kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.461.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.130   40,00   0,26%
  • IDX 7.697   -47,60   -0,61%
  • KOMPAS100 1.196   -13,16   -1,09%
  • LQ45 960   -10,60   -1,09%
  • ISSI 231   -1,75   -0,75%
  • IDX30 493   -3,97   -0,80%
  • IDXHIDIV20 592   -5,69   -0,95%
  • IDX80 136   -1,30   -0,95%
  • IDXV30 143   0,32   0,23%
  • IDXQ30 164   -1,28   -0,77%
AKTUAL /

7 Tanda Kotoran Telinga Harus Dibersihkan ke Dokter, Waspada Gangguan Pendengaran


Senin, 15 Januari 2024 / 16:15 WIB
7 Tanda Kotoran Telinga Harus Dibersihkan ke Dokter, Waspada Gangguan Pendengaran
ILUSTRASI. Tanda Kotoran Telinga Harus Dibersihkan ke Dokter, Waspada Gangguan Pendengaran

Penulis: Bimo Kresnomurti

Tanda Kotoran Telinga Harus Dibersihkan ke Dokter - JAKARTA. Pahami tanda kotoran telinga harus dibersihkan ke dokter. Kondisi telinga yang tidak nyaman setiap harinya bisa menjadi sinyal bahwa terdapat penumpukan kotoran.

Penyumbatan kotoran telinga terjadi ketika kotoran telinga (cerumen) menumpuk di telinga atau menjadi terlalu sulit untuk dibersihkan secara alami.

Kotoran telinga merupakan bagian alami dan bermanfaat dari pertahanan tubuh Anda. Ini membersihkan, melapisi dan melindungi saluran telinga Anda dengan menjebak kotoran dan memperlambat pertumbuhan bakteri.

Saat penyumbatan kotoran telinga menjadi masalah, penyedia layanan kesehatan Anda dapat mengambil langkah sederhana untuk menghilangkan kotoran dengan aman.

Baca Juga: 7 Penyebab Kepala Pusing setelah Makan dan Cara Mengatasinya

Kapan harus ke dokter THT?

Ilustrasi kesehatan anak - telinga anak

Jika Anda mengalami tanda-tanda atau gejala masalah telinga dan perasaan perlu membersihkan telinga, penting untuk diingat bahwa membersihkan telinga sendiri dapat berisiko.

Telinga manusia memiliki cara alami membersihkan diri dengan memproduksi lilin telinga (cerumen) yang membantu menjaga kebersihan dan menjauhkan debu serta kotoran.

Namun, jika Anda mengalami salah satu dari tanda-tanda berikut, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter THT (Telinga, Hidung, dan Tenggorokan).

Simak beberapa tanda telinga harus dibersihkan ke dokter THT dengan segera dilansir dair laman Mayo Clinic.

Baca Juga: 9 Penyebab Sering Sakit Kepala dan Obat Alami untuk Meredakannya

1. Nyeri yang Berkepanjangan

Jika Anda mengalami nyeri di telinga dan itu berlangsung lebih dari beberapa hari, segera berkonsultasi dengan dokter. Nyeri bisa menjadi tanda adanya infeksi telinga atau masalah lain yang memerlukan perawatan medis.

2. Hilang Pendengaran

Saat Anda mengalami penurunan tiba-tiba dalam kemampuan mendengar, atau jika terjadi tumpul pada pendengaran, ini bisa menjadi tanda masalah di dalam telinga seperti sumbatan atau infeksi.

3. Pusing atau Keseimbangan Terganggu

Risiko membersihkan telinga sendiri menyebabkan pusing atau masalah keseimbangan, ini bisa menjadi tanda bahwa Anda telah menyentuh bagian sensitif dalam telinga dan perlu di evaluasi oleh dokter.

4. Terdapat Cairan atau Nanah

Bila Anda melihat adanya cairan atau nanah yang keluar dari bagian telinga, hal ini bisa menandakan infeksi telinga yang memerlukan perawatan.

5. Telinga Terasa Penuh atau Sumbatan

Jika Anda merasa telinga terasa penuh atau sumbatan, dan membersihkannya sendiri tidak memberikan perubahan, berkonsultasilah dengan dokter.

6. Tidak Nyaman Setelah Pembersihan Sendiri

Nah, Anda mencoba membersihkan telinga sendiri dan merasakan ketidaknyamanan, rasa sakit, atau perubahan dalam pendengaran, segera dapatkan bantuan medis.

7. Memiliki Riwayat Masalah Telinga Kronis

Bila Anda memiliki riwayat masalah telinga kronis atau sering merasa telinga tersumbat, sebaiknya konsultasikan dengan dokter THT untuk evaluasi lebih lanjut.

Dokter THT memiliki pengetahuan dan alat yang diperlukan untuk menilai dan mengatasi berbagai masalah telinga dengan aman.

Saluran telinga dan gendang telinga Anda halus dan mudah rusak. Jangan mencoba menghilangkan kotoran telinga sendiri dengan memasukkan apa pun ke dalam saluran telinga, seperti kapas, terutama jika Anda pernah menjalani operasi telinga, memiliki lubang (perforasi) di gendang telinga, atau mengalami sakit telinga atau drainase.

Penting untuk tidak menggunakan benda tajam atau benda asing lainnya untuk membersihkan telinga sendiri, karena dapat menyebabkan cedera atau memperburuk kondisi. Anda tidak perlu ragu untuk segera mencari bantuan medis saat Anda mengalami masalah telinga yang mencurigakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×