kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ada 5 Makanan untuk Perut Kosong yang Aman Dikonsumsi, Apa Saja?


Senin, 25 Maret 2024 / 17:50 WIB
Ada 5 Makanan untuk Perut Kosong yang Aman Dikonsumsi, Apa Saja?
ILUSTRASI. Produk pisang cavendish merek Sunpride dari PT Sewu Segar Nusantara di Jakarta. KONTAN/Daniel Prabowo

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Catat pilihan makanan yang optimal saat perut dalam keadaan kosong. Sensitivitas perut setiap individu bervariasi.

Memilih makanan saat perut kosong memiliki beberapa keuntungan, terutama dalam hal pengenalan rasa lapar dan respon tubuh terhadap makanan.

Berbagai reaksi tubuh saat perut kosong berkaitan dengan masalah lambung seperti peningkatan kadar asam.

Tentu saja, ada pertimbangan tertentu yang melatarbelakangi pemilihan makanan yang tepat saat perut dalam kondisi kosong.

Baca Juga: Catat! Ini Dia Waktu Terbaik untuk Berolahraga Saat Puasa di Bulan Ramadan

Manfaat konsumsi makanan tertentu saat perut kosong

Makanan untuk perut kosong

Berikut adalah beberapa alasan mengapa memilih makanan saat perut kosong bisa bermanfaat.

  • Pemahaman Rasa Lapar: Ketika perut dalam keadaan kosong, Anda lebih cenderung merasakan rasa lapar dengan lebih jelas. Ini dapat membantu Anda memahami sinyal tubuh Anda tentang kapan sebaiknya makan dan seberapa besar porsi yang dibutuhkan.
  • Respons Tubuh yang Lebih Sensitif: Ketika perut kosong, tubuh cenderung merespons makanan dengan lebih baik. Proses pencernaan dan penyerapan nutrisi menjadi lebih efisien.
  • Menikmati Makanan: Saat perut kosong, makanan cenderung terasa lebih lezat. Ini karena rasa lapar meningkatkan sensitivitas reseptor rasa pada lidah, sehingga makanan terasa lebih nikmat.
  • Menghindari Makan Berlebihan: Memilih makanan saat perut kosong dapat membantu Anda menghindari makan berlebihan. Ketika Anda sudah kenyang, Anda lebih mungkin membatasi porsi makanan dan tidak makan lebih dari yang dibutuhkan tubuh.
  • Kontrol Gula Darah: Memilih makanan saat perut kosong dapat membantu menjaga kadar gula darah dalam kisaran yang sehat. Makanan yang dikonsumsi saat perut kosong memiliki dampak yang lebih signifikan pada kontrol gula darah daripada makanan yang dikonsumsi setelah makan.
  • Asupan Nutrisi: Memilih makanan yang sehat saat perut kosong dapat membantu memastikan bahwa tubuh Anda mendapatkan nutrisi yang cukup. Ini terutama penting jika Anda makan makanan bergizi dan seimbang.

Setelah mengenal alasan di atas, Anda bisa lanjut mencatat beberapa makanan yang aman untuk lambung berikut ini.

Baca Juga: 5 Manfaat Susu Kurma jika Diminum Secara Rutin

Makanan yang aman dikonsumsi saat perut kosong

Inilah beberapa makanan yang baik dikonsumsi saat perut kosong dilansir dari laman Wellness Corner.

1. Telur Ayam

Telur ayam adalah sumber protein yang baik untuk tubuh. Dengan kandungan protein yang tinggi, telur merupakan opsi yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi saat perut kosong.

2. Kacang Almond

Kacang almond kaya akan vitamin E, yang dapat memberikan energi tambahan pada tubuh. Anda dapat menambahkan kacang almond ke dalam makanan atau minuman lainnya, seperti salad atau protein shake.

3. Oatmeal

Oatmeal merupakan sumber energi yang dilepaskan secara perlahan, membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Serat larut yang terdapat dalam oatmeal juga membantu menjaga perasaan kenyang hingga waktu makan berikutnya.

Oatmeal

4. Buah Pisang

Buah pisang mengandung serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan. Konsumsi satu atau dua buah pisang di pagi hari dapat memberikan dorongan energi yang dibutuhkan untuk memulai hari.

5. Yogurt

Yogurt mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan dan sistem kekebalan tubuh. Anda dapat menambahkan granola atau buah-buahan ke dalam yogurt untuk memberikan tambahan energi.

Itulah beberapa makanan yang baik dikonsumsi saat perut kosong sehingga pencernaan aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×