kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.010,87   12,58   1.26%
  • EMAS1.128.000 0,27%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

7 Vitamin Terbaik untuk Penderita Diabetes 1 & 2


Jumat, 08 Desember 2023 / 11:27 WIB
7 Vitamin Terbaik untuk Penderita Diabetes 1 & 2
ILUSTRASI. Penderita diabetes harus memastikan bahwa mereka mendapatkan vitamin secara teratur. Kontan/Alri kemas

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Orang yang hidup dengan diabetes memiliki persyaratan diet khusus. Akan tetapi, yang sering diabaikan adalah kebutuhan untuk melengkapi makanan dengan vitamin dan mineral.

Sayangnya, hanya ada sedikit bukti jika vitamin dan mineral tertentu memengaruhi diabetes seseorang.

Terlepas dari itu, ada nutrisi tertentu yang perlu diperhatikan oleh penderita diabetes, memastikan bahwa mereka mendapatkannya secara teratur. 

Vitamin hanya membantu orang melengkapi diet mereka, terutama jika mereka kesulitan makan cukup buah dan sayuran. 

Dan vitamin sangat penting untuk menjalani hidup sehat jika Anda memiliki kondisi kronis, seperti diabetes.

Artikel ini akan menguraikan vitamin apa yang direkomendasikan untuk penderita diabetes dan cara untuk memastikan pasien diabetes mendapatkannya secara teratur.

Vitamin terbaik untuk penderita diabetes 1 dan 2

Berikut adalah vitamin terbaik untuk penderita diabetes 1 dan 2 seperti yang dilansir dari diabetesstrong.com dan Medical News Today:

1. Vitamin D

Kekurangan vitamin D terkait dengan perkembangan diabetes, dan sebuah studi dari Denmark menunjukkan bahwa tingkat rendah vitamin D yang kronis pada penderita diabetes dapat menyebabkan peningkatan risiko komplikasi dan kematian.

Banyak penderita diabetes juga memiliki kadar vitamin D yang rendah, jadi pastikan untuk melengkapi makanan Anda dengan banyak kuning telur, hati, ikan, dan produk susu dengan tambahan nutrisi.

Paparan sinar matahari secara teratur (antara 10-30 menit sehari) juga dapat membantu Anda mencapai tingkat Vitamin D yang lebih tinggi.

2. Magnesium

Magnesium menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh, memperkuat tulang, mengatur detak jantung, serta membantu tubuh mencerna dan menggunakan nutrisi dari makanan yang kita makan setiap hari.

Nutrisi penting ini seringkali rendah pada penderita diabetes tipe 2. Tingkat magnesium yang rendah telah dikaitkan dengan resistensi insulin. Sementara, sebuah penelitian yang diterbitkan di Diabetes Care menemukan bahwa mengonsumsi vitamin secara teratur dapat menurunkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2.

Baca Juga: 8 Manfaat Lobak Untuk Kesehatan Tubuh Jika Rutin Dikonsumsi

Magnesium sering dikonsumsi dalam bentuk suplemen bersama dengan kalsium dan seng atau ditemukan dalam makanan seperti kacang-kacangan, beras, buncis, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, dan produk gandum.

3. Tiamin (b1)

Mereka yang menderita diabetes tipe 1 atau tipe 2 lebih cenderung memiliki kadar thiamin dalam darah yang lebih rendah dan biasanya menderita risiko kekurangan thiamin yang lebih tinggi daripada orang yang tidak menderita diabetes. Vitamin ini sangat membantu dalam menghilangkan rasa sakit neuropati.

Sumber utama thiamin termasuk daging sapi, babi, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang-kacangan, kembang kol, jeruk, telur, kentang, asparagus, dan kangkung.

Baca Juga: Nasi Putih Baik atau Buruk Dikonsumsi Penderita Diabetes?

4. Vitamin B12

Vitamin B12 sangat penting untuk kesehatan sel darah merah dan fungsi otak. Orang dengan diabetes yang menderita kerusakan saraf di tangan dan kaki mereka mungkin melihat gejalanya memburuk jika mereka kekurangan vitamin B12. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan obat diabetes Metformin dalam jangka panjang dapat menyebabkan kekurangan vitamin B12.

Sumber umum vitamin ini termasuk ikan, susu, telur, dan produk daging. Vitamin B12 juga bisa dikonsumsi secara oral, untuk vegetarian dan vegan.

Baca Juga: 9 Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan dan Wanita yang Jarang Diketahui

5. Vitamin E

Vitamin E melawan racun eksternal, meningkatkan kemanjuran insulin, dan mengoksigenasi darah. Mengonsumsi suplemen Vitamin E dapat membantu mencegah penuaan dini dan kerusakan sel, mengurangi kemungkinan berkembangnya diabetes tipe 2, dan membantu menjaga kadar gula darah yang baik pada penderita diabetes yang sudah ada.

Sumber Vitamin E yang sangat baik termasuk almond, biji bunga matahari, selai kacang, hazelnut, alpukat, dan salmon segar.

Baca Juga: Hipertensi Bisa Merusak Jantung, Ini 8 Kebiasaan yang Bikin Darah Tinggi Rontok

6. Vitamin C

Banyak penderita diabetes menderita kadar vitamin C yang rendah. Meningkatkan asupan Vitamin C membantu mengontrol kadar sorbitol dalam darah, yang dapat berbahaya pada tingkat tinggi dan dapat menyebabkan retinopati dan kerusakan ginjal, yang merupakan komplikasi umum dari diabetes.

Vitamin C juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu orang menurunkan gula darah dan meningkatkan kadar Hba1c mereka.

Vitamin C ditemukan dalam banyak buah dan sayuran seperti kiwi, paprika, tomat, jambu biji, tomatillo, ubi jalar, stroberi, dan bayam dan juga tersedia dalam bentuk suplemen.

7. Kayu manis

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2019 menunjukkan bahwa menambahkan kayu manis dapat menurunkan kadar glukosa darah puasa tetapi tidak memiliki efek signifikan pada kadar A1C, berat badan, kadar insulin, atau resistensi insulin. 

Dengan demikian, orang harus menginterpretasikan hasil dengan hati-hati dan terus menggunakan obat diabetes yang diresepkan oleh ahli kesehatan mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×