kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.395.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%
AKTUAL /

6 Olahraga untuk Memperbaiki Postur Tubuh yang Buruk, Bisa Dilakukan dari Rumah


Kamis, 16 November 2023 / 08:28 WIB
6 Olahraga untuk Memperbaiki Postur Tubuh yang Buruk, Bisa Dilakukan dari Rumah
ILUSTRASI. 6 Olahraga untuk Memperbaiki Postur Tubuh yang Buruk, Bisa Dilakukan dari Rumah. KONTAN/Muradi/2016/12/22

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cermati rekomendasi olahraga untuk memperbaiki postur tubuh yang buruk. Latihan ini bisa dicoba bagi Anda yang ingin mendapatkan penampilan yang lebih bugar.

Pilihan latihan untuk postur tubuh adalah serangkaian aktivitas fisik yang dirancang untuk membantu memperbaiki dan mempertahankan postur yang baik pada tubuh manusia.

Postur tubuh yang baik mengacu pada posisi tubuh yang seimbang dan sejajar, di mana tulang belakang dan bagian tubuh lainnya berada dalam posisi yang tepat, mengurangi tekanan berlebih pada sendi, otot, dan tulang.

Postur yang buruk dapat berkontribusi pada berbagai masalah kesehatan, termasuk sakit punggung, ketegangan otot, dan masalah lainnya.

Baca Juga: Ini 7 Alasan Tubuh Mudah Mengantuk Sepanjang Hari dan Cara Mengatasinya

Daftar olahraga untuk memperbaiki postur tubuh

Plank

Dalam beberapa kasus, orang dilahirkan dengan kondisi genetik yang mempengaruhi bentuk tulang belakang dan pinggul. Hal ini dapat mempengaruhi postur tubuh sejak lahir.

Kondisi seperti ini dapat dikelola untuk mengurangi dampak berbahaya terhadap postur tubuh seiring berjalannya waktu.

Dalam kasus lain, cedera akibat olahraga atau aktivitas lain dapat memengaruhi postur tubuh karena tubuh melindungi diri dari cedera yang lebih parah, seperti pincang saat kaki cedera.

Seringkali, postur tubuh kita berubah akibat pekerjaan yang kita lakukan, atau aktivitas lain yang menyebabkan penggunaan berbagai bagian tubuh secara berlebihan.

Baca Juga: 7 Dampak Terlalu Banyak Konsumsi Garam yang Berbahaya Buat Kesehatan Tubuh

Penggunaan yang kurang juga bisa menjadi masalah. Misalnya, lemahnya otot punggung di kedua sisi tulang belakang, dapat memengaruhi kemampuan kita dalam menjaga postur tubuh yang baik. 

Latihan untuk postur tubuh bertujuan untuk menguatkan otot-otot yang mendukung tulang belakang dan membantu tubuh tetap dalam posisi yang benar.

Ini dapat membantu mencegah ketidaknyamanan dan masalah kesehatan yang berkaitan dengan postur buruk.

Latihan berikut dimaksudkan untuk mendekompresi tulang belakang sehingga dapat memperbaiki bentuk tubuh secara bertahap. Perbaikan postur tubuh menjadi tujuan penting untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan tubuh.

Baca Juga: 4 Cara Cegah Kadar Kolesterol Tinggi Tanpa Obat Kimia versi Kemenkes

Intip daftar olahraga untuk memperbaiki postur tubuh yang bisa dicoba dari rumah dilansir dari The Guardian.

1. Latihan Kekuatan Inti

Anda bisa memulai olahraga dengan menguatkan otot-otot inti, termasuk perut, pinggul, dan punggung bagian bawah, dapat membantu mempertahankan postur yang baik. Latihan seperti sit-up, plank, dan bridge dapat membantu menguatkan otot-otot ini.

Panduan latihan ini perlu dilakukan secara bertahap mulai dari durasi hingga repitisi yang seimbang dan berkembang.

2. Pilates

Pilates berfokus pada pengembangan otot inti (perut, pinggul, punggung bagian bawah), yang membantu memperbaiki dukungan tulang belakang dan postur. Latihan Pilates juga melibatkan peregangan dan gerakan yang membantu meningkatkan fleksibilitas.

3. Berenang

Berenang merupakan olahraga yang melibatkan banyak otot tubuh, termasuk otot-otot punggung dan perut. Renang dapat membantu memperkuat otot-otot yang mendukung tulang belakang dan mempromosikan postur yang baik.

4. Variasi Yoga

Yoga melibatkan kombinasi peregangan, pernapasan, dan gerakan yang dapat meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan kesadaran tubuh.

Beberapa pose yoga juga dirancang untuk membantu memperbaiki postur dan meningkatkan posisi tulang belakang.

5. Latihan Punggung dan Bahu

Latihan khusus yang menguatkan otot-otot punggung, bahu, dan leher dapat membantu mencegah bungkuk dan ketegangan pada area tersebut.

6. Jalan kaki atau berlari

Berjalan atau berlari dengan postur yang benar dapat membantu memperkuat otot-otot punggung dan perut, serta memperbaiki postur tubuh secara keseluruhan.

Tak hanya olahraga, pastikan Anda perlu memperbaiki kesadaran akan postur saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Anda memiliki masalah postur yang serius atau ingin memulai program latihan untuk memperbaiki postur, berkonsultasilah dengan dokter spesialis.

Demikian panduan mudah bagi Anda yang ingin mencoba olahraga untuk memperbaiki postur tubuh dengan bertahap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

×