kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

7 Rahasia Robert Kiyosaki dalam Mencetak Uang


Senin, 11 Desember 2023 / 06:28 WIB
7 Rahasia Robert Kiyosaki dalam Mencetak Uang
ILUSTRASI. 7 rahasia mencetak uang dari Robert Kiyosaki yang akan memicu Anda untuk memperbaiki finansial Anda di masa depan.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Ada hal-hal tertentu yang dapat dilakukan untuk mencapai keuntungan bisnis. Salah satunya dengan mempelajari kunci sukses dari salah satu pengusaha terhebat di dunia. 

Robert Kiyosaki, salah satunya. Dia berhasil mengumpulkan kekayaan lebih dari US$ 100 juta sepanjang kariernya. Tak perlu dikatakan, pembicara, pengusaha, investor dan penulis populer adalah ahli dalam segala hal keuangan. Dan bukunya yang paling terkenal Rich Dad, Poor Dad membuatnya terkenal di dunia.

Robert Kiyosaki, seorang pengusaha sukses tidak hanya mencapai kesuksesan finansial tetapi juga menginspirasi ribuan orang lain untuk melakukan hal yang sama. Dia membagikan rahasianya tentang apa yang diperlukan untuk mencapai kemandirian finansial.

Melansir Medium.com dan Actioncoach.au, berikut adalah 7 rahasia mencetak uang dari Robert Kiyosaki yang akan memicu Anda untuk mengambil tindakan dalam memperbaiki finansial Anda di masa depan:

 

1. Menjadi Pintar Secara Finansial

Tidak ada yang akan peduli dengan keuangan Anda sebanyak Anda sendiri. Jadi mengapa tidak mendidik diri sendiri untuk memaksimalkan penghasilan Anda?

Kebanyakan orang hidup dengan gagasan bahwa mereka tidak perlu menjadi ahli dalam mengelola uang mereka karena mereka dapat mempekerjakan orang lain untuk mengelolanya bagi mereka.

Ini merupakan kesalahan besar.

Meskipun ada waktu dan tempat untuk mempekerjakan ahli keuangan, Andalah yang akan membuat semua keputusan, bukan mereka. Plus, Jika Anda tidak dapat berbicara tentang "jargon" keuangan, orang lain akan mudah memanfaatkan Anda. Biasakan untuk terus belajar tentang topik keuangan.

Baca buku keuangan, ikuti kursus keuangan, dan kelilingi diri Anda dengan pakar keuangan yang dapat Anda pelajari. Buka pikiran Anda pada strategi investasi baru dan berbagai cara untuk meningkatkan penghasilan Anda.

Baca Juga: Robert Kiyosaki Sebut Menabung Itu Tidak Aman, Ini Penjelasannya

2. Ambil Risiko yang Diperhitungkan Saat Sebagian Besar Takut

Mulailah percaya pada hal yang mustahil.

Thomas Edison gagal 1000 kali sebelum menemukan bola lampu. Tanpa risiko, pengetahuan, dan keyakinan Edison tidak akan membuat penemuan yang mengubah hidup ini. Baik itu memulai bisnis Anda sendiri atau melakukan investasi yang dianggap berisiko oleh kebanyakan orang, Anda harus mengambil risiko untuk mencapai kemandirian finansial.

Menurut penelitian, dua per tiga bisnis kecil akan gagal dalam 2 tahun pertama. Terlepas dari hasil ini, memulai bisnis tetap sepadan dengan usaha. 

Apakah Anda lebih suka gagal berkali-kali sebelum membangun bisnis yang menguntungkan atau bekerja untuk orang lain dengan kemungkinan pekerjaan Anda suatu hari akan hilang?

Tidak semua orang ingin memulai bisnis, tetapi mereka harus berpikir sebagai pengusaha. Diversifikasi aliran pendapatan Anda.

Dalam hal uang, jangan pernah membuat keputusan berdasarkan emosi Anda. Sebaliknya, gunakan emosi Anda untuk mendorong motivasi Anda mencapai kemandirian finansial.

Jangan salah menghitung risiko dengan spekulasi.

Baca Juga: Peringatan Robert Kiyosaki: Masa Depresi Bakal Segera Datang!

3. Berinvestasi Besar Pada Diri Anda Sendiri

Jika Anda ingin mencapai kemandirian finansial, Anda perlu melakukan beberapa jenis investasi.

Dari semua investasi berbeda yang dapat Anda lakukan, Anda adalah investasi terbaik Anda.

Mengapa?

Karena semakin banyak Anda belajar, semakin baik keputusan keuangan yang dapat Anda buat.

Mulailah dengan membaca blog keuangan pribadi teratas. Seperti disebutkan sebelumnya, buku adalah cara yang bagus untuk menjadi lebih berpengetahuan di bidang apa pun.

Bill Gates, salah satu orang terkaya di dunia mengklaim membaca 50 buku per tahun.

Menjadi ahli dalam topik apa pun bisa memakan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk dikuasai. 

Alih-alih hanya membaca konten, sewalah seorang pelatih. Pelatih adalah sumber yang bagus untuk dimiliki karena mereka akan mempercepat laju Anda mempelajari keterampilan baru. 

Pelatih dapat membantu Anda menghindari kesalahan yang akan menunda Anda berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun dalam proses mencapai kemandirian finansial.

