kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 -1,49%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ada 5 Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan Sekaligus Risiko Konsumsinya


Rabu, 17 April 2024 / 10:58 WIB
Ada 5 Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan Sekaligus Risiko Konsumsinya
ILUSTRASI. Susu kambing

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenali manfaat yang dimiliki Susu Kambing bagi tubuh Anda. Susu Kambing berasal dari hewan Capra aegagrus hircus merupakan sumber nutrisi penting seperti protein, vitamin, mineral, dan lemak.

Namun, terdapat perbedaan antara Susu Kambing dan Susu Sapi yang perlu diketahui sebelum Anda mulai mengonsumsinya secara rutin.

Sebelum mengonsumsi Susu Kambing secara teratur, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui dampaknya terhadap kesehatan Anda.

Selain itu, Ada beberapa perbedaan antara Susu Kambing dan Susu Sapi yang perlu diketahui.

Baca Juga: Asam Lambung Naik Bisa Diobati dengan 5 Obat Alami yang Mudah Didapat Ini

Perbedaan Susu Kambing dan Susu Sapi

Susu Sapi

Lemak dalam Susu Kambing lebih sedikit dibandingkan dengan Susu Sapi, sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Kandungan laktosa dalam Susu Kambing lebih rendah daripada Susu Sapi, sehingga cocok bagi orang yang intoleran terhadap laktosa untuk mencoba Susu Kambing sebagai alternatif.

Tekstur Susu Kambing cenderung lebih kaya dan creamy dibandingkan Susu Sapi.

Sebagian orang memilih Susu Kambing karena dianggap lebih alami dan memiliki manfaat kesehatan, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko alergi, dan membantu dalam masalah pencernaan.

Baca Juga: Penyakit Brucellosis yang Ditularkan Hewan ke Manusia: Gejala dan Pengobatannya

Manfaat Susu Kambing

Namun, seperti halnya dengan jenis makanan lainnya, konsumsi Susu Kambing sebaiknya seimbang dan tidak berlebihan. Selalu perhatikan jumlah konsumsi untuk menjaga keseimbangan nutrisi tubuh Anda.

Ada beberapa manfaat Susu Kambing yang perlu diketahui dan risikonya, rangkuman tersebut dilansir lewat laman Web MD.

1. Prebiotik yang Melimpah

Menurut penelitian dari St Helen’s Farm, Susu Kambing mengandung jumlah oligosakarida yang lebih tinggi dibandingkan Susu Sapi. Oligosakarida, sebuah jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna, berfungsi sebagai prebiotik yang memelihara kesehatan sistem pencernaan.

2. Kalsium Berkualitas Tinggi

Dalam egelas Susu Kambing (200 ml) dapat memenuhi lebih dari 100% kebutuhan kalsium harian orang dewasa. Nutrisi ini diserap dengan mudah oleh tubuh, memberikan dampak positif bagi kesehatan tulang, gigi, otot, dan produksi energi.

3. Kandungan Nutrisi Lengkap

Selain itu, Susu Kambing juga mengandung berbagai nutrisi penting lainnya, seperti zat besi, magnesium, kalium, dan vitamin C. Meskipun dalam jumlah yang lebih rendah, nutrisi-nutrisi ini turut berperan dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

4. Kolesterol Rendah

Susu Kambing memiliki kandungan kolesterol yang lebih sedikit, menjadikannya pilihan yang baik bagi mereka yang memperhatikan kadar kolesterol.

Studi menunjukkan bahwa konsumsi Susu Kambing dapat membantu menurunkan kolesterol dalam arteri dan kantong empedu, serta mengontrol tekanan darah, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Kandungan Protein yang Mudah Dicerna

Dibandingkan dengan susu lainnya seperti Susu Sapi, Susu Kedelai, atau Susu Kacang, Susu Kambing memiliki kandungan protein yang lebih tinggi per sajian. Lebih lagi, protein dalam Susu Kambing lebih mudah dicerna oleh tubuh, membuatnya menjadi sumber protein yang efisien dan bergizi.

Risiko minum Susu Kambing rutin

Walaupun Susu Kambing memiliki sejumlah manfaat yang signifikan, namun demikian, terdapat beberapa kelemahan yang perlu dipertimbangkan sebelum memilihnya sebagai pilihan konsumsi:

1. Kandungan Laktosa yang Signifikan

Bagi mereka yang tidak mentoleransi laktosa, konsumsi Susu Kambing mungkin bukan pilihan yang tepat. Seperti halnya Susu Sapi, Susu Kambing juga mengandung laktosa.

Meskipun ada anggapan bahwa Susu Kambing lebih mudah dicerna daripada Susu Sapi, namun bagi individu dengan intoleransi terhadap laktosa, lebih aman untuk beralih ke susu nabati yang bebas laktosa.

2. Kandungan Kalori yang Lebih Tinggi

Per porsinya, Susu Kambing memiliki lebih banyak kalori daripada jenis susu lainnya. Konsumsi kalori berlebihan dapat menyebabkan penambahan berat badan yang tidak diinginkan.

Bagi mereka yang sedang berupaya mengontrol asupan kalori, disarankan untuk mengonsumsi Susu Kambing dalam jumlah yang lebih terbatas daripada Susu Sapi atau susu nabati lainnya.

Susu Kambing bisa menjadi pilihan alternatif yang menarik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, namun penting untuk memahami kelebihan dan kekurangannya sebelum mengonsumsinya secara rutin.

Demikian penjelasan terkait manfaat dan risiko konsumsi susu kambing yang perlu dipertimbangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×