kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,40   8,81   0.99%
  • EMAS1.332.000 0,60%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

9 Pesan Investasi Oke Warren Buffett, Salah Satunya Prioritas Margin Keamanan


Sabtu, 30 Maret 2024 / 02:45 WIB
9 Pesan Investasi Oke Warren Buffett, Salah Satunya Prioritas Margin Keamanan
ILUSTRASI. Dapat dikatakan, Warren uffett adalah investor paling terkenal dan paling dihormati sepanjang masa. REUTERS/Kevin Lamarque

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

FILOSOFI INVESTASI WARREN BUFFETT - Dapat dikatakan, Warren Buffett adalah investor paling terkenal dan paling dihormati sepanjang masa. 

Buffett juga dikenal karena pesonanya yang sederhana dan kutipannya yang mengesankan tentang seni berinvestasi. 

Saat Anda memiliki tujuan untuk mencapai puncak gunung, akan lebih bijaksana untuk mengikuti jejak kaki orang-orang yang telah berhasil melakukan pendakian sebelumnya. 

Nah, demikian pula halnya dengan investasi. Merupakan hal yang bijak jika kita berpedoman pada investor-investor andal seperti halnya Warren Buffett. 

Melansir The Motley Fool dan GoBankingRates, berikut adalah beberapa prinsip investasi Buffett terpenting yang dapat Anda masukkan ke dalam strategi investasi Anda sendiri:

1. Cari margin keamanan

Memprioritaskan margin keamanan adalah landasan filosofi investasi Buffett. Secara sederhana, margin keamanan mengacu pada karakteristik investasi yang membantu melindungi investor dari kehilangan uang. 

Misalnya, jika saham diperdagangkan seharga US$ 10 per saham, tetapi aset perusahaan secara realistis bernilai US$ 12 per saham, maka ada margin keamanan senilai US$ 2. Nilai intrinsik aset harus mencegah harga saham perusahaan turun terlalu signifikan.

Tujuan Buffett adalah selalu membayar kurang dari nilai intrinsik perusahaan. Seperti yang dia katakan, "Harga beli yang terlalu tinggi untuk saham perusahaan yang sangat baik dapat membatalkan efek dari perkembangan bisnis yang menguntungkan selama satu dekade berikutnya."

Baca Juga: Menabung Uang Bukan Hal Terpenting dalam Hidup, Ini Kata Warren Buffett

2. Fokus pada kualitas

Warren Buffett tidak berinvestasi di perusahaan sampah. Anda biasanya tidak akan melihatnya membeli bisnis yang mengalami kesulitan, terlepas dari seberapa murahnya mereka. Salah satu kutipan terbaik Buffett yang dapat diserap oleh investor baru adalah, "Jauh lebih baik membeli perusahaan yang luar biasa dengan harga yang wajar daripada perusahaan yang biasa dengan harga yang luar biasa."

Baca Juga: Tidak Ada Hubungan antara Uang & Kebahagiaan, Ini Penjelasan Menarik Warren Buffett

3. Jangan mengikuti orang banyak

Berikut nasihat Buffett lainnya yang sangat penting bagi investor pemula, terutama di era modern. Jangan membeli saham tertentu hanya karena orang lain. Namun juga jangan bertujuan untuk selalu menjadi orang yang melawan arus dan menjual saham yang dibeli orang lain. Seperti yang dilakukan Buffett, cara terbaik untuk berinvestasi adalah mengabaikan kerumunan sepenuhnya dan fokus untuk menemukan nilai sendiri.

Dia juga berkata, "Kualitas yang paling penting bagi seorang investor adalah temperamen, bukan kecerdasan. Anda membutuhkan temperamen yang tidak menghasilkan kesenangan besar dari berada bersama atau menentang kerumunan."

4. Jangan takut pasar ambruk dan koreksi

Tujuan yang jelas dari investasi saham adalah untuk membeli rendah dan menjual tinggi. Akan tetapi sifat manusia dapat memaksa kita untuk melakukan sebaliknya. 

Saat kita melihat semua teman kita menghasilkan uang, saat itulah kita merasa harus mencoba menghasilkan uang juga. Dan ketika pasar saham ambruk, sudah menjadi sifat kita untuk keluar sebelum harga turun lebih jauh.