Mulailah berinvestasi pada diri Anda sendiri untuk meningkatkan kemampuan menghasilkan pendapatan Anda.

4. Temukan Tujuan Anda Untuk Sukses

Kapan terakhir kali Anda bertanya pada diri sendiri apakah Anda menuju ke arah yang benar dalam mencapai tujuan Anda?

Jika Anda tidak tahu apa yang ingin Anda capai dalam hidup, kemungkinan besar Anda akan menjalani kehidupan "rata-rata". Kesuksesan finansial sebagian adalah tentang mencapai keamanan finansial, tetapi yang lebih penting tentang menjalani kehidupan yang memuaskan.

Tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut:

- Seperti apa gaya hidup ideal saya?
- Berapa banyak uang yang saya perlukan untuk menjadi mandiri secara finansial?
- Keterampilan apa yang saya miliki yang akan membantu saya mencapai kesuksesan finansial?

Kebanyakan orang mengembara melalui hidup mereka hidup tanpa tujuan. Ini adalah alasan besar mengapa mereka akhirnya berhenti dari tujuan keuangan mereka atau akhirnya menjalani kehidupan yang tidak terpenuhi.

Kualitas hidup Anda dapat ditentukan oleh kualitas jawaban Anda.

Berhentilah menjalani hidup Anda tanpa tujuan dan menyuntikkan makna ke dalam kesuksesan finansial.

Baca Juga: Robert Kiyosaki Bocorkan Alasan Mengapa Dirinya Cinta Berat Bitcoin

5. Membayar Diri Sendiri Secara Instan

Saat ini, ketika Anda dibayar, Anda membayar semua tagihan Anda dan membayar diri Anda sendiri terakhir.

Anda sibuk membayar orang lain dengan harapan Anda akan memiliki cukup uang tersisa untuk diri Anda sendiri. Mulailah membayar diri Anda terlebih dahulu dan bayar orang lain nanti.

Baca Juga: Robert Kiyosaki Peringatkan tentang Kehancuran Pasar Finansial Global, Ini Katanya

Membayar diri Anda terlebih dahulu tidak berarti Anda akan melupakan tagihan Anda. Faktanya, tujuan Anda adalah menghilangkannya sehingga Anda dapat memasukkan lebih banyak uang ke dalam saku Anda.

Lain kali, saat Anda menerima gaji, bayar diri Anda terlebih dahulu dengan melakukan hal berikut:

- Siapkan transfer tabungan otomatis yang terjadi setiap gaji masuk untuk mendanai tujuan Anda.
- Fokus membayar utang Anda dari yang terkecil hingga terbesar.

Tujuan keuangan Anda adalah prioritas. Berhenti menempatkan mereka di urutan kedua.

6. Diversifikasi Keterampilan Anda

Apakah Anda bekerja untuk perusahaan atau diri Anda sendiri, penting bagi Anda untuk terus meningkatkan keterampilan Anda.

Lihat setiap pengalaman kerja sebagai kesempatan belajar. Sering kali orang tersesat bekerja dalam karier yang bergaji tinggi tetapi membuat mereka merasa sengsara.

Hindari ini dengan memahami di mana Anda melihat diri Anda dalam beberapa tahun mendatang.

Berikut adalah beberapa pertanyaan untuk diri sendiri:

- Keterampilan apa yang saya butuhkan untuk mencapai tujuan keuangan saya?
- Kualitas apa yang penting dalam pekerjaan yang akan membuat saya merasa puas?
- Jenis peran apa yang ingin saya kerjakan atau cukup ingin tahu untuk mempelajari lebih lanjut?

Ikuti kursus, dan tantang diri Anda untuk terus mengadopsi keahlian baru.

Baca Juga: Cara Mudah Menjadi Kaya Raya seperti Robert Kiyosaki, Mau Coba?

7. Mengetahui Tidak Semua Utang Itu Buruk

Menurut Kiyosaki, utang baik bisa membuat Anda kaya. Orang sering memandang utang sebagai hal yang buruk, tetapi tidak semua utang itu buruk seperti yang sering dikatakan oleh investor terkenal. 

Anda dapat mengembangkan strategi untuk membuat utang menguntungkan Anda. Namun untuk melakukan itu, pertama-tama Anda perlu memahami apa yang membedakan utang baik dari utang buruk.

Kiyosaki mengklasifikasikan hutang baik sebagai sesuatu yang dapat Anda gunakan untuk menghasilkan pendapatan. Itu sebabnya hipotek yang digunakan untuk membeli properti investasi yang menghasilkan pendapatan adalah utang lancar. Ini dengan asumsi, tentu saja, Anda dapat menutupi hipotek melalui sewa.

Utang buruk adalah utang yang membuat Anda bekerja ekstra untuk menutupi suku bunga. Ini adalah jenis utang yang Anda buat saat Anda membelanjakan uang terlalu banyak untuk kartu kredit Anda. 

Kiyosaki menganggap hipotek sebagai hutang buruk ketika tidak menghasilkan pendapatan. Jika Anda memiliki hutang buruk, Anda harus memprioritaskan melunasinya. Belajarlah dari kesalahan Anda dan hindari berada di posisi yang sama lagi.

Selanjutnya: Detail Ganjil Genap Jakarta Hari Ini, Salah Jalan Tilang Mengadang

Menarik Dibaca: Isu Mental Health dan Konflik Persahabatan Warnai Serial Bad Boys vs Crazy Girls

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

×