kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Asam Lambung Naik Ciri-Cirinya Apa Saja? Cek Cara Sembuh Dari Asam Lambung


Kamis, 30 November 2023 / 06:27 WIB
Asam Lambung Naik Ciri-Cirinya Apa Saja? Cek Cara Sembuh Dari Asam Lambung
ILUSTRASI. Asam Lambung Naik Ciri-Cirinya Apa Saja? Cek Cara Sembuh Dari Asam Lambung

Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Cara Sembuh Dari Asam Lambung - Jakarta. Ciri-ciri asam lambung naik apa saja? Lalu bagaimana cara sembuh dari asam lambung?

Asam lambung adalah gangguan kesehatan yang banyak terjadi pada orang dewasa. Lalu, ciri-ciri asam lambung naik apa saja?

Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, asam lambung naik karena tingginya zat asam dalam lambung.

Zat asam dibutuhkan tubuh untuk melakukan berbagai macam hal. Mulai dari menetralkan enzim yang berasal dari mulut, membunuh bakteri, hingga mencerna makanan supaya nutrisi dalam makanan itu dapat terserap secara maksimal.

Ada banyak faktor penyebab asam lambung naik yang mengakibatkan fungsi-fungsi tersebut tak dapat bekerja optimal. Mulai dari penggunaan obat tertentu, usia, hingga sensitif terhadap makanan.

Jika Anda mengalami ciri-ciri asam lambung naik berikut, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokte.

Ciri-ciri asam lambung naik

Perut kembung

Makanan yang terlalu lama mengendap dalam sistem pencernaan dan tidak segera tercerna mengakibatkan produksi gas meningkat. Menurut The Acid Reflux Solution, hal itulah yang mengakibatkan perut Anda terasa kembung setelah Anda mengonsumsi makanan.

Selalu lapar

Ciri-ciri asam lambung selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah Anda selalu merasa lapar meski Anda baru selesai makan. Tubuh kesulitan menyerap nutrisi yang dibutuhkan karena asam lambung tidak dapat melakukan fungsinya dengan benar.

Mual

Mual jadi ciri-ciri asam lambung yang tidak boleh Anda abaikan. Umumnya, kondisi itu terjadi setelah Anda mengonsumsi sekitar 4 ons daging.

Ada banyak cara yang bisa Anda coba untuk mengurangi rasa mual karena asam lambung, misalnya dengan mengonsumsi jahe.

Heartburn

Ciri-ciri asam lambung mengakibatkan Anda sering bersendawa dan merasakan heartburn. Heartburn adalah istilah yang menggambarkan sensasi terbakar dari perut ke saluran pencernaan atas karena katup bawah kerongkongan tak dapat mengatasi desakan gas.

Baca Juga: Konsumsi 5 makanan ini sebagai cara mengatasi maag

Sakit tenggorokan dan suara serak

Ketika heartburn terjadi secara terus-menerus, bukan tidak mungkin tenggorokan Anda menjadi iritasi. Hal itu membuat tenggorokan Anda terasa sakit. Suara Anda pun bisa menjadi serak karena heartburn yang terus berlangsung.

Bau mulut tak sedap

Mengutip dari The Acid Reflux Solution, makanan yang tak tercerna dengan baik akibat asam lambung yang terlalu sedikit dapat menimbulkan bau mulut yang tidak sedap. Penyebabnya, sisa makanan mengendap dan memproduksi zat racun.

Cara sembuh dari asam lambung

Dirangkum dari website Ciputra Hospital, cara sembuh dari asam lambung dapat dilakukan secara medis dan alami.

Cara sembuh dari asam lambung secara medis adalah konsumsi obat sesuai anjuran dokter. Berikut obat untuk sembuh dari asam lambung:

1. Antasida

Obat antasida mampu menetralkan asam di lambung sehingga meredakan refluks asam. Antasida sendiri mengandung kalsium karbonat, magnesium, atau aluminium yang dapat meredakan mulas pada perut. Obat ini juga dapat membantu menyembuhkan sakit maag.

2. Antagonis Reseptor Histamin-2

Antagonis reseptor histamin-2 atau H2 blocker adalah reseptor yang mengikat dan menghalangi pelepasan asam lambung di perut. Penderita asam lambung dapat mengonsumsi antagonis reseptor histamin-2 untuk meredakan gejala atau 30-60 menit sebelum makan.

3. Proton Pump Inhibitors (PPI)

PPI digunakan untuk mencegah dan mengobati mulas yang sering terjadi lebih dari dua kali seminggu. PPI bekerja dengan cara menurunkan jumlah asam yang dihasilkan dalam perut. PPI dapat dibeli secara bebas maupun dengan resep dokter, terutama pada penderita GERD. Obat PPI dapat dikonsumsi sekali sehari dalam kondisi perut kosong atau 30-60 menit sebelum sarapan.

4. Prokinetik

Obat asam lambung lainnya adalah prokinetik yang hanya dijual dengan adanya resep dokter.

Cara sembuh dari asam lambung secara alami

Selain obat medis, cara sembuh dari asam lambung dapat dilakukan dengan alami yakni:

1. Hindari makan sebelum olahraga atau tidur

2. Kenakan Pakaian Longgar

3. Sesuaikan Posisi Tidur

4. Menjaga Berat Badan Ideal

5. Berhenti Merokok

6. Mengurangi Stres

7. Memperhatikan Jenis Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi

Itulah ciri-ciri asam lambung naik dan cara sembuh dari asam lambung. Jika sakit berlanjut, segera hubungi dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

×