kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Bolehkah Penderita Diabetes Makan Roti?


Rabu, 21 Februari 2024 / 16:53 WIB
Bolehkah Penderita Diabetes Makan Roti?
ILUSTRASI. Penderita diabetes tak bisa sembarang makan roti. Ini karena roti termasuk salah satu makanan dengan indeks glikemik tinggi.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Berikut daftar roti untuk penderita diabetes yang lebih direkomendasikan.

Roti adalah bahan makanan pokok rumah tangga yang memberikan banyak manfaat bagi tubuh dan mudah untuk dikonsumsi. 

Namun, ketika kita didiagnosis diabetes, mengetahui karbohidrat mana yang boleh dimakan, termasuk roti, mungkin dapat membingungkan.

Penderita diabetes tak bisa sembarang makan roti. Ini karena roti termasuk salah satu makanan dengan indeks glikemik tinggi.

Semakin tinggi indeks glikemik dalam suatu makanan, semakin tinggi pula kemungkinannya untuk menaikkan gula darah.

Bolehkah penderita diabetes makan roti?

Melansir Kompas.com, Seorang dokter spesialis gizi, Dr Kitty Broihier, MS, RD, LD, mengatakan bahwa penderita diabetes dapat makan roti selama itu sesuai dengan rencana makan mereka atau dalam jatah penghitungan karbohidrat mereka. 

"Secara umum, itu berarti memilih sepotong roti yang memiliki 15 gram karbohidrat untuk sandwich," terangnya. 

Baca Juga: Melumpuhkan Asam Urat Tinggi dan Darah Tinggi, 6 Manfaat Pokak yang Kaya Antioksidan

Untuk menempatkan ini ke dalam konteks, dua potong roti setara dengan 24 hingga 30 gram karbohidrat dan setiap porsi adalah sekitar 15 gram karbohidrat. 

Jadi, jika kita makan sandwich, dua irisan itu akan dihitung sebagai dua porsi.

9 Jenis Roti untuk Penderita Diabetes

Berikut adalah 9 jenis roti terbaik untuk disantap oleh penderita diabetes yang wajib Anda ketahui seperti yang dikutip dari Insta Care:

1. Roti gandum utuh

Roti gandum utuh merupakan salah satu jenis roti terbaik bagi penderita diabetes karena memang tinggi serat dan rendah karbohidrat. Serat dalam roti gandum memperlambat penyerapan glukosa ke dalam aliran darah, sehingga dapat membantu mengatur kadar gula darah. 

Selain itu, roti gandum memiliki indeks glikemik (gi) yang lebih rendah dibandingkan roti putih, sehingga tidak menyebabkan kadar gula darah melonjak dengan cepat.

Baca Juga: Mengenal Bisphenol A dan Bahayanya Bagi Kesehatan

2.Roti pipih

Roti pipih adalah roti yang sering dibuat dengan tepung gandum utuh dan bisa menjadi pilihan yang baik untuk penderita diabetes. 

Roti pipih biasanya lebih tipis dibandingkan roti tradisional, artinya roti ini memiliki lebih sedikit karbohidrat dan GI lebih rendah dibandingkan roti putih. 

Roti pipih sering kali diberi bahan-bahan sehat, seperti sayuran dan protein tanpa lemak, yang selanjutnya dapat membantu mengatur kadar gula darah.

3. Roti gandum hitam

Roti gandum hitam adalah pilihan lain yang baik untuk penderita diabetes karena memiliki GI lebih rendah dibandingkan roti putih dan juga tinggi serat. