kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,59   3,01   0.34%
  • EMAS1.332.000 0,60%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Berapa Kolesterol Normal Pria & Wanita Dewasa? Cek Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi


Sabtu, 10 Februari 2024 / 05:00 WIB
Berapa Kolesterol Normal Pria & Wanita Dewasa? Cek Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi
ILUSTRASI. Berapa Kolesterol Normal Pria & Wanita Dewasa? Cek Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Kolesterol Normal Wanita dan Pria - Jakarta. Kenali standar normal kolesterol wanita dan pria dewasa? Anda tidak perlu khawatir jika kolesterol tinggi. Ada cara alami untuk menurunkan kolesterol tinggi.

Mengetahui standar kolesterol normal pada pria dan wanita adalah hal penting saat ini. Pasalnya, banyak orang mengeluhkan kolesterol tinggi akibat pola makan tidak sehat.

Kolesterol tinggi tidak hanya terjadi pada wanita dan pria dewasa. Banyak anak muda yang sudah mengalami peningkatan kolesterol.

Dilansir dari website resmi Siloam Hospital, kolesterol adalah senyawa berupa lemak yang diproduksi oleh berbagai sel dalam tubuh, kolesterol dalam tubuh kita berasal dari dua sumber yaitu makanan dan hati.

Meski pada dasarnya tubuh membutuhkan kolesterol untuk menjalankan beberapa fungsi tubuh, namun kadar kolesterol yang terlalu tinggi justru dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Beberapa masalah kesehatan yang dapat terjadi saat kadar kolesterol tinggi di antaranya, gejala stroke, penyakit jantung, dan gangguan sirkulasi darah. Maka dari itu, penting mengetahui standar kolesterol normal dan pemeriksaan kadar kolesterol secara berkala.

Baca Juga: Tak Disangka! 5 Ramuan Herbal Ini Merontokkan Kolesterol Jahat

Standar kolesterol normal berdasarkan jenisnya

Kolesterol terbagi menjadi dua jenis, yaitu kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL). HDL berfungsi mencegah terjadinya aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah akibat lemak).

Sebaliknya, LDL adalah kolesterol yang menjadi salah satu penyebab utama terjadinya aterosklerosis. Selain LDL dan HDL juga terdapat lemak dalam bentuk lain yang disebut trigliserida.

Nah, berikut standar kolesterol seseorang berdasarkan masing-masing jenis di atas:

1. Kolesterol Baik (HDL)

Kolesterol baik pada tubuh berperan untuk melindungi Anda dari berbagai jenis penyakit jantung. Sehingga, semakin tinggi kadar HDL, maka akan semakin baik bagi kesehatan.

Kadar kolesterol normal untuk HDL yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung minimal 60 mg/dL. Dan apabila kadar HDL kurang dari 40 mg/dL tidak akan baik bagi jantung.

2. Kolesterol Jahat (LDL)

Sesuai dengan nama dan sifatnya, kolesterol jahat sebaiknya ada di tingkat rendah atau setidaknya dapat ditoleransi oleh tubuh Anda, yaitu kurang dari 100 mg/dL. Apabila tubuh memiliki tingkat LDL lebih dari 100-129 mg/dL, maka dapat berisiko menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti ateroma, stroke, dan jantung.

3. Trigliserida

Selain LDL, tubuh juga dapat memproduksi lemak bernama trigliserida yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Sehingga, Anda disarankan menjaga kadar kolesterol normal pada trigliserida yaitu kurang dari 150 mg/dL. Sementara, batas tinggi kadar trigliserida adalah 150-199 mg/dL, apabila kadarnya melebihi 200 mg/dL maka perlu diwaspadai.

4. Kolesterol Total

Kolesterol total adalah gabungan dari LDL, HDL, dan trigliserida per desiliter darah. Kondisi umum kadar kolesterol seseorang biasanya cukup dilihat dari kolesterol total dan HDL.

Apabila kadar kolesterol total kurang dari 200 mg/dL, maka masih di batas normal. Namun, jika sudah mencapai 200-239 mg/dL termasuk batas tinggi. Dan dikategorikan kolesterol tinggi bila lebih dari 240 mg/dL.

Standar kolesterol normal wanita dan pria

Selain dari jenis-jenisnya, kadar kolesterol juga dapat dilihat berdasarkan jenis kelamin dan usia seseorang. Berikut standar kolesterol normal wanita dan pria berdasarkan usia

1. Standar kolesterol normal wanita dibawah 19 tahun

Standar normal kolesterol wanita dibawah 19 tahun adalah kurang dari 170 mg/dL, dengan kadar LDL di bawah 110 mg/dL dan HDL di atas 45 mg/dL. Dikatakan kolesterol tinggi apabila kadarnya dalam darah mencapai lebih dari 200 mg/dL.

2. Standar kolesterol normal wanita usia 20 tahun dan tiatasnya

Sementara, standar kolesterol normal wanita usia 20 tahun atau lebih adalah 125-200 mg/dL dengan jumlah LDL dibawah 100 mg/dL dan HDL di atas 40 mg/dL. Dikatakan kolesterol tinggi apabila kadarnya dalam darah mencapai lebih dari 239 mg/dL.

3. Standar kolesterol normal pria dibawah 19 tahun

Sama halnya dengan wanita, standar kolesterol normal pria dibawah 19 tahun adalah kurang dari 170 mg/dL, dengan kadar LDL di bawah 110 mg/dL dan HDL di atas 45 mg/dL. Dikatakan kolesterol tinggi apabila kadarnya dalam darah mencapai lebih dari 200 mg/dL.

4. Standar kolesterol normal pria usia 20 tahun dan tiatasnya

Sementara, standar kolesterol normal pria usia 20 tahun atau lebih adalah 125-200 mg/dL dengan jumlah LDL dibawah 100 mg/dL dan HDL di atas 40 mg/dL. Dikatakan kolesterol tinggi apabila kadarnya dalam darah mencapai lebih dari 239 mg/dL.

Cara menurunkan kolesterol tinggi

Menurut pemberitaan Kompas.com, beberapa bahan alami dapat menurunkan kolesterol tinggi sehingga risiko masalah kesehatan yang serius, seperti stroke dan serangan jantung, dapat dicegah. Berikut cara alami menurunkan kolesterol yang disarikan dari Healthline dan WebMD:

  • Serat larut

Cara alami menurunkan kolesterol tinggi yang pertama adalah konsumsi serat larut. Konsumsi serat larut dapat mengikat kolesterol dan asam empedu di dalam usus sehingga tidak akan diserap oleh tubuh. Lever atau hati perlu memproduksi asam empedu yang hilang menggunakan kolesterol yang ada di aliran darah sehingga kadar kolesterol tubuh akan berkurang.

Selain suplemen, serat larut juga dapat ditemukan di dalam buah dan sayur, seperti jeruk, pir, asparagus, peach, kentang, dan oatmeal. Kacang kedelai Kacang kedelai dipercaya dapat menurunkan kolesterol dan mengurangi gejala menopause. Meskipun efektivitasnya untuk menurunkan kolesterol masih diperdebatkan, kacang kedelai memiliki kandungan lemak yang rendah sehingga bisa menggantikan beberapa jenis makanan, seperti daging.

  • Angkak merah

Cara alami menurunkan kolesterol tinggi yang kedua adalah konsumsi angkak merah. Red yeast rice atau angkak merah adalah nasi putih yang telah difermentasi dengan ragi atau khamir. Angkak merah sudah terbukti dapat menurunkan kolesterol. Namun, bisa menimbulkan efek samping tertentu, seperti kerusakan otot, lever, dan ginjal, sehingga tidak bisa digunakan sembarangan.

  • Bawang putih

Cara alami menurunkan kolesterol tinggi yang ketiga adalah konsumsi bawang putih. Selain digunakan untuk memasak, bawang putih juga sudah terbukti dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, serta memperlambat perkembangan aterosklerosis atau penyumbatan pembuluh darah. Meskipun begitu, penelitian yang lain menunjukkan hasil yang berbeda sehingga efektivitasnya untuk menurunkan kolesterol tinggi masih diragukan.

  • Flaxseed

Cara alami menurunkan kolesterol tinggi yang keempat adalah konsumsi flaxseed. Flaxseed adalah biji-bijian dari tanaman rami yang memiliki kandungan asam alfa-linolenat (ALA) yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Selain dapat meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh, flaxseed juga dapat menurunkan kolesterol jahat, khususnya pada orang-orang yang memiliki kolesterol tinggi dan wanita post-menopause.

  • Minyak ikan

Cara alami menurunkan kolesterol tinggi yang kelima adalah konsumsi minyak ikan. Minyak ikan memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang dapat menyehatkan jantung dan menurunkan risiko penyakit jantung. Selain mengonsumsi suplemen omega-3, Anda juga bisa mengonsumsi beberapa jenis ikan, seperti salmon, tuna, dan sarden.

  • Sterol dan stanol

Cara alami menurunkan kolesterol tinggi yang keenam adalah konsumsi sterol dan stanol. Sterol dan stanol adalah zat yang dapat ditemui di berbagai jenis buah, sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan tumbuhan lainnya. Sterol dan stanol dapat mencegah usus halus untuk menyerap kolesterol sehingga kadar kolesterol jahat di dalam tubuh akan berkurang.

  • Jahe

Cara alami menurunkan kolesterol tinggi yang ketujuh adalah konsumsi sari jahe. Jahe sudah terbukti secara alami dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Beberapa penelitian bahkan sudah membuktikan bahwa jahe dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, atau LDL, dan meningkatkan kadar kolesterol baik, atau HDL. Meskipun dapat menurunkan kolesterol di dalam tubuh, beberapa obat kolesterol alami di atas dapat memberikan efek samping tertentu untuk kesehatan.

Itulah standar normal kolesterol wanita dan pria dewasa serta cara menurun kolesterol tinggi secara alami. Rutin cek kolesterol Anda di klinik kesehatan terdekat.

Selanjutnya: Gon Xi Fa Cai, Selamat Tahun Baru Baru Imlek 2024, Kirim Ucapan & Twibbon Imlek Ini

Menarik Dibaca: Promo JSM Alfamart sampai 11 Februari 2024, Banyak Potongan Harga di Hari Imlek

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

×