kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Arti Kebahagiaan Hidup Warren Buffett Tercermin dalam 1 Kalimat Ini, Bukan Uang


Jumat, 23 Februari 2024 / 03:53 WIB
Arti Kebahagiaan Hidup Warren Buffett Tercermin dalam 1 Kalimat Ini, Bukan Uang
ILUSTRASI. Pelajaran terbesar tentang kebahagiaan dari pidato Warren Buffett adalah berasal dari empat kata ini: Do what you love. REUTERS/Rick Wilking

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Warren Buffett memberikan salah satu kuliah terbaiknya kepada mahasiswa di sekolah bisnis Universitas Florida lebih dari dua dekade lalu. 

Ketika itu terjadi, salah satu mahasiswa MBA mengajukan pertanyaan kepada Warren Buffett, menanyakan miliarder itu apa yang akan dia lakukan untuk menjalani kehidupan yang lebih bahagia jika dia bisa memulai dari awal lagi.

Apa tanggapan Warren Buffet? 

Dia memiliki tingkat kebahagiaan yang bertahan selama beberapa dekade, tetapi dia dengan cepat mengalihkan fokus kembali pada siswa dengan mendesak mereka untuk membuat pilihan yang lebih baik seputar tujuan karir, keuangan, kesehatan, dan hubungan.

"Cara melakukannya adalah dengan memainkan permainan dan melakukan sesuatu yang Anda nikmati sepanjang hidup Anda," katanya. 

Dia menambahkan, "Bergaul dengan orang yang Anda sukai. Saya hanya bekerja dengan orang yang saya sukai. Jika saya bisa menghasilkan US$ 100 juta dengan pria yang membuat perut saya mulas, saya akan menolak."

Baca Juga: Ancaman Ini Bikin Warren Buffett Sulit Tidur di Malam Hari, Apakah Itu?

Pelajaran kebahagiaan Buffett dalam empat kata

Pelajaran terbesar tentang kebahagiaan dari pidato Warren Buffett adalah berasal dari empat kata ini: Do what you love (Lakukan apa yang Anda sukai).

Melansir Inc.com, Warren mengatakan: 

"Saya bisa bekerja di pekerjaan yang saya sukai, tetapi saya selalu bekerja di pekerjaan yang saya sukai. Saya sangat menyukainya ketika saya pikir itu adalah masalah besar untuk menghasilkan US$ 1.000. Saya mendorong Anda untuk bekerja dalam pekerjaan yang Anda sukai. Saya pikir Anda sudah gila jika terus mengambil pekerjaan yang tidak Anda sukai karena menurut Anda itu akan terlihat bagus di resume Anda." 

Warren Buffett sudah melakukan apa yang dia sukai sekarang jauh sebelum dia menjadi sukses.

Meskipun ada risiko tertentu yang terlibat dalam mengejar pekerjaan atau karier yang Anda sukai, pertimbangkan imbalannya. Mari kita lihat tiga alasan penting mengapa Anda harus berkomitmen untuk melakukan apa yang Anda sukai.

Baca Juga: Resesi? Siapa Takut? Ini Kiat Hadapi Resesi ala Warren Buffett

1. Anda selaras dengan melakukan hal-hal yang Anda pedulikan

Ketika Anda melakukan apa yang Anda sukai, Anda menciptakan keselarasan antara pekerjaan Anda, nilai-nilai Anda, dan hal-hal yang memberi Anda tujuan. 

Dan Anda tidak dapat memiliki tujuan tanpa hasrat, yang berasal dari keinginan untuk membuat perubahan -- perbedaan -- bagi pelanggan Anda, bisnis Anda, atau bahkan dunia.

2. Anda merasa seperti milik Anda

Ketika Anda melakukan apa yang Anda sukai, kemungkinan besar orang lain di sekitar Anda juga merasakan hal yang sama. 

Ini adalah kasus untuk budaya yang bahagia dan terlibat yang menghargai kepemilikan. Anda berada di dalamnya bersama-sama, melakukan pekerjaan penting yang penting, dalam komunitas peduli.

3. Anda melakukan hal-hal yang sebenarnya Anda kuasai

Keberhasilan kita sebagai kontributor dan pembuat konten sangat bergantung pada mengetahui kekuatan dan kelemahan kita sendiri. 

Meskipun Anda tidak harus menjadi ahli dalam segala hal, memiliki pemahaman yang jelas tentang dasar pengetahuan, kekuatan, dan keterampilan Anda, dan berenang di jalur itu, sangat penting. 

Ini memanfaatkan hal-hal yang Anda lakukan dengan baik sambil menghindari risiko yang datang dari mencoba-coba hal-hal di luar batas Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×