kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan, Ini 17 Manfaat Ikan Salmon yang Mengejutkan


Minggu, 03 Desember 2023 / 04:15 WIB
Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan, Ini 17 Manfaat Ikan Salmon yang Mengejutkan
ILUSTRASI. Manfaat ikan salmon untuk kesehatan tubuh sudah tidak diragukan lagi.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

MANFAAT IKAN SALMON - Manfaat ikan salmon untuk kesehatan tubuh sudah tidak diragukan lagi. Pasalnya, salmon merupakan salah satu makanan tersehat di dunia. 

American Heart Association merekomendasikan makan ikan salmon setidaknya dua porsi per minggu. Ini dikarenakan banyak sekali manfaat ikan salmon, di mana ikan ini kaya akan asam lemak omega-3, protein, vitamin, dan mineral yang membantu mengurangi risiko beberapa penyakit dan gejala. 

Berikut 17 manfaat ikan salmon seperti yang dikutip dari Stylecraze dan Healthline:

17 Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

1. Membantu Penurunan Berat Badan

Salmon juga merupakan sumber protein bersama dengan asam lemak omega-3. Kedua nutrisi ini berpengaruh terhadap persentase lemak tubuh. Protein sulit dicerna sehingga dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga membuat Anda makan lebih sedikit. 

2. Mengurangi Peradangan

Peradangan itu berbahaya. Hal ini dapat menyebabkan penambahan berat badan, nyeri sendi, respon autoimun, tukak lambung, dan stroke. Asam lemak omega-3 yang ada dalam salmon, EPA dan DHA, mengatur hormon lokal. Hal ini, pada gilirannya, mengatur jalur seluler dan ekspresi gen, yang membantu menekan biomolekul proinflamasi. Ini membantu mencegah migrain, radang sendi, psoriasis, kolitis ulserativa, multiple sclerosis, penyakit Crohn, obesitas akibat peradangan, dll. 

3. Meningkatkan Kinerja Otak

Asam lemak omega-3 yang ada dalam salmon penting agar otak Anda berfungsi dengan baik. Asam lemak tak jenuh ganda ini bersifat neuroprotektif. Selain itu, EPA dan DHA membantu meningkatkan pertumbuhan neurit pada tahap perkembangan otak. 

Baca Juga: Catat 7 Makanan Bagi Penderita Diabetes yang Baik Dikonsumsi

4. Melawan Kanker

Kanker dapat disebabkan karena ketidakseimbangan asam lemak omega-3 dan omega-6 dalam tubuh, sehingga menyebabkan penumpukan racun, peradangan, dan proliferasi sel yang tidak terkendali. Menambahkan salmon ke dalam makanan Anda dapat membantu meningkatkan kadar asam lemak omega-3, sehingga mengurangi peradangan dan toksisitas dalam tubuh. 

5. Mencegah ADHD Pada Anak

Asam lemak omega-3, DHA dan EPA, memainkan peran penting namun berbeda dalam tubuh. DHA bertanggung jawab untuk perkembangan otak sebelum dan sesudah melahirkan, sementara EPA membantu mengendalikan suasana hati dan perilaku. Para peneliti menemukan bahwa pemberian DHA dan EPA dalam kombinasi tertentu dapat membantu mengurangi gejala ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) pada anak. Kombinasi ini juga bermanfaat bagi anak autis dan disleksia.

6. Sumber Protein yang Sangat Baik

Hanya seperempat cangkir salmon yang dapat memberi Anda 13 g protein – bahan pembangun tubuh Anda. Asam amino bergabung untuk membentuk protein sehingga penting bagi Anda untuk mendapatkan asam amino esensial dalam jumlah yang dibutuhkan. 

Baca Juga: Ini 6 Camilan Sehat untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin, Salah Satunya Alpukat

7. Sumber Vitamin D yang Baik

Salmon juga merupakan sumber vitamin D yang membantu memperkuat tulang, mengurangi risiko diabetes tipe 2, melawan kanker, dan mencegah penyakit jantung.

8. Meningkatkan Kesehatan Makula

Studi Penyakit Mata Terkait Usia (AREDS) yang dilakukan para ilmuwan menunjukkan bahwa partisipan yang rutin mengonsumsi makanan kaya asam lemak omega-3 memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit makula. Karena salmon kaya akan asam lemak omega-3, salmon dianggap sebagai “raja” dalam hal meningkatkan penglihatan. 

9. Sumber Selenium yang Sangat Baik

Selenium adalah mineral yang bertindak sebagai antioksidan dan salmon adalah sumber selenium yang baik. Ini membantu melawan kanker, mengatur produksi hormon tiroid, mendukung berfungsinya sistem kekebalan tubuh, melawan tindakan HIV, membantu menurunkan kemungkinan keguguran, meningkatkan motilitas sperma, mengurangi stres oksidatif dan peradangan, dan juga dapat membantu melindungi Anda dari penyakit kardiovaskular. 

Baca Juga: 5 Cara Mudah Menurunkan Kolesterol Jahat Tanpa Obat

10. Sumber Astaxanthin yang Hebat

Pernah bertanya-tanya mengapa daging salmon berwarna merah muda jingga? Itu karena salmon mengandung astaxanthin dalam jumlah yang banyak, yang juga menjadi alasan mengapa kepiting dan udang berwarna oranye. Astaxanthin adalah karotenoid xanthophyll yang memiliki sifat antioksidan kuat dan membantu mengais radikal oksigen berbahaya. 

11. Sarat Dengan Vitamin B

Salmon adalah sumber vitamin B yang sangat baik. Berikut daftarnya.

Vitamin B12 atau Cobalamin – 51% dari RDI
Vitamin B6 atau Pyridoxine – 47% dari RDI
Vitamin B1 atau Tiamin – 18% dari RDI
Vitamin B2 atau Riboflavin – 29% dari RDI
Vitamin B3 atau Niacin – 50% dari RDI
Vitamin B5 atau asam pantotenat – 19% dari RDI
Vitamin B9 atau Asam Folat – 9% dari RDI

Masing-masing vitamin ini memainkan peran utama dalam menjaga kesehatan optimal. 

12. Mencegah Rambut Rontok

Salmon kaya akan asam lemak omega-3, protein, vitamin B12, dan zat besi. Nutrisi ini meningkatkan kesehatan kulit kepala Anda, mencegah rambut rontok dengan memberikan nutrisi pada folikel, meningkatkan pertumbuhan rambut, dan mencegah rambut Anda terlihat kusam. 

13. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Seiring bertambahnya usia, garis-garis halus, bintik hitam, dan bintik-bintik mulai muncul. Faktanya, banyak remaja putri yang memiliki kulit berminyak atau kering sehingga rentan berjerawat atau kulit terkelupas. Salmon sangat dianjurkan jika Anda ingin meningkatkan kesehatan kulit Anda. 

Baca Juga: Ini 9 Makanan untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus selama Beraktivitas

14. Membantu Meningkatkan Mood

Ya, salmon juga bisa membantu meningkatkan mood Anda. Asam lemak omega-3 yang ada dalam salmon membantu mengurangi peradangan dan memberikan dukungan bagi kesehatan emosional Anda. 

15. Menunjang kesehatan tulang

Salmon adalah sumber vitamin D yang baik, dengan sekitar 66% DV dalam porsi 3,5 ons (100 gram) salmon budidaya. Vitamin D merupakan mikronutrien penting yang berperan sentral dalam kesehatan tulang dengan meningkatkan penyerapan kalsium.

16. Lezat dan serbaguna

Salmon memang lezat. Ikan ini memiliki rasa yang unik dan lembut dengan rasa yang tidak terlalu “amis” dibandingkan jenis ikan berlemak lainnya, seperti sarden dan makarel. Ikan salmon juga sangat serbaguna. Bisa dikukus, ditumis, diasap, dipanggang, dipanggang, atau direbus. Bisa juga disajikan mentah dalam sushi dan sashimi.

Baca Juga: 7 Manfaat Rutin Makan Ikan Laut Buat Kesehatan Anak dan Remaja, Orangtua Perhatikan!

Selain itu, salmon kalengan adalah pilihan cepat dan murah yang memberikan manfaat kesehatan yang sama mengesankannya dengan ikan segar. Faktanya, hampir semua salmon kalengan adalah salmon liar, bukan hasil budidaya, dan profil nutrisinya sangat baik.

17. Baik untuk jantung

Fakta nutrisi yang disebutkan di atas jelas menunjukkan bahwa salmon kaya akan asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 adalah asam lemak tak jenuh ganda yang memiliki banyak ikatan rangkap. EPA dan DHA adalah dua jenis asam lemak omega-3 yang terdapat dalam salmon. Ini membantu mengurangi kadar trigliserida serum dengan mengurangi kadar LDL dan meningkatkan degradasi asam lemak. Ikan ini mencegah pembentukan plak dan dapat melindungi Anda dari penyakit kardiovaskular dan stroke.

Baca Juga: Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami, Sudah Coba?

Selanjutnya: Promo JSM Alfamart 3 Desember 2023, Promo Gajian Untung Segera Berakhir Hari Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×