kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.010,87   12,58   1.26%
  • EMAS1.128.000 0,27%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Bagi Penderita Asam Lambung, Cek 7 Makanan Pantangannya


Minggu, 03 Desember 2023 / 04:18 WIB
Bagi Penderita Asam Lambung, Cek 7 Makanan Pantangannya
ILUSTRASI. Ada beberapa pantangan yang sebaiknya dihindari penderita asam lambung supaya kesehatan terjaga. Salah satunya kafein.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. GERD merupakan salah satu penyakit yang berhubungan dengan asam lambung.

Jika mengalami GERD, penderitanya mengalami kondisi di mana asam lambung naik ke kerongkongan hingga mulut sehingga menyebabkan sensasi terbakar.

Agar GERD tidak gampang menyerang, penderitanya harus menghindari pantangan asam lambung.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari kambuhnya asam lambung. Misalnya, mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat dan rendah lemak. Selain itu, memiliki berat badan yang normal dengan rajin olahraga juga perlu dilakukan.

Asam lambung juga bisa dihindari dengan menghentikan kebiasaan merokok, tidak makan berat tiga jam sebelum tidur, dan tidak membiarkan perut kosong terlalu lama agar tak ada cairan asam yang terproduksi.

Baca Juga: 5 Cara Aman Minum Kopi Bagi Penderita Asam Lambung

Selain itu, cobalah untuk menghindari makanan asam lambung berikut ini:

1. Cokelat

Cokelat memang terasa lezat, tapi ternyata makanan manis ini bisa menyebabkan asam lambung meningkat. Tak hanya itu, cokelat juga membuat katup antara lambung dan kerongkongan mengendur sehingga asam lambung lebih mudah naik ke kerongkongan.

2. Kafein

Pantangan asam lambung lainnya yang disebutkan My Food Data adalah kafein. Ada banyak jenis kafein yang bisa Anda konsumsi, misalnya kopi dan teh. Setiap orang bisa menahan efek kafein dalam jumlah yang berbeda-beda.

Maka dari itu, Anda perlu memerhatikan berapa banyak porsi kafein yang bisa Anda konsumsi agar asam lambung tak bermasalah. Hal yang sama juga berlaku pada teh atau kopi yang memiliki label decaffeinated.

Baca Juga: Ini obat herbal asam lambung yang bisa Anda buat sendiri di rumah

3. Alkohol dan Minuman Soda

Kebanyakan minuman beralkohol mengandung asam yang bisa memperparah kondisi asam lambung Anda. Apalagi jika Anda mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak. Hal yang sama juga berlaku pada minuman soda.

Minuman soda atau minuman berkarbonasi mampu meningkatkan jumlah asam lambung dan memperparah kondisi kesehatan Anda. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan pantangan asam lambung itu.

4. Makanan Berlemak

Mengutip dari myfooddata.com, menghindari makanan berlemak perlu dilakukan agar asam lambung tak naik. Hal itu dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada dua kelompok.

Baca Juga: Sering sesak nafas saat asam lambung naik? Begini cara mengatasinya

Setiap kelompok diberi makanan dengan volume, protein, dan karbohidrat yang sama. Kelompok yang mengonsumsi lemak lebih banyak mengalami peningkatan asam lambung. Hal itu menunjukkan bahwa konsumsi makanan berlemak perlu dibatasi agar kesehatan pencernaan terjaga.

5. Makanan pedas

Makanan pedas mengandung capsaicin, yaitu senyawa yang lambat dicerna oleh tubuh.  Senyawa tersebut memicu naiknya asam lambung dengan cepat, bahkan mampu mengiritasi tenggorokan secara langsung.  

Baca Juga: 9 Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan dan Cara Merebusnya di Rumah dengan Mudah

6. Bawang bombay

BMengutip Kontan, bawang bombay menjadi bahan makanan yang mengandung asam.  Terutama saat masih mentah. Jika ingin mengonsumsinya, disarankan dalam porsi tepat dan saat asam lambung tidak sedang kambuh.  

7. Tomat

Tomat memiliki kandungan asam yang tinggi seperti buah citrus.  Bagi penderita asam lambung, tomat dapat memicu naiknya asam lambung. Selain tomat segar, pengidap juga perlu menghindari berbagai olahan tomat, seperti saus.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×