kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Air Rendaman Biji Ketumbar Ampuh untuk Kolesterol, Bisa Keluarkan Racun Lewat Urine


Kamis, 04 April 2024 / 02:48 WIB
Air Rendaman Biji Ketumbar Ampuh untuk Kolesterol, Bisa Keluarkan Racun Lewat Urine
ILUSTRASI. Biji ketumbar mengandung antioksidan yang berperan menurunkan kadar kolesterol.

Sumber: Kompas TV | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA . Biji ketumbar adalah salah satu bumbu dapur yang sering dipakai untuk aneka masakan khas Indonesia. Ketumbar dengan nama ilmiah Coriandrum Sativum, mempunyai aroma yang cukup menyengat. Ketumbar adalah tumbuhan rempah yang cukup popular. Buah nya yang kecil dikeringkan, diperdagangkan baik dengan cara dihaluskan atau tidak.

Mengutip laman Kemkes.go.id, beberapa kandungan di dalam ketumbar diantaranya adalah Antioksidan, Vitamin C, Vitamin K, Protein, Kalsium, Fosfor, Potasium dan Tiamin. Salah satu kandungan biji ketumbar adalah senyawa Flavonoid yang memiliki efek menguntungkan sebagai antihipertensi dan deuretik. 

Ketumbar memiliki manfaat yang tak kalah penting bagi kehidupan manusia. Sebagai obat dalam dapat diracik menjadi minuman berkhasiat yang dapat di konsumsi setiap hari, sedangkan sebagai obat luar dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit kepala, dengan cara di oles kebagian yang sakit.

Biji ketumbar mengandung antioksidan yang berperan menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan kesehatan jantung, dan menurunkan tekanan darah.

Melansir dari Nakita.grid.id, biji ketumbar memiliki sifat diuretik alias peluruh kencing. Sifat ini membantu tubuh untuk mengeluarkan zat-zat racun melalui urine.  

Kaitannya dalam hal ini karena kolesterol tinggi tidak boleh dianggap sepele dan harus segera diobati. Salah satu pengobatan secara alami adalah melalui infused water biji ketumbar yang efektif mengatasi kolesterol tinggi.  

Apabila kadar kolestrol tinggi dibiarkan dapat memicu komplikasi penyakit seperti penyakut jantung.   Umumnya, kolesterol tinggi muncul karena gaya hidup yang tidak sehat.

Melansir dari buku berjudul Ramuan Lengkap Herbal Taklukkan Penyakit karya Prof H. Hembing W, kolesterol tinggi disebabkan oleh sejumlah faktor seperti di antaranya;

Baca Juga: 2 Infused Water yang Ampuh Rontokkan Asam Urat, Segar dan Mudah Dibuat!

- Konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi seperti kuning telur, otak, jeroan, margarin, cumi-cumi, dan santan.  
- Obesitas  
- Kurang olahraga 
- Stres 
- Merokok

Baca Juga: Sering Dilakukan Banyak Orang, Kebiasaan Ini Dapat Merusak Jantung

Sementara, mengutip laman Kemkes.go.id, beberapa manfaat dari ketumbar yang sudah banyak diketahui diantara nya, mampu menurunkan kadar gula darah, meningkatkan kekebalan tubuh, untuk kesehatan jantung, melindungi kesehatan otak, meningkatkan kesehatan pencernaan dan usus, melawan infeksi dan bermanfaat juga untuk kesehatan kulit dan rambut.

Untuk wanita khasiat ketumbar ternyata sangat beragam, diantaranya adalah  memperlancar siklus menstruasi dan mengatasi masalah kesuburan, seperti PCOS (polysistic ovarian syndrome),  mencegah anemia, mencegah penuaan dini pada kulit, membuat rambut lebih bercahaya dan lembut, mencegah dan memperlambat kanker payudara, meredakan kecemasan dan menurunkan kolesterol serta  menurunkan gula darah.

Meski kolesterol tinggi bisa dicegah dengan beberapa cara yakni olahraga teratur, makan makanan mengandung serat tinggi, menjaga berat badan, hindari merokok, dan stres. Akan tetapi, apabila Anda sudah terlanjur menderita kolesterol tinggi sebaiknya segera merubah pola hidup. 

Biasanya, para penderita kolesterol tinggi mengonsumsi obat kimia untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Namun, terdapat pula alternatif lain yakni dengan minum  infused water biji ketumbar tersebut.

Cara membuat ramuan alami penurun kolesterol dengan bahan biji ketumbar cukup mudah:

- Sediakan segenggam biji ketumbar.
- Cuci biji ketumbar lalu masukkan ke dalam air secukupnya.  
- Rendam biji ketumbar tersebut semalaman.
- Saat pagi, minum infused water biji ketumbar secara sekaligus. 
- Sebaiknya minum infused water biji ketumbar sebelum makan. 

Selain menurunkan kolesterol, minuman ini juga bermanfaat mengotrol kadar gula darah. Semoga informasi ini dapat membantu. 

Artikel ini sudah tayang di Kompas.tv, berjudul: Infused Water Biji Ketumbar Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi, Begini Cara Buatnya

Penulis : Fransisca Natalia 
Editor : Desy Afrianti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

×