, seperti jeruk, stroberi, kiwi, mangga, melon, nanas, tomat, paprika, dan brokoli. Kehadiran vitamin C ini sangat penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mempercepat proses penyembuhan luka, dan meningkatkan penyerapan zat besi.

Untuk memastikan anak mendapatkan asupan vitamin C yang cukup, orang tua dapat menyajikan buah-buahan ini sebagai camilan sehat atau dalam bentuk jus segar.

2. Vitamin D

Paparan sinar matahari yang terbatas dapat membantu tubuh anak menghasilkan vitamin D. Selain itu, sumber alami vitamin D lainnya termasuk minyak ikan seperti minyak salmon atau minyak hati ikan kod, telur, dan produk susu yang diperkaya vitamin D.

3. Vitamin A

Wortel, bayam, ubi jalar, labu, mangga, alpukat, dan hati hewan adalah sumber alami vitamin A. Vitamin ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata, mendukung pertumbuhan serta perkembangan sel, dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Menambahkan sayuran dan buah-buahan ini ke dalam makanan anak atau menyajikannya sebagai camilan sehat dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin A.

4. Vitamin B kompleks

Biji-bijian, kacang-kacangan, daging, telur, susu, sayuran hijau, dan ikan adalah sumber alami vitamin B kompleks seperti tiamin (B1), riboflavin (B2), niasin (B3), piridoksin (B6), dan asam folat (B9). Vitamin B ini esensial untuk fungsi saraf, metabolisme energi, dan pembentukan sel darah. Penting untuk diingat bahwa perlu diidentifikasi apakah anak memiliki alergi terhadap makanan-makanan tersebut.

5. Vitamin E

Kacang almond, biji bunga matahari, kacang tanah, minyak nabati, sayuran hijau, alpukat, dan kiwi adalah sumber alami vitamin E. Vitamin ini berperan sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Dalam memberikan vitamin dari sumber alami kepada anak, penting untuk mencakup berbagai jenis makanan sehat dalam pola makan sehari-hari.

Itulah informasi terkait sumber vitamin untuk anak dari bahan alami yang mudah untuk didapatkan.

Selanjutnya: Efek Merger dan Bisnis Konvergensi, Pelanggan IndiHome Bisa Ikut Telkomsel Poin

Menarik Dibaca: Ada Single's Inferno 3, Tonton 4 Dating Show Korea Ini di Netflix

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×