kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

7 Langkah yang Kudu Dilakukan Agar Kaya Raya, Saran Jitu dari Robert Kiyosaki


Kamis, 29 Februari 2024 / 08:15 WIB
7 Langkah yang Kudu Dilakukan Agar Kaya Raya, Saran Jitu dari Robert Kiyosaki
ILUSTRASI. Menurut Robert Kiyosaki, sebelum Anda dapat mulai mewujudkan tujuan finansial, Anda memerlukan struktur pendukung. Apa saja?

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Tahukah Anda bahwa hanya diperlukan tujuh langkah untuk mencapai tujuan finansial Anda? 

Pakar keuangan pribadi Robert Kiyosaki baru-baru ini menguraikan ketujuh langkah tersebut dalam sebuah artikel di blog Rich Dad miliknya.

Menurut Kiyosaki, sebelum Anda dapat mulai mewujudkan tujuan finansial, Anda memerlukan struktur pendukung yang terdiri dari teman, pakar keuangan, broker, mentor, dan guru. Mereka  harus menemani Anda dalam perjalanan ini. 

Anda juga harus jujur pada diri sendiri dan siapa diri Anda, membuat rencana yang sesuai dengan Anda dan nilai-nilai Anda serta menentukan “alasan” Anda.

Alasan ini juga tidak harus hanya sekedar menghasilkan banyak uang. Faktor “Mengapa” juga harus menjadi alasan untuk mengejar impian Anda. 

Berikut tujuh langkah dari Kiyosaki agar Anda berhasil mencapai tujuan finansial:

1. Ketahui Tujuan Anda

Tujuan apa yang ingin Anda capai? Seperti apa kehidupan impian Anda? Apa yang Anda butuhkan untuk sampai ke sana? 

Kiyosaki merekomendasikan untuk membuat pernyataan yang besar dan berani tentang tujuan keuangan yang Anda tetapkan untuk diri Anda sendiri.

Baca Juga: Robert Kiyosaki Ungkap Formula Rahasia untuk Jadi Miliarder

2. Membuat Rencana

Setelah Anda mengetahui tujuan akhir Anda, Kiyosaki mengatakan langkah selanjutnya adalah membuat rencana. Rencana ini harus selalu ditulis, dibagikan kepada teman atau mentor sehingga mereka dapat membantu Anda tetap bertanggung jawab, dan dapat direvisi sesuai kebutuhan.

3. Pecahkan Tujuan Besar Menjadi Tujuan yang Lebih Kecil

Beberapa tujuan finansial Anda mungkin menakutkan, terutama jika Anda belum pernah menetapkannya sebelumnya. Cara terbaik untuk mempersiapkan diri Anda menuju kesuksesan adalah dengan mengambil tujuan besar ini dan memecahnya menjadi tujuan-tujuan yang lebih kecil.

Sasaran-sasaran yang lebih kecil ini seharusnya lebih mudah dikelola dan dicapai. Misalnya, jika tujuan besar Anda adalah melunasi hutang pinjaman KPR Anda, beberapa tujuan kecil Anda mungkin termasuk berupaya melunasi pinjaman dengan menggunakan metode debt snowball atau debt avalanche. 

Saat Anda mencapai setiap tujuan yang lebih kecil, Anda dapat mencoretnya dari daftar dan merasa puas mengetahui bahwa Anda sedang dalam perjalanan untuk mencapai tujuan besar Anda.

Baca Juga: Ini Tiga Jenis Belanja yang Dihindari Orang Kaya

4. Selesaikan Satu Tugas Berorientasi Tujuan Setiap Hari

Setelah mengambil tujuan besar dan memecahnya menjadi tujuan-tujuan kecil, inilah waktunya untuk mencapai masing-masing tujuan kecil tersebut. 

Kiyosaki merekomendasikan untuk menyelesaikan satu tugas setiap hari yang dapat menggerakkan Anda untuk mencapai tujuan akhir Anda.

5. Tetap Terorganisir

Gunakan serangkaian alat, termasuk alat fisik seperti buku catatan dan alat elektronik seperti aplikasi, untuk menyetel pengingat, menyimpan tanggal penting, dan menjaga diri Anda tetap teratur.

6. Tingkatkan Kecerdasan Finansial Anda

Setiap hari, Kiyosaki merekomendasikan untuk menemukan cara baru untuk belajar dan meningkatkan kecerdasan finansial Anda. Saat Anda terus mempelajari konsep dan ide baru, terutama yang berkaitan dengan pencapaian tujuan besar Anda, Anda akan melanjutkan perjalanan dengan perasaan terinspirasi dan termotivasi.

Baca Juga: Robert Kiyosaki: Beli Bitcoin Sekarang, Sebelum Pasar Ambruk

7. Bangun Tim dan Jaringan Anda

Saat Anda berupaya mencapai tujuan Anda, Anda pasti ingin memastikan bahwa Anda memiliki tim kuat yang terdiri dari individu-individu yang berpikiran sama yang mendukung Anda.

Berhati-hatilah dengan orang-orang yang menjadi bagian dari tim dan jaringan Anda. Anda dapat berinteraksi dengan banyak orang, namun Kiyosaki merekomendasikan untuk menjaga segelintir orang terdekat Anda yang memiliki dampak positif terbesar pada pemikiran dan keputusan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

×