kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,25   4,56   0.46%
  • EMAS1.134.000 0,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

8 Minuman Selain Air Putih yang Bermanfaat Besar Bagi Kesehatan Tubuh


Senin, 29 Januari 2024 / 09:33 WIB
8 Minuman Selain Air Putih yang Bermanfaat Besar Bagi Kesehatan Tubuh
ILUSTRASI. Penelitian baru menunjukkan bahwa ada sejumlah minuman yang bisa memberikan manfaat kesehatan yang besar bagi tubuh.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Air putih tidak diragukan lagi, merupakan salah satu minuman sehat bagi tubuh. 

Penelitian yang tak terhitung jumlahnya telah membuktikan bahwa kekuatan air putih dapat membantu kita menurunkan berat badan, menghindari penyakit, bahkan dapat meningkatkan mood seseorang. 

Air putih adalah minuman yang aman untuk diminum ketika seseorang ingin menjaga tubuhnya tetap sehat.

Namun, menurut Felicia Stoler, RD, ahli diet dan ahli fisiologi olahraga di New York City, jika hanya air yang diminum, Anda mungkin kehilangan manfaat kesehatan dari minuman lain yang baik untuk Anda. 

“Jangan salah paham, minum banyak air adalah hal yang baik untuk semua orang. Namun, itu tidak memberi Anda antioksidan, fitonutrien, dan manfaat nutrisi spesifik lainnya,“ kata Stoler.

Itu berarti Anda harus mengonsumsi minuman sehat lainnya untuk melengkapi rencana hidrasi sehat Anda. 

Baca Juga: Apa Saja Kandungan Vitamin Kacang Hijau? Ini 11 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan

Mengutip Prevention dan Medicinenet.com, penelitian baru menunjukkan bahwa minuman berikut juga memberikan manfaat kesehatan yang besar bagi tubuh:

1. Teh hijau

Teh hijau memiliki manfaat untuk memperbaiki berbagai masalah kesehatan, seperti menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi, menstabilkan gula darah (penting untuk mengelola diabetes), bahkan menghancurkan sel kanker. Teh hijau juga dapat melindungi otak.

Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu memblokir pembentukan plak saraf yang terkait dengan penyakit Alzheimer sekaligus meningkatkan aktivitas di area otak yang bertanggung jawab untuk memori.

Baca Juga: Kenali 5 Obat Sinusitis Alami yang Bisa Dijadikan Alternatif

2. Air kelapa

Dari tahun 2007 hingga 2009, penjualan air kelapa melonjak dari US$ 4 juta menjadi lebih dari US$ 20 juta. Hal ini  menjadikan air kelapa sebagai salah satu minuman dengan pertumbuhan tercepat di AS. 

Salah satu alasan popularitasnya adalah penelitian yang menunjukkan bahwa minuman yang mengandung elektrolit ini memiliki kemampuan luar biasa untuk merehidrasi tubuh,terutama setelah berolahraga. 

Faktanya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Medicine & Science in Sports menemukan bahwa air kelapa dapat mengisi kembali cairan tubuh lebih baik daripada air putih.

Sebagai sumber yang kaya akan natrium, kalium, dan magnesium (elektrolit alami tubuh), air kelapa dapat memberikan efek menghidrasi dan memulihkan otot yang sama seperti minuman olahraga—tanpa gula. 

Baca Juga: Inilah Sayuran dan Buah Penurun Tensi Tinggi dan Gejala Penyakit Hipertensi

3. Susu

Ada banyak kontroversi seputar susu. Beberapa ahli nutrisi mengklaim, susu menawarkan beragam manfaat mulai dari penurunan berat badan hingga pencegahan kanker. Yang lain mengatakan bahwa konsumsi susu berkontribusi terhadap obesitas, kekurangan kalsium, kanker, dan penyakit lainnya. 

Namun, banyak penelitian mengaitkan susu dengan peningkatan kesehatan. Penelitian baru dari University of Kansas Medical Center menemukan bahwa meminum minuman berwarna putih meningkatkan kadar glutathione di otak, antioksidan kuat yang membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh molekul berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas.

Radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif, yang terkait dengan sejumlah kondisi, termasuk penyakit Alzheimer dan Parkinson. 

Baca Juga: Peringatan Bagi Penderita Diabetes, Cek Daftar Makanan yang Pantang Dikonsumsi

4. Teh mint

Mint bersifat antispasmodik, artinya dapat membantu mengendurkan otot dan mengurangi kekakuan dan nyeri. Mint juga membantu pencernaan dengan mendorong pergerakan makanan melalui saluran pencernaan.

Mint memiliki efek mendinginkan, jadi sangat cocok diminum untuk melawan panas. Anda bisa meminumnya dingin dicampur dengan jus lemon segar selama musim kemarau.

5. Kopi hitam

Kopi hitam adalah pilihan sehat lainnya jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Bila diminum di pagi hari, memberikan manfaat perlindungan dari penyakit jantung dan demensia.

Baca Juga: 10 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

6. Coklat panas

Susu coklat tanpa gula bisa menyehatkan bila dikonsumsi dalam jumlah sedang. Kakao meningkatkan produksi serotonin, yang membantu mengatur suasana hati dan mengurangi risiko depresi. Kakao juga kaya akan polifenol yang merupakan antioksidan alami.

Cokelat panas dapat dibuat dengan menambahkan sesendok bubuk kakao ke dalam susu bebas lemak, susu kedelai, susu almond, susu oat, dll.

Baca Juga: 10 Khasiat Bawang Merah Buat Tubuh, Bisa Turunkan Gula Darah Pasien Diabetes

7. Jus jeruk atau lemon

Jus jeruk atau lemon segar merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Ini adalah antioksidan kuat yang dapat melindungi dari berbagai penyakit, mengurangi risiko kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, dan memperbaiki pencernaan. 

Lebih baik minum jus segar daripada jus kemasan, yang dalam banyak kasus mengandung bahan pengawet dan tambahan gula.

8. Smoothie buatan sendiri

Smoothie buatan sendiri dapat dibuat dengan mencampurkan buah-buahan segar, sayuran, sayuran hijau, dan kacang-kacangan. 

Minuman smoothie mengandung banyak nutrisi dan bisa sangat mengenyangkan.

Selanjutnya: Mayoritas Banten Besok Diguyur Hujan Ringan hingga Sedang

Menarik Dibaca: Mayoritas Banten Besok Diguyur Hujan Ringan hingga Sedang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×