kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

6 Tindakan Saat Terjadi Fenomena Fajar, Penderita Diabetes Wajib Baca!


Kamis, 15 Februari 2024 / 08:09 WIB
6 Tindakan Saat Terjadi Fenomena Fajar, Penderita Diabetes Wajib Baca!
ILUSTRASI. Terkadang, seseorang mengalami lonjakan gula darah pada pagi hari. Ini disebut fenomena fajar atau efek fajar. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Terkadang, seseorang mengalami lonjakan gula darah pada pagi hari. Ini disebut fenomena fajar atau efek fajar. Biasanya terjadi antara pukul 02.00 dan 08.00 pagi.

Mengapa gula darah tinggi pada pagi hari?

Melansir WebMD, umumnya, perubahan hormonal normal yang dilakukan tubuh Anda di pagi hari akan meningkatkan gula darah Anda. Itu terlepas apakah Anda menderita diabetes atau tidak. 

Jika tidak, tubuh Anda hanya membuat lebih banyak insulin untuk menyeimbangkan semuanya. Anda bahkan tidak menyadari bahwa itu terjadi.

Tetapi jika Anda memiliki diabetes, itu berbeda. Karena tubuh Anda tidak merespon insulin sama seperti kebanyakan orang, pembacaan gula darah puasa Anda bisa naik, bahkan jika Anda menjalani diet ketat.

Peningkatan gula adalah cara tubuh untuk memastikan Anda memiliki energi yang cukup untuk bangun dan memulai hari. Jika Anda menderita diabetes, tubuh Anda mungkin tidak memiliki cukup insulin untuk melawan hormon-hormon ini. 

Baca Juga: Tanpa Obat! Begini 13 Cara Turunkan Gula Darah Tinggi yang Sebabkan Diabetes

Hal itu mengganggu keseimbangan yang Anda pertahankan dengan susah payah, dan pembacaan gula Anda bisa terlalu tinggi di pagi hari.

Efek dari fenomena fajar dapat bervariasi dari orang ke orang, bahkan dari hari ke hari.

Beberapa peneliti percaya pelepasan alami semalam dari apa yang disebut hormon kontra-pengaturan - seperti hormon pertumbuhan, kortisol, glukagon dan epinefrin - membuat resistensi insulin Anda lebih kuat. Hal ini akan membuat gula darah Anda naik.

Berikut beberapa alasan mengapa seseorang memiliki gula darah tinggi di pagi hari:

  • Anda tidak memiliki cukup insulin pada malam sebelumnya.
  • Anda minum terlalu banyak atau terlalu sedikit obat.
  • Anda makan camilan yang salah sebelum tidur.

Baca Juga: Simak 7 Manfaat Apel Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Apa yang harus dilakukan jika terjadi fenomena fajar

Jika fenomena fajar mempengaruhi Anda, cobalah untuk:

  1. Makan malam lebih awal di malam hari.
  2. Lakukan sesuatu yang aktif setelah makan malam, seperti berjalan-jalan.
  3. Tanyakan kepada penyedia layanan kesehatan Anda tentang obat yang Anda minum.
  4. Makan sarapan. Ini membantu membawa gula darah Anda kembali normal, yang memberi tahu tubuh Anda bahwa sudah waktunya untuk mengendalikan hormon anti-insulin.
  5. Makan camilan dengan beberapa karbohidrat dan protein sebelum tidur.
  6. Anda juga sebaiknya menghindari semua minuman yang dimaniskan dengan gula, seperti soda, fruit punch, minuman buah, dan teh manis. 

Efek Somogyi

Mengutip my.clevelandclinic.org, kemungkinan lain yang menjadi penyebab mengapa kadar gula darah tinggi di pagi hari adalah efek Somogyi, kadang-kadang juga disebut hiperglikemia rebound. Itu dinamai dokter yang pertama kali menulis tentang hal itu.

Jika gula darah Anda turun terlalu rendah di tengah malam saat Anda tidur, tubuh Anda akan melepaskan hormon dalam upaya untuk "menyelamatkan" Anda dari gula darah rendah yang berbahaya. 

Hormon melakukan ini dengan mendorong hati Anda untuk melepaskan glukosa yang tersimpan dalam jumlah yang lebih besar dari biasanya. Tetapi sistem ini tidak sempurna pada penderita diabetes, sehingga hati melepaskan lebih banyak gula dari yang dibutuhkan yang menyebabkan kadar gula darah tinggi di pagi hari. Inilah yang dinamakan adalah efek Somogyi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

×