kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Berlaku Desember, Tiket Akhir Pekan Whoosh Naik Jadi Rp 250.000


Minggu, 26 November 2023 / 08:20 WIB
Berlaku Desember, Tiket Akhir Pekan Whoosh Naik Jadi Rp 250.000
ILUSTRASI. Tarif Promo Kereta Cepat Whoosh Jakarta-Bandung Berlaku Desember 2023

Reporter: Hasbi Maulana | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah 30 November 2023 mendatang, promo tiket kereta cepat Jakarta-Bandung Whoosh Rp 150.000 untuk kelas premium ekonomi akan berakhir. Promo ini sudah berlaku sejak 18 Oktober lalu. 

Lalu, akankah promo tiket ini diperpanjang? Apakah harga tiket kereta cepat Whoosh Desember akan naik? 

Dikutip Kompas.com, Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Eva Chairunisa sempat mengatakan KCIC akan memberikan promo dengan skema lain mulai Desember 2023 mendatang. 

Dia menjelaskan, kereta cepat Whoosh merupakan layanan kereta komersial sehingga penetapan harga tiket akan menggunakan strategi dynamic pricing di mana harga tiket tergantung pada kondisi pasar. 

Selain itu, penetapan harga tiket juga akan mengikuti pola permintaan dan strategi perusahaan dengan menggunakan perhitungan dan kajian yang tepat. 

Artinya, besaran harga tiket kereta cepat Whoosh akan dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti jam perjalanan, waktu pemesanan, okupansi kereta, dan rute yang dipilih. 

Baca Juga: Masih Promo, Harga Tiket Kereta Cepat Whoosh Mulai Rp 200.000 Selama Desember 2023

Apabila faktor-faktor tersebut menunjukkan permintaan akan tiket kereta cepat Jakarta-Bandung sedang tinggi maka kemungkinan harga tiket dapat naik. 

"Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tarif kereta cepat whoosh di antaranya jam perjalanan apakah di jam sibuk atau tidak sibuk; waktu pemesanan, apakah jauh hari atau menjelang keberangkatan; okupansi kereta, apakah kereta dipesan saat sudah menjelang penuh atau saat okupansi masih rendah; rute yang diinginkan, apakah termasuk rute favorit atau tidak; dan berbagai faktor-faktor penentu lainnya," jelasnya.

Nah, mungkin berdasarkan segala faktor itu KCIC baru saja mengumumkan tarif baru Whoosh yang akan berlaku sejak Desember 2023 mendatang. 

Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi menyampaikan bahwa tarif promo kereta cepat Whoosh mengalami kenaikan, yaitu mulai dari Rp 200.000 untuk kelas Premium Economy.

Harga tersebut berlaku untuk perjalanan Senin-Kamis. Adapun harga tiket perjalanan Jumat-Minggu untuk dijual seharga Rp250.000.

Tarif promo tersebut sudah termasuk tiket perjalanan KA Feeder dari Stasiun Padalarang menuju Stasiun Bandung dan sebaliknya.

Dwiyana mengatakan penerapan tarif promo dan penambahan perjalanan pada bulan Desember 2023 dilakukan untuk memberikan kesempatan yang lebih banyak pada masyarakat yang ingin menggunakan Kereta Cepat Whoosh sebagai moda transportasi pilihan. 

Perubahan tarif tersebut juga bisa diketahui dari laman resmi penjualan tiket KCIC. Tiket promo yang baru tersebut sudah bisa mulai dipesan di laman tersebut namnun masih terbatas sampai dengan tanggal 5 Desember 2024. 

Baca Juga: Promo Tiket Kereta Cepat Whoosh Bakal Berakhir Bulan Ini, Desember Bakal Naik?

Sebagai informasi, sejak beroperasi secara komersial pada 17 Oktober 2023, animo masyarakat untuk menggunakan kereta cepat Jakarta-Bandung cukup besar. Hal ini terlihat dari jumlah perjalanan harian yang terus bertambah dari awalnya 14 perjalanan kemudian bertahap bertambah menjadi 36 perjalanan per hari. 

Terlebih lagi, selama sebulan pertama ini KCIC menerapkan tarif promo sebesar Rp 150.000 untuk tiket kereta cepat Whoosh kelas premium ekonomi. 

Adapun hingga 21 November 2023, Kereta Cepat Jakarta-Bandung telah mengangkut penumpang sebanyak 472.000 penumpang dengan rata-rata okupansi penumpang mencapai 80-99 persen pada setiap rangkaian yang beroperasi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Promo Tiket Kereta Cepat Whoosh Rp 150.000 Berakhir Bulan Ini, Desember Harga Naik?"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×