kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Apa Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan? Cek 5 Hal Ini


Kamis, 29 Februari 2024 / 15:40 WIB
Apa Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan? Cek 5 Hal Ini
ILUSTRASI. Manfaat jengkol untuk kesehatan.

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Jengkol - Ada beberapa manfaat jengkol bagi kesehatan tubuh yang tidak terduga. Namun, cara mengolah jengkol tersebut perlu diperhatikan agar kandungan nutrisi tidak menghilang.

Banyaknya manfaat jengkol untuk kesehatan berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya. Sehingga tak heran mengkonsumsi jengkol mampu memberikan manfaat bagi kesehatan.

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam jengkol di antaranya seperti protein, serat, kalsium, fosfor, natrium, vitamin C, vitamin A dan berbagai nutrisi lainnya.

Baca Juga: 8 Penyebab Perut Buncit yang Perlu Diketahui, Yuk Catat!

Selain memiliki banyak manfaat, jengkol juga cukup populer di Indonesia. Tak jarang juga jengkol diolah menjadi berbagai jenis makanan. 

Lantas apa saja manfaat jengkol untuk kesehatan?

Melansir dari Dr. Health Benefits, berikut beberapa manfaat jengkol untuk kesehatan, di antaranya:

Mencegah Anemia

Salah satu manfaat jengkol untuk kesehatan di antaranya mampu mencegah anemia. Hal tersebut dikarenakan jengkol mengandung zat besi yang berperan aktif mencegah dan mengatasi kelurangan produksi sel darah merah dalam tubuh.

Baca Juga: Apa Manfaat Kulit Manggis? Catat 6 Hal Ini

Menguatkan Tulang dan Gigi

Manfaat jengkol untuk kesehatan selanjutnya yaitu mampu menguatkan tulang dan gigi. Hal tersebut dikarenakan jengkol mengandung zat besi, protein dan kalsium yang dibutuhkan oleh tulang. 

Sehingga mengkonsumsi jengkol dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.

Mencegah Radikal Bebas

Selain itu jengkol juga mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C yang bermanfaat untuk mencegah radikal bebas yang membahayakan kesehatan. 

Selain itu, kandungan antioksidan dalam jengkol juga mampu mengurangi risiko kanker.

Baca Juga: 7 Cara Mencegah Penyakit Diabetes yang Bisa Dilakukan dari Sekarang

Mengatasi Penyempitan Pembuluh Darah

Tak berhenti disitu, jengkol juga bermanfaat untuk mengatasi penyempitan pembuluh darah. Sehingga mengkonsumsi jengkol mampu mengurangi risiko penyakit jantung karena aliran darah ke jantung menjadi lebih lancar.

Kandungan mineral jengkol juga mampu melebarkan pembuluh darah yang menyempit dan mencegah pembuluh darah menyempit kembali. Nah, agar khasiat jengkol lebih maksimal, jangan memasak jengkol terlalu matang.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Imunisasi Bagi Kesehatan Anak

Menstabilkan Organ Vital

Manfaat jengkol untuk kesehatan berikutnya yaitu juga mampu menstabilkan organ vital. Pasalnya, jengkol mengandung asam folat dan vitamin B6 yang juga baik intuk ibu hamil dan perkembangan janin.

Namun, disarankan. bahwa mengkonsumsi jengkol secukupnya. Jangan terlalu berlebihan karena konsumsi jengkol yang berlebihan akan berdampak kurang baik bagi organ ginjal.

Demikian, beberapa manfaat jengkol untuk kesehatan, semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×