Buffett menyukainya ketika harga saham turun karena menciptakan peluang untuk membeli dengan harga diskon, yang menjelaskan mengapa tahun 2022 menjadi tahun yang sangat aktif baginya. Jika Anda sedang berbelanja di toko favorit Anda dan tiba-tiba mengetahui bahwa harga seluruh toko 20% lebih rendah, apakah Anda akan panik dan kabur? Tentu saja tidak. Buffett menerima diskon untuk saham favoritnya dan berkata, "Peluang jarang datang. Saat hujan emas, sediakan ember, bukan bidal."

Baca Juga: Ini Syarat Menjadi Investor Hebat ala Warren Buffett

5. Dekati investasi Anda dengan pola pikir jangka panjang

Salah satu kutipan terpenting Warren Buffett tentang investasi yang dapat Anda ambil adalah, "Jika Anda tidak ingin memiliki saham selama 10 tahun, jangan pernah berpikir untuk memilikinya selama 10 menit."

Dia tidak memilih saham hanya karena menurutnya harganya akan naik minggu ini, bulan ini, atau bahkan tahun ini. Buffett membeli saham karena dia ingin memiliki bisnis tersebut untuk jangka panjang. 

Dia masih sering menjual saham dan untuk berbagai alasan, tetapi dia mendekati sebagian besar investasinya dengan pola pikir memilikinya selamanya. Dan, jika Anda tidak bisa masuk ke mentalitas "selamanya" dengan saham Anda, Buffett berpendapat salah satu investasi terbaik yang bisa dilakukan kebanyakan orang adalah investasi set-it-and-forget-it seperti dana indeks S&P 500.

6. Jangan takut menjual jika skenario berubah

Kutipan Warren Buffett yang terkenal ketika dia ditanya tentang investasi yang dia putuskan untuk dijual dengan kerugian adalah, "Hal terpenting yang harus dilakukan jika Anda menemukan diri Anda dalam lubang adalah berhenti menggali."

Meskipun dia pasti ingin memiliki setiap saham yang dia beli selamanya, kenyataannya adalah pandangannya berubah. Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa Buffett membeli posisi besar di agen hipotek Freddie Mac beberapa dekade lalu. 

Namun beberapa tahun sebelum krisis keuangan 2007-09, dia melihat manajemen pemberi pinjaman mulai mengambil risiko yang tidak perlu dengan modal perusahaan dan memutuskan untuk menjual. Ketika krisis keuangan melanda, menjadi jelas bahwa Buffett telah mengambil langkah yang cerdas.

7. Pelajari dasar-dasar investasi nilai

Warren Buffett secara luas dianggap sebagai investor bernilai terbesar di dunia. Nilai investasi memprioritaskan membayar harga rendah untuk investasi relatif terhadap nilai intrinsik mereka.

Tujuan investor nilai pada dasarnya adalah membeli saham perusahaan senilai US$ 100 dengan harga kurang dari US$ 100. Nilai investor mencari dan berinvestasi di perusahaan dengan nilai intrinsik yang jauh di atas nilai perusahaan yang tersirat oleh harga di mana saham perusahaan diperdagangkan. 

Baca Juga: Alasan Mengapa Warren Buffett Cinta Mati Saham Apple

Value investor seperti Buffett berharap bahwa pasar pada akhirnya akan mengenali nilai penuh dari perusahaan yang undervalued, yang mengakibatkan kenaikan harga saham perusahaan dan keuntungan bagi value investor.

8. Teliti dan renungkan

Buffett secara teratur menghabiskan hari-hari yang panjang di kantornya di Omaha, Nebraska. Seringkali mengejutkan investor untuk mengetahui bahwa dia menghabiskan sebagian besar waktunya hanya duduk sendirian dan membaca atau tidak melakukan apapun sama sekali. Dia dikutip mengatakan, "Saya bersikeras menghabiskan banyak waktu, hampir setiap hari, hanya untuk duduk dan berpikir."

Buffett memandang pengetahuan sebagai sesuatu yang bertambah dari waktu ke waktu, dan dia percaya bahwa sebagian besar kesuksesannya dapat dikaitkan dengan akumulasi pengetahuan investasi sebanyak mungkin.

9. Jangan pernah kehilangan uang 

Salah satu nasihat paling populer dari Buffett adalah sebagai berikut: "Peraturan No. 1: Jangan pernah kehilangan uang. Peraturan No. 2: Jangan pernah melupakan peraturan No. 1."  Jika Anda bekerja dari kerugian, jauh lebih sulit untuk kembali ke tempat Anda memulai, apalagi untuk mendapatkan keuntungan.

Selanjutnya: 9 Minuman yang Efektif dan Aman untuk Obati Asam Lambung

Menarik Dibaca: Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Lengkap Sragen Ramadan 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×