kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

6 Makanan yang Menyehatkan Organ Telinga dan Pendengaran


Sabtu, 20 April 2024 / 11:15 WIB
6 Makanan yang Menyehatkan Organ Telinga dan Pendengaran
ILUSTRASI. Kacang Tanah

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Catat daftar makanan yang bermanfaat bagi kesehatan pendengaran, termasuk bagi organ telinga. Kesehatan pendengaran merujuk pada keadaan fisik dan fungsional sistem pendengaran seseorang.

Aspek ini termasuk kemampuan mendengar, memproses, dan memahami suara dari lingkungan sekitar.

Ini penting untuk berbagai aspek kehidupan sehari-hari seperti komunikasi, interaksi sosial, keselamatan, dan kualitas hidup secara keseluruhan.

Gangguan pendengaran dapat bersifat sementara atau permanen, dan makanan juga memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan organ telinga.

Baca Juga: 4 Cara Ampuh Tanpa Obat Agar Tingkat Kolesterol Rendah

Makanan bermanfaat bagi kesehatan pendengaran

Kesehatan telinga

Kondisi fisik telinga, termasuk saluran telinga, gendang telinga, dan tulang pendengaran, harus diperhatikan karena berperan dalam menerima informasi.

Kemampuan otak untuk memproses suara yang diterima oleh telinga juga penting untuk kesehatan pendengaran. Salah satu penyebab vertigo adalah gangguan pendengaran, yang perlu diwaspadai.

Orang dengan pendengaran yang baik dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitar dengan baik dan mengikuti percakapan dengan lancar.

Untuk itu, Anda perlu mengenal beberapa makanan untuk kesehatan pendengaran termasuk organ telinga dilansir dari laman Boots Hearing Care.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Daun Ketumbar untuk Kulit, Mata, hingga Pencernaan

1. Kacang tanah

Meningkatkan asupan Zinc dapat mendukung kesehatan pendengaran karena mineral ini penting untuk sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu melawan telinga berdenging. Makanan seperti lentil, kacang polong, dan kacang tanah adalah sumber yang baik untuk zinc.

2. Pisang Segar

Kalium membantu mengubah suara menjadi impuls saraf di telinga bagian dalam, sehingga menjaga kadar kalium yang sehat dapat membantu mencegah gangguan pendengaran terkait usia. Pisang adalah sumber kalium yang baik, namun penting untuk membatasi asupan harian.

3. Brokoli

Brokoli mengandung nutrisi penting seperti vitamin K, vitamin C, dan serat yang membantu mencegah kerusakan pada jaringan halus di telinga. Manfaat kesehatan brokoli bisa dinikmati baik dalam keadaan mentah, dikukus, atau dipanggang.

4. Cokelat hitam

Cokelat murni seperti Dark Chocolate mengandung magnesium yang membantu meningkatkan sirkulasi darah di telinga dan melindungi dari gangguan pendengaran akibat kebisingan. Asupan cokelat hitam sekitar satu ons per hari direkomendasikan.

Cokelat hitam

5. Ikan Laut

Ikan mengandung omega-3 dan vitamin D yang baik untuk kesehatan telinga. Dua porsi ikan segar per minggu disarankan untuk menjaga kadar omega-3 dan vitamin D, serta mengurangi risiko kerusakan pendengaran.

6. Bawang putih

Jenis rempah ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi peradangan di sekitar organ pendengaran. Ini dapat membantu menjaga kesehatan pendengaran dengan memungkinkan suplai darah yang cukup tanpa risiko tekanan darah tinggi.

Anda bisa menggunakan suplemen bawang putih tanpa pewangi atau menambahkan beberapa siung ke dalam masakan.

Nah, bawang putih sebagai bagian dari rencana makan sehat dan mungkin bahkan bisa meredakan gejala penyakit telinga yang umum, seperti tinnitus.

Itulah beberapa informasi dan penjelasan terkait makanan yang menyehatkan organ telinga dengan efektif.

Selanjutnya: Penjualan Motor Listrik Bersubsidi Mulai Bertenaga di Kuartal I-2024

Menarik Dibaca: 5 Cara Mudah Detoks Kulit agar Glowing dan Bebas Jerawat, Cobain Yuk!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×