kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45897,08   -0,94   -0.10%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Apa Kacang Mete Menyebabkan Asam Urat? Ini Penyebab Asam Urat Tinggi Di Usia Muda


Rabu, 06 Maret 2024 / 05:49 WIB
Apa Kacang Mete Menyebabkan Asam Urat? Ini Penyebab Asam Urat Tinggi Di Usia Muda
ILUSTRASI. Apa Kacang Mete Menyebabkan Asam Urat? Ini Penyebab Asam Urat Tinggi Di Usia Muda

Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Penyebab Asam Urat Tinggi  - Jakarta. Benarkah kacang mete menyebabkan asam urat? Lalu apa saja penyebab asam urat tinggi di usia muda?

Banyak orang yang menganggap kacang mete termasuk salah satu bahan makanan yang menyebabkan asam urat naik. Oleh karena itu, orang-orang sering kali berpesan agar tidak sering-sering makan kacang mete agar asam urat tidak naik.

Lalu, apakah benar kacang mete menyebabkan asam urat naik?

Nyatanya, anggapan kacang mete menyebabkan asam urat naik adalah salah. Diberitakan Kompas.com, Kacang-kacangan termasuk daftar makanan yang baik untuk pengidap asam urat karena rendah purin.

Itu sebabnya, kacang mete tidak menyebabkan asam urat tinggi. Kacang mete justru menyediakan beragam nutrisi penting bagi kesehatan.

Pengidap asam urat dianjurkan mengonsumsi makanan rendah purin atau yang kandungan purinnya kurang dari 50 mg per 100 gram. Dikutip dari HealthXChange, salah satu contoh makanan rendah purin untuk penderita asam urat yaitu kacang-kacangan, seperti kacang mete, kenari, dan almond.

Kacang mete tidak menyebabkan asam urat sehingga bisa dijadikan camilan sehat untuk penderita gout. Dilansir dari LiveStrong, kacang mete hanya memiliki kadar purin di bawah 50 miligram per 100 gramnya.

Meskipun kacang mete tidak menyebabkan asam urat tinggi, Anda sebaiknya mengonsumsi mete dalam jumlah yang wajar untuk mencegah gangguan kesehatan, seperti masalah pencernaan. Konsultasikan dahulu kepada dokter atau ahli gizi jika ingin mengetahui berapa jumlah kacang mete yang aman dikonsumsi.

Selain itu lebih baik memilih kacang mete panggang daripada yang diolah melalui proses penggorengan. Proses penggorengan bisa menyebabkan kadar lemak pada kacang mete bertambah, memicu denaturasi protein, dan meningkatkan kolesterol.

Kemudian, pastikan konsumsi kacang mete dengan makanan rendah purin lainnya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang seimbang.

Baca Juga: 7 Ramuan Obat Herbal Perontok Asam Urat yang Ampuh dan Cara Membuatnya di Rumah

Manfaat kacang mete

untuk kesehatan Dikutip dari BBC, kacang mete punya kandungan protein, magnesium, zinc, zat besi, lemak, dan karbohidrat. Hal yang menarik, jenis lemak pada kacang mete yaitu lemak tak jenuh yang bagus untuk memelihara kesehatan jantung dan mengendalikan berat badan. Karena padat nutrisi, kacang mete berpotensi memberi berbagai manfaat untuk kesehatan.

Berikut beberapa manfaat kacang mete untuk kesehatan:

  • Mencegah penyumbatan atau penyempitan arteri
  • Mengandung antioksidan yang bisa mencegah risiko penyakit tertentu
  • Mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke
  • Mengurangi gejala osteoarthritis atau penyakit yang menyebabkan tulang saling berbenturan saat digerakkan
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Menjaga kadar gula darah tetap stabil
  • Menjaga kesehatan otak.

Penyebab asam urat tinggi di usia muda

Dilansir dari website Kementerian Kesehatan, penyakit asam urat atau gout adalah salah satu jenis radang sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat. Kondisi ini dapat terjadi pada sendi mana pun, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di jempol kaki.

Penyakit asam urat dapat menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian.

Gejala asam urat tinggi dapat berlangsung selama rentang waktu 3-10 hari, dengan perkembangan gejala yang begitu cepat dalam beberapa jam pertama.

Berikut sejumlah gejala asam urat

  • Sendi mendadak terasa sangat sakit.
  • Kesulitan untuk berjalan akibat sakit yang mengganggu, khususnya di malam hari.
  • Nyeri akan berkembang dengan cepat dalam beberapa jam dan disertai nyeri hebat, pembengkakan, rasa panas, serta muncul warna kemerahan pada kulit sendi.
  • Saat gejala mereda dan bengkak pun mengempis, kulit di sekitar sendi yang terkena akan tampak bersisik, terkelupas dan terasa gatal.

Secara alamiah, asam urat adalah senyawa yang diproduksi oleh tubuh untuk mengurai purin. Purin merupakan zat alami yang memiliki beberapa fungsi penting bagi tubuh. Mulai dari mengatur pertumbuhan sel hingga menyediakan energi. Nantinya, ketika sudah selesai digunakan tubuh, asam urat akan dibuang melalui urine.

Namun, terkadang tubuh dapat menghasilkan terlalu banyak asam urat atau ginjal mengalami gangguan sehingga mengeluarkan terlalu sedikit asam urat. Ketika ini terjadi, asam urat dapat menumpuk, membentuk kristal urat tajam seperti jarum di sendi atau jaringan di sekitarnya yang menyebabkan rasa sakit, peradangan, dan pembengkakan. Pada dasanya penyebab asam urat ada 2 macam, yang menyebabkan penyakit asam urat primer dan penyakit asam urat sekunder.

Berikut faktor-faktor penyebab asam urat tinggi di usia muda antara lain:

  • Memiliki keluarga yang mengidap asam urat.
  • Baru saja mengalami cedera atau pembedahan.
  • Sering mengonsumsi makanan dengan kandungan purin tinggi, seperti daging merah, jeroan hewan, dan beberapa jenis hidangan laut (misalnya teri, sarden, kerang, atau tuna).
  • Sering mengonsumsi minuman beralkohol dan minuman tinggi gula.
  • Memiliki kondisi medis tertentu misalnya diabetes, gangguan sindrom metabolik, penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit tiroid, kolesterol tinggi, leukemia, anemia, sleep apnea, hipertensi, dan obesitas.

Selain faktor risiko di atas, penyebab asam urat tinggi di usia muda juga karena sejumlah hal berikut:

1. Makanan tinggi zat purin seperti jeroan hewan, hidangan laut, dan daging merah.

2. Minuman dengan gula tinggi dan minuman beralkohol.

3. Menggunakan obat-obatan dengan jenis tertentu, seperti obat pengencer darah, obat penghambat enzim, dan obat-obatan kemoterapi.

Itulah manfaat kacang mete dan penyebab asam urat tinggi di usia mudah. Mari jaga pola makan agar selalu sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

×