kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

7 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan, Bisa Bikin Tambah Cantik


Kamis, 07 Desember 2023 / 03:43 WIB
7 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan, Bisa Bikin Tambah Cantik
ILUSTRASI. Manfaat kunyit putih bisa berdampak untuk kesehatan tubuh.

Reporter: Belladina Biananda | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sama seperti kunyit yang biasa Anda temukan, kunyit putih memiliki banyak kegunaan yang bisa dirasakan oleh tubuh. Manfaat kunyit putih muncul dari kandungan-kandungan yang ada di dalamnya. Dengan mengonsumsi kunyit putih secara rutin, kesehatan tubuh Anda akan terjaga.

Memperbaiki Sistem Pencernaan

Apakah Anda sering mengalami masalah pada sistem pencernaan? Jika iya, mengonsumsi kunyit putih adalah jawabannya. Tak hanya meningkatkan cita rasa masakan, bahan alami ini juga mampu mengobati kendala-kendala di saluran pencernaan tubuh manusia.

Mengutip dari Metrokerala.com, ada banyak gangguan pencernaan yang bisa diatasi oleh kunyit putih. Mulai dari susah buang air besar atau sembelit hingga perut yang sedang terasa kembung. Anda bisa mengolahnya dalam bentuk makanan atau meminumnya dalam bentuk teh.

Meredakan Peradangan

Manfaat kunyit putih untuk kesehatan selanjutnya adalah peradangan bisa diredakan oleh jenis rempah ini. Ada beberapa jenis antiinflamasi dalam kunyit putih sehingga fungsi tersebut bisa Anda rasakan.

Baca Juga: Air rebusan temu putih bermanfaat sebagai obat herbal asam lambung

Bagi penderita artritis, kunyit putih bisa Anda jadikan obat alami alternatif. Selain mengobati peradangan dalam tubuh, kunyit putih juga mampu mengobati luka dan jenis penyakit kulit lainnya.

Mengandung Banyak Antioksidan

Tak hanya kaya akan antiinflamasi, Metrokerala.com mengatakan bahwa kunyit putih juga mengandung banyak antioksidan. Artinya, pertumbuhan dan perkembangan radikal bebas dalam tubuh bisa dicegah.

Jika dibiarkan, radikal bebas dalam tubuh bisa mengganggu kesehatan. Tak hanya itu, kandungan lain dalam kunyit putih yang bermanfaat adalah curcumin. Kandungan tersebut berperan sebagai antialergen sehingga produksi zat kimia dari reaksi alergi bisa dicegah.

Baca Juga: Awas! Mengonsumsi kunyit secara berlebihan berdampak buruk untuk kesehatan tubuh Anda

Mengatasi Masalah Sistem Pernapasan

Salah satu masalah sistem pernapasan yang biasa dialami oleh banyak orang adalah produksi dahak dan lendir dalam paru-paru. Hasilnya, saluran pernapasan bisa terganggu. Jika tak segera diobati, kondisi tersebut mampu mengakibatkan masalah kesehatan yang lebih parah.

Manfaat kunyit putih adalah mencegah produksi dahak atau lendir yang terlalu banyak. Dengan mengonsumsi bahan alami ini, masalah pada sistem pernapasan Anda bisa dihindari. Cobalah untuk mengonsumsi kunyit putih dalam bentuk minuman hangat agar saluran pernapasan Anda terasa lega.

Mencegah kanker

Mengutip Kemkes.go.id, kunyit putih berguna sebagai pencegahan primer maupun terapi herbal penyakit kanker.

Hal ini sempat menjadi penelitian sejumlah dosen Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada (UGM) mengenai manfaat kunyit putih.

Dalam penelitian manfaat kunyit putih sebagai pengobatan penyakit kanker, ada sejumlah penemuan.

Ekstrak kunyit putih yang kemudian dimasukkan ke dalam kapsul, dikonsumsi sesuai dosis yang telah disesuaikan dengan diagnosa kanker yang diderita.

Sementara itu, untuk terapi pengobatan penyakit kanker, tidak bisa menggunakan tanaman kunyit putih sembarangan.

Saat masih dalam tahap penanaman, tanaman kunyit putih haruslah bebas dari peptisida, selain itu saat diolah menjadi kapsul haruslah bebas dari bahan pengawet dan monosodium glutamat.

Baca Juga: 4 Ramuan Herbal untuk Atasi Asam Urat, Salah Satunya Paduan Nanas & Jahe

Berkhasiat bagi kecantikan 

Tanaman herbal ini juga memiliki banyak kandungan nutrisi dan vitamin.

Pati pada serbuk alami kunyit putih dapat digunakan sebagai masker untuk membantu memiliki wajah nampak lebih segar dan cerah.

Namun, perlu dicatat kunyit putih sedikit berbahaya bagi yang memiliki kulit sensitif karena penggunaan pada kulit secara terus-menerus dapat mengiritasi kulit.

Berkhasiat bagi kesuburan wanita

Selain bagi kecantikan, kunyit putih dapat digunakan untuk mengobati keluhan wanita, seperti keputihan, meredakan nyeri saat haid, dan memperlancar haid.

Dalam hal ini, ada catatan bahwa ibu hamil dan menyusui juga perlu menghindari penggunaan kunyit putih secara langsung (dimakan). 

Baca Juga: Kewalahan Terserang Batuk Kering, Cobalah 5 Cara untuk Meredakan

Hal ini, karena kandungan zat dalam kunyit putih tersebut dapat membahayakan janin hingga menyebabkan keguguran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

×