kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Apakah Nanah Bisa Menurunkan Kolesterol? Cek 8 Cara Mengurangi Kolesterol Tinggi


Selasa, 19 Desember 2023 / 06:44 WIB
Apakah Nanah Bisa Menurunkan Kolesterol? Cek 8 Cara Mengurangi Kolesterol Tinggi
ILUSTRASI. Apakah Nanah Bisa Menurunkan Kolesterol? Cek 8 Cara Mengurangi Kolesterol Tinggi

Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Cara Mengurangi Kolesterol Tinggi- Jakarta. Benarkah nanas bisa menurunkan kolesterol tinggi? Simak 8 cara mengurangi kolesterol tanpa obat.

Banyak yang bertanya, apakah nanas bisa menurunkan kolesterol? Pasalnya, banyak yang menyarankan untuk makan nanas setelah konsumsi makanan mengandung kolesterol tinggi.

Apalagi, sebentar lagi akan tiba Hari Raya Natal. Akan ada banyak makanan enak dengan kolesterol tinggi saat perayaan Natal.

Lalu, apakah nanas bisa menurunkan kolesterol tinggi?

Dilansir dari Kompas.com, HealthifyMe menyebutkan nanas adalah buah kaya serat yang bisa memberikan manfaat sebagaui penurun kadar kolesterol dalam aliran darah secara alami. Nanas segar juga mengandung vitamin B6 yang bisa mendorong pembentukkan sel darah merah.

Grid.id juga menyebut, buah nanas bisa menurunkan kolesterol. Hal ini karena buah nanas memiliki kandungan zat bromelain yang berfungsi untuk mencerna protein dan mencegah kelebihan lemak dalam darah, sehingga dapat melancarkan sirkulasi darah dan kadar kolesterol.

Namun demikian, mengonsumsi nanas untuk tujuan menurunkan kolesterol tetap tidak boleh berlebih, karena dapat memberikan beberapa efek samping lainnya yang kurang baik untuk tubuh, seperti rasa gatal, alergi, dan kerusakan gigi.

Baca Juga: Apakah Durian Mengandung Kolesterol? Cek Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi

Resep jus nanas penurun kolesterol

Kompas.com mengulas ada resep terbaik jus nanas penurun kolesterol tinggi. Resep jus nanas penurun kolesterol tinggi ini bersumber dariĀ  buku "Menu Sehat & Lezat Penurun Kadar Kolesterol" (2019) oleh Tuti Soenardi terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Berikut resep jus nanas penurun kolesterol tinggi:

Bahan

  • 250 gram nanas, potong
  • 50 gram sawi hijau
  • 2 sdm gula cair
  • Potongan es batu

Cara membuat jus nanas untuk menurunkan kolesterol adalah blender menjadi satu bahan jus, kecuali es batu. Tambahkan dengan potongan kecil es batu dan hidangkan.

8 Cara mengurangi kolesterol tinggi

Selain memanfaatkan nanas, ada sejumlah cara mengurangi kolesterol tinggi. Cara mengurangi kolesterol tinggi ini dapat dilakukan tanpa menggunakan obat-obatan dokter.

Diberitakan Kompas.com, berikut cara mengurangi kolesterol tinggi menurut Healthline:

1. Memahami riwayat genetik

Cara mengurangi kolesterol tinggi tanpa obat yang pertama adalah memahami riwayat hidup. Jika terdapat anggota keluarga yang cenderung memiliki kadar kolesterol yang tinggi dan mengidap penyakit jantung, Anda mungkin berisiko mengalami masalah ini.

Cari tahu juga apakah keluarga Anda memiliki riwayat diabetes, kegemukan atau obesitas, aterosklerosis, dan sindrom metabolik. Apabila memiliki riwayat keluarga dengan salah satu kondisi di atas, konsultasikan dengan dokter mengenai hasil pembacaan kadar kolesterol Anda sehingga ahli medis dapat memberikan perawatan atau perubahan gaya hidup yang sesuai.

2. Menjaga berat badan yang sehat dan ideal

Cara mengurangi kolesterol tinggi tanpa obat yang kedua adalah mempertahankan berat badan. Berat badan yang sehat dan ideal dapat menurunkan risiko kolesterol tinggi. Anda dapat berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mengetahui diet atau pola makan yang tepat agar berat badan tetap terkontrol.

3. Olahraga

Cara mengurangi kolesterol tinggi tanpa obat yang ketiga adalah rutin berolahraga. Menurut American Heart Association (AHA), olahraga untuk menurunkan kolesterol dapat dilakukan selama 30 menit dalam 5-7 kali per minggu.

Jenis olahraga untuk mengatasi kolesterol tinggi yang bisa dicoba, antara lain joging, bersepeda, latihan beban, berenang, dan senam yoga.

4. Mengamati label makanan kemasan sebelum dikonsumsi

Cara mengurangi kolesterol tinggi tanpa obat yang keempat adalah cermati makanan yang akan dikonsumsi. Amatilah label makanan pada kemasan sebelum Anda mengonsumsinya.

Hal itu untuk menghindari makanan tinggi lemak jenuh, seperti yang terdapat pada keju, daging berlemak, produk susu, dan es krim.

5. Hindari lemak trans

Cara mengurangi kolesterol tinggi tanpa obat yang kelima adalah menghindari lemak trans. Lemak trans bisa meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kadar kolesterol baik. Contoh makanan mengandung lemak trans yang sebaiknya dihindari yaitu kerupuk, gorengan, dan makanan yang dipanggang.

6. Konsumsi sumber lemak sehat

Cara mengurangi kolesterol tinggi tanpa obat yang keenam adalah konsumsi lemak sehat. Kenaikan kolesterol memang identik dengan pola makan tinggi lemak. Akan tetapi, Anda masih bisa mengonsumsi sumber lemak sehat.

Sebagai contoh, Anda dapat mengoleskan minyak zaitun pada roti ketimbang mentega atau mayones. Sumber lemak sehat lainnya yaitu kacang tanah, alpukat, dan minyak canola.

7 Makan buah, sayuran, dan kacang-kacangan

Cara mengurangi kolesterol tinggi tanpa obat yang ketujuh adalah perbanyak konsumsi buah, sayur dan kacang-kacangan. Konsumsi buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan juga termasuk cara sederhana mengatasi kolesterol tinggi tanpa minum obat.

Buah, sayur, dan kacang-kacangan mengandung serat larut yang bisa dapat membantu menurunkan kolesterol. Anda dapat mengonsumsi kacang merah, edamame atau kacang kedelai, sayuan berdaun gelap, tomat, buah pir, dan apel.

Untuk diketahui, edamame juga terkandung isoflavon, senyawa yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Kemudian pada tomat terdapat senyawa penghancur kolesterol yaitu likopen.

8. Berhenti merokok

Cara mengurangi kolesterol tinggi tanpa obat yang kedelapan adalah stop merokok. Merokok termasuk faktor risiko penyebab kolesterol tinggi dan penyakit jantung. Rokok tembakau bisa menyebabkan arteri mengeras dan menyebabkan aterosklerosis.

Merokok juga mengakibatkan dinding arteri menjadi kasar sehingga kolesterol dapat lebih mudah menempel dan membentuk plak.

Itulah manfaat nanas untuk menurunkan kolesterol dan cara lain mengurangi kolesterol tinggi. Jika kadar kolesterol tak kunjung turun, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Dokter mungkin akan meresepkan obat penurun kolesterol seperti fibrat, statin, PCSK9 inhibitor, atau obat lain sesuai kondisi Anda.

Itulah manfaat nanas penun kolesterol dan cara lain mengatasi kolesterol tanpa obat. Obat kolesterol alami ini adalah obat alternatif yang tidak bisa menggantikan obat dokter. Hubungi dokter jika sakit berlanjut.

Selanjutnya: Hujan Turun Tanggal Segini, Cek Ramalan Cuaca di Jabodetabek Pekan Ini

Menarik Dibaca: Hujan Turun Tanggal Segini, Cek Ramalan Cuaca di Jabodetabek Pekan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×