kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

8 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Kulit Wajah yang Jangan Diabaikan


Senin, 05 Februari 2024 / 12:19 WIB
8 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Kulit Wajah yang Jangan Diabaikan
ILUSTRASI. Manfaat Cuka Apel

Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Ada banyak manfaat cuka apel untuk kesehatan yang masih jarang diketahui oleh banyak orang. Padahal cuka apel memiliki banyak manfaat untuk wajah dan kesehatan. 

Manfaat cuka apel diperoleh dari kandungan asam asetat yang dapat meningkatkan enzim AMPK yang mampu mengoptimalkan proses metabolisme di dalam tubuh.

Cuka apel juga berguna untuk membersihkan kulit dan menurunkan berat badan. Lalu, apa saja manfaat cuka apel untuk kesehatan? 

Baca Juga: Periksa 7 Minuman Penurun Panas Demam untuk Anak hingga Orang Dewasa

Manfaat cuka apel 


Manfaat cuka apel untuk wajah

Dirangkum dari laman Everyday Health, berikut sejumlah manfaat cuka apel untuk kesehatan dan wajah: 

1. Manfaat cuka apel untuk wajah dan kulit 

Keasaman dalam cuka apel dapat membantu membersihkan kulit, mengobati jerawat, dan membantu meregenerasi kulit. Cuka apel juga dapat membantu mengatur tingkat pH pada kulit sehingga menjaganya tetap pada tingkat optimal kelembapan yang optimal. 

Keseimbangan PH yang tepat membantu memastikan lapisan terluar kulit tetap sehat. Cara menggunakannya cukup mudah yakni encerkan cuka apel dengan dicampur air.

Lalu, basahi kapas dengan cuka apel dan tepuk-tepuk ke area wajah dan kulit. Anda bisa melakukan uji tempel terlebih dahulu terutama jika Anda memiliki kulit sensitif. 

Caranya, oleskan cuka apel pada kulit dan tunggu selama 24 jam untuk memeriksa kemerahan, iritasi, atau kelembutan.

Baca Juga: 9 Minuman Terbaik yang Bisa Jadi Obat Efektif untuk Asam Lambung

2. Membantu menurunkan berat badan 

Manfaat cuka apel juga bisa membantu menurunkan berat badan. Menurut Harvard Health Publishing, asam asetat dalam cuka apel telah terbukti memperlancar proses metabolisme. 

Penelitian kecil melaporkan bahwa asam asetat dalam cuka apel membantu orang yang mengonsumsi roti tawar saat sarapan tetap kenyang lebih lama. 

Sebuah studi tahun 2022 menemukan empat dari enam penelitian jangka pendek menunjukkan bahwa cuka apel menekan nafsu makan. 

3. Membantu mengontrol gula darah 

Manfaat cuka apel juga bisa membantu mengontrol gula darah. Sebuah penelitian pada 2023 menemukan bahwa penderita diabetes tipe 2 yang mengonsumsi cuka apel selama delapan minggu memiliki kadar glukosa darah puasa dan kolesterol berbahaya yang lebih rendah.

Baca Juga: Ikuti Diet Mediterania, Ini 9 Bahan Makanan yang Wajib Ada!

4. Cuka apel bisa menghilangkan bau mulut

Sifat asam pada cuka apel dapat berfungsi sebagai agen pelawan bakteri alami yang mengatasi bau mulut. 

Caranya, campurkan setengah sendok makan cuka apel dengan satu sendok makan soda kue untuk membuat pasta. Lalu, gunakan untuk menyikat gigi. 

Campuran tersebut dapat membantu menghilangkan bakteri sekaligus menjaga enamel gigi tetap utuh. 

5. Meredakan gejala psoriasis

Manfaat cuka apel juga bisa meredakan gejala psoriasis. Psoriasis adalah peradangan pada kulit yang menyebabkan kulit bersisik, menebal, mudah terkelupas, dan terasa gatal. 

Cuka apel dapat membantu meredakan rasa gatal yang menganggu. Caranya, encerkan cuka apel dengan air kemudian oleskan ke bagian kulit yang kering menggunakan kapas.

Baca Juga: Wajib Tahu! 5 Obat Asam Urat Alami yang Bisa Dicoba di Rumah

6. Membantu menghilangkan jamur di jari kaki

Manfaat cuka apel telah lama digunakan untuk mengobati onikomikosis, alias jamur jari kaki. Onikomikosis adalah suatu kondisi umum yang mengubah warna dan menebalkan kuku kaki. 

Caranya, rendam jari kaki dengan campuran cuka apel dengan air sela,a 15 hingga 30 menit, dua kali sehari. Cuka apel bersifat asam sehingga menciptakan lingkungan yang tidak bersahabat bagi jamur tanpa merusak area sekitar kulit dan kuku. 

7. Menghilangkan ketombe 

Manfaat cuka apel juga bisa membantu menghilangkan ketombe. Cuka apel mengandung asam alfa hidroksi yang berfungsi mengelupas lapisan atas kulit untuk memperlihatkan kulit yang lebih halus dan lembut di bawahnya. 

Caranya, campur cuka apel dengan air dengan perbandingan satu banding empat. Lalu, oleskan pada kulit kepala dan diamkan selama 10 menit dan bilas hingga bersih.

Baca Juga: Banyak Lalat di Rumah? Usir Lalat Pakai 2 Perangkap yang Mudah Dibuat

8. Meringankan rasa sakit akibat Herpes Zoster

Cuka apel juga bisa membantu mengurangi rasa sakit akibat Herpes Zoster. Manfaat cuka apel juga bisa digunakan sebagai pengobatan rumahan untuk herpes zoster dan kondisi lain yang menyebabkan iritasi kulit, seperti gigitan serangga dan gatal-gatal. 

Demikian informasi mengenai manfaat cuka apel untuk kesehatan dan kulit yang sebaiknya jangan dilewatkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×