kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Air Rebusan Daun Alpukat Bisa untuk Atasi Kolesterol, Asam Urat, & Hipertensi


Kamis, 08 Februari 2024 / 07:48 WIB
Air Rebusan Daun Alpukat Bisa untuk Atasi Kolesterol, Asam Urat, & Hipertensi
ILUSTRASI. Selain buahnya, alpukat juga dapat dikonsumsi daunnya agar kesehatan tubuh terjaga.

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Alpukat biasanya dikonsumsi daging buahnya, untuk dicampurkan ke dalam salad atau diolah menjadi minuman. 

Manfaat alpukat tidak bisa dilepaskan dari buahnya yang mengandung berbagai nutrisi. Merujuk laman RS Siloam, alpukat mengandung karbohidrat, lemak, protein, natrium, kalsium, termasuk vitamin E. 

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam alpukat bermanfaat untuk menjaga berat badan dan kesehatan kulit. 

Manfaat air rebusan daun alpukat 

Selain buahnya, alpukat juga dapat dikonsumsi daunnya agar kesehatan tubuh terjaga. Caranya cukup mudah, cukup dengan meminum air rebusannya. 

Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat air rebusan daun alpukat. 

1. Menurunkan asam urat 

Selain menurunkan tekanan darah, daun alpukat juga berkhasiat untuk mengatasi asam urat berdasarkan penelitian yang diunggah ke Nusantara Hasana Journal. 

Cara mengolah daun alpukat adalah direbus dengan air panas atau hangat sehingga diperoleh ekstraknya supaya dapat dikonsumsi. 

Daun alpukat juga dapat dikeringkan terlebih dahulu, ditumbuk hingga halus, dan ditambahkan etanol untuk uji di laboratorium, Penelitian yang diunggah ke Nusantara Hasana Journal menunjukkan, daun alpukat dapat menurunkan kadar asam urat dengan rata –rata 8,62 mg/dl pada kelompok kontrol dan 6,5 mg/dl pada kelompok perlakuan. 

Agar asam urat turun, air rebusan daun alpukat dapat dikonsumsi dua kali sehari selama tujuh hari. 

2. Menurunkan kolesterol 

Air rebusan daun alpukat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol sebagaimana penelitian yang dipublikasikan ke Jurnal Bhakti Civitas Akademika. 

Air rebusan daun alpukat bisa menurunkan kolesterol karena di dalamnya mengandung senyawa flavonoid tinggi, salah satunya kuersetin. 

Senyawa tersebut berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol darah karena dapat mencegah oksidasi kolesterol jahat sehingga pembentukan sel busa dan kerusakan lipid tidak terjadi. 

Flavonoid juga berguna mengurangi kolesterol dengan menghambat aksi 3-hydroxy 3-methylglutaryl enzyme coenzyme A reductase (HMGCo-Areductase). 

3. Mengobati sakit kepala 

Dilansir dari Times of India, air rebusan daun alpukat berguna untuk membantu mengobati sakit kepala. Manfaat tersebut dapat dirasakan karena air rebusan daun alpukat mampu meningkatkan aliran oksigen di otak. 

Selain itu, air rebusan daun alpukat juga mengurangi stres dan memberi efek yang menenangkan. 

Cara membuat air rebusan daun alpukat adalah dengan pertama kali mencuci daun alpukat hingga bersih. Didihkan daun alpukat dalam wadah berisi 1-2 gelas air selama 10 menit lalu tambahkan pemanis agar rasanya lebih enak. 

4. Mencegah sembelit 

Sembelit yang disebut juga konstipasi terjadi ketika seseorang kesulitan buang air besar. Sembelit biasanya disebabkan oleh pola makan rendah serat, efek samping obat, atau kurang beraktivitas. 

Meski membuat perut terasa tidak nyaman, sembelit dapat diatasi dengan mengonsumsi air rebusan daun alpukat. 

Air rebusan daun alpukat dapat dikombinasikan dengan madu, di mana efeknya bisa membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.  

5. Menurunkan tekanan darah 

Mengonsumsi air rebusan daun alpukat berguna untuk menurunkan tekanan darah. Manfaat tersebut diketahui dari hasil penelitian Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta pada 2018. 

Peneliti menemukan manfaat air rebusan daun alpukat untuk menurunkan tekanan darah usai melakukan uji coba pada lansia yang menderita hipertensi di Bantul, Yogyakarta. 

Air rebusan daun alpukat dapat menurunkan tekanan darah karena daun alpukat mengandung flavonoid yang bersifat diuretik. 

Kandungan tersebut bermanfaat untuk mengeluarkan sejumlah cairan dan elektrolit serta zat-zat yang bersifat toksik. 

Dengan berkurangnya jumlah air dan garam dalam tubuh, pembuluh darah akan melonggar sehingga tekanan darah perlahan-lahan turun. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Manfaat Air Rebusan Daun Alpukat untuk Kesehatan, Turunkan Tekanan Darah dan Asam Urat"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×