kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

7 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan, Sumber Vitamin C


Jumat, 08 Maret 2024 / 17:38 WIB
7 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan, Sumber Vitamin C
ILUSTRASI. Jeruk nipis

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Jeruk Nipis  - Manfaat jeruk nipis bagi kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang menarik diketahui. Namun, cara mengkonsumsi jeruk nipis juga perlu diperhatikan untuk bisa memaksimalkan manfaat buah tersebut.

Jeruk nipis (Citrus aurantiifolia) adalah salah satu jenis buah jeruk yang dikenal karena kandungan vitamin C yang tinggi dan rasa asamnya yang segar. 

Selain digunakan sebagai bumbu dapur dan penambah rasa dalam masakan, jeruk nipis juga telah lama diakui sebagai sumber manfaat kesehatan yang luar biasa.

Baca Juga: Apa Manfaat Minyak Kemiri Untuk Kesehatan? Jangan Lewatkan!

Melansir dari WebMD, Jeruk nipis mengandung antioksidan yang terbukti membantu mengurangi peradangan dan bahkan membantu mencegah penyakit kronis tertentu. Tingginya kadar vitamin C yang terdapat pada jeruk nipis dapat membantu melindungi Anda dari infeksi dan mempercepat proses penyembuhan tubuh.

Berikut beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan di antaranya:

Sumber Vitamin C

Jeruk nipis adalah sumber yang kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas dan kerusakan sel. Vitamin C juga diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan, termasuk kulit, tulang, dan gigi. Konsumsi jeruk nipis secara teratur dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Baca Juga: Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi, Coba 8 Hal Ini

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C dalam jeruk nipis meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan komponen penting dari sistem kekebalan tubuh. Ini membantu tubuh dalam melawan infeksi dan penyakit. Jeruk nipis juga mengandung senyawa antibakteri yang dapat membantu melawan infeksi bakteri.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Konsumsi jeruk nipis dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Serat dan senyawa antioksidan dalam jeruk nipis membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung kalium, yang mendukung kesehatan jantung dengan mengatur tekanan darah.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Jeruk nipis adalah makanan rendah kalori dan mengandung serat yang dapat membantu merasa kenyang lebih lama. Hal ini bisa membantu dalam pengendalian nafsu makan dan berkontribusi pada penurunan berat badan yang sehat.

Baca Juga: 6 Manfaat Lengkuas Bagi Kesehata Jika Dikonsumsi Dengan Benar

Meningkatkan Pencernaan

Serat dalam jeruk nipis mendukung pencernaan yang sehat dengan mencegah sembelit dan meningkatkan gerakan usus. Selain itu, jeruk nipis juga memiliki sifat pencahar alami yang membantu membersihkan usus.

Menyehatkan Kulit

Vitamin C dalam jeruk nipis penting untuk produksi kolagen, yang diperlukan untuk kulit yang sehat dan bercahaya. Jeruk nipis juga memiliki sifat antiperadangan dan antioksidan, yang dapat membantu mengurangi peradangan kulit dan mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan bintik hitam.

Menurunkan Risiko Kanker

Senyawa antioksidan dalam jeruk nipis dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang dapat menyebabkan perkembangan kanker. Vitamin C juga telah terkait dengan penurunan risiko kanker tertentu, seperti kanker usus besar.

Baca Juga: Apa Manfaat Buah Stroberi Bagi Kesehatan? Ada 10 Hal Unik

Mendukung Kesehatan Mata

Vitamin C dan senyawa antioksidan dalam jeruk nipis juga membantu melindungi mata dari radikal bebas yang dapat merusak jaringan mata. Konsumsi jeruk nipis secara teratur dapat mendukung kesehatan mata.

Penting untuk diingat bahwa meskipun jeruk nipis memiliki banyak manfaat kesehatan, konsumsinya harus dilakukan dalam jumlah yang wajar. Jeruk nipis yang berlebihan dapat merusak enamel gigi karena tingkat asamnya yang tinggi. Jadi, konsumsilah jeruk nipis secara bijak sebagai bagian dari pola makan seimbang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×