kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.009,86   -1,01   -0.10%
  • EMAS1.131.000 0,27%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Anti Diabetes dan Kolesterol, Cek Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan


Sabtu, 02 Desember 2023 / 04:05 WIB
Anti Diabetes dan Kolesterol, Cek Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan
ILUSTRASI. Manfaat kangkung bagi kesehatan cukup banyak.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

MANFAAT KANGKUNG - Manfaat kangkung untuk kesehatan kerap dipertanyakan. Pasalnya, kangkung sering kali dituding sebagai salah satu penyebab kemunculan penyakit asam urat. 

Tak heran jika terkadang ada anggapan penderita penyakit asam urat tidak boleh mengonsumsi kangkung. Penyebabnya, kangkung disebut mengandung sejumlah zat yang bernama purin. 

Padahal, manfaat kangkung bagi kesehatan cukup banyak. 

Melansir laman Healthline dan Stylecraze, berikut manfaat kangkung untuk kesehatan yang jarang diketahui orang:

1. Mencegah penyakit kanker

Kangkung sebenarnya membantu dalam pencegahan kanker. Sayuran ini sarat dengan berbagai antioksidan yang bertanggung jawab untuk menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Radikal bebas bertanggung jawab untuk memperkuat sel kanker dan memperbanyak sel. Antioksidan yang ada dalam kangkung dapat menyebabkan hal ini. Kangkung umumnya dikaitkan dengan pencegahan kanker payudara, kolorektal, dan kulit.

Baca Juga: 8 Sayuran untuk Menurunkan Hipertensi, Efektif Lawan Tekanan Darah Tinggi

2. Anti Diabetes:

Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kangkung secara teratur membantu mengembangkan resistensi terhadap stres oksidatif yang disebabkan oleh diabetes. Hal ini juga digunakan dalam pengobatan diabetes pada wanita hamil.

Baca Juga: Ternyata Bayam Bukan Kangkung, 4 Sayuran Ini Harus Diwaspadai Penderita Asam Urat

3. Meningkatkan Imunitas Tubuh:

Menjadi gudang nutrisi, sayuran berdaun hijau ini merupakan cara yang murah dan alami untuk meningkatkan kekebalan tubuh dibandingkan dengan suplemen vitamin C. Konsumsi sayuran berdaun hijau ini secara teratur meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mendorong perkembangan kesehatan tulang. Ini juga berkontribusi pada kesehatan tubuh dengan menetralkan dan menghilangkan racun.

4. Kaya nutrisi

Sayuran berdaun hijau apa pun kaya akan nutrisi. Tak terkecuali kangkung. Analisis fitokimia membuktikan adanya alkaloid, steroid, saponin, fenol, flavonoid, tanin, beta karoten, glikosida, karbohidrat larut, dan beberapa fitokimia lain yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Selain fitokimia tersebut, kangkung juga kaya akan berbagai vitamin dan mineral. 

Baca Juga: Selain Kurang Tidur, Ini Penyebab Berat Badan Naik Secara Tiba-Tiba

5. Pengobatan Anemia

Mengkonsumsi kangkung secara rutin membantu meningkatkan kandungan zat besi dalam tubuh Anda. Sayuran ini kaya akan zat besi sehingga dianggap bagus untuk penderita Anemia. Kangkung juga bagus untuk ibu hamil karena membantu meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh dengan membantu pembentukan hemoglobin.

6. Mengurangi Kolesterol

Kangkung adalah pilihan yang sangat baik bagi individu yang ingin menurunkan berat badan dan mengurangi kolesterol secara alami. Penelitian yang dilakukan pada tikus membuktikan bahwa mengonsumsi kangkung menghasilkan penurunan kadar kolesterol dan triglikosida. Oleh karena itu, sayuran ini memiliki peran besar dalam menurunkan kadar kolesterol.

7. Pengobatan Penyakit Kuning dan Masalah Liver

Kangkung telah digunakan untuk pengobatan penyakit kuning dan masalah hati. Penelitian telah membuktikan bahwa ekstrak tanaman ini dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan hati akibat bahan kimia karena modulasi enzim detoksifikasi; sifat antioksidan dan pemulung radikal bebas.

Baca Juga: 7 Vitamin Terbaik untuk Pasien Diabetes 1 & 2, Cek Yuk!

Itulah manfaat kangkung untuk kesehatan manusia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Outlook 2024, Meneropong saham unggulan di Tahun Politik The Coughing Dragon | Global Market Series - China

×