kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 -1,49%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Baik Buat Diabetes dan Tensi Tinggi, Ini 4 Khasiat Rutin Minum Teh Hijau


Senin, 15 April 2024 / 12:29 WIB
Baik Buat Diabetes dan Tensi Tinggi, Ini 4 Khasiat Rutin Minum Teh Hijau
ILUSTRASI. Baik Buat Diabetes dan Tensi Tinggi, Ini 4 Khasiat Rutin Minum Teh Hijau.

Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Teh terutama teh hijau memiliki banyak sekali khasiat yang baik untuk tubuh terutama bagi penderita tekanan darah tinggi (hipertensi) bahkan diabetes.

Teh hijau merupakan salah satu jenis teh yang sudah lama dikenal masyarakat. Selain nikmat, mengonsumsi teh hijau secara rutin ternyata membawa banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Meskipun banyak yang sudah meengetahui jenis teh ini, sayangnya tidak banyak orang yang menyukai teh hijau. Kebanyakan masyarakat lebih sering mengonsumsi teh hitam baik disajikan dengan hangat atau dingin. 

Bersumber dari situs balittri.litbang.pertanian.go.id, baik teh hijau maupun teh hitam berasal dari tanaman yang sama yaitu pucuk daun muda tanaman teh atau Camelia sinensis

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Tak Boleh Dilakukan Lagi Setelah Masuk Usia 40-an

Yang membedakan teh hijau dengan teh hitam atau teh merah adalah proses fermentasi. Teh hitam diperoleh dengan proses fermentasi atau oksidasi enzimatis. 

Teh hijau hanya diolah dengan satu kali proses penyaringan saja. Proses inilah yang menyebabkan kandungan kafein dalam teh hijau sedikit dan warna air seduhannya lebih terang. 

Bersumber dari Instagram @kemdikbud.ri, teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi. Zat ini dapat membantu tubuh untuk melawan radikal bebas. 

Selain membantu melawan radikal bebas, berikut ini manfaat yang kita dapat jika rutin meminum teh hijau. 

  • Mencegah penyakit jantung dan stroke

Teh hijau mengandung asam fenolik. Zat ini dapat membantu tubuh untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner yang bisa menyebabkan stroke. 

Menghambat pertumbuhan sel kanker

Selain menangkal radikal bebas, senyawa antioksidan dalam teh hijau juga membantu menghambat pertumbuhan berbagai sel kanker. Senyawa ini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker seperti kanker paru-paru, kanker lambung, kanker kulit, dan kanker payudara.

  • Mencegah diabetes

Bagi orang yang memiliki riwayat penyakit diabetes, konsumsi makanan dan minuman tentu harus dijaga agar tidak terjangkit penyakit ini. 

Sebagai langkah pencegahan, Anda bisa mulai rutin meminum teh hijau. Teh jenis ini dapat meningkatkan kinerja insulin dan membantu mengurangi kadar gula darah.

Baca Juga: Manfaat Kangkung untuk Kesehatan, Ada 5 Hal Menarik Diketahui

  • Menurunkan berat badan

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan secara alami adalah dengan rutin mengonsumsi teh hijau.

Jenis teh ini memiliki manfaat meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak terutama di area perut.

Jika Anda sedang menjalani program diet menurunkan berat badan, Anda bisa mengonsumsi teh hijau untuk membantu membakar lemak lebih banyak.

  • Menstabilkan tekanan darah

Manfaat rutin mengonsumsi teh hijau selanjutnya adalah membantu menstabilkan tekanan darah. Teh hijau mengandung zat polifenol yang mampu menurunkan dan menstabilkan tekanan darah tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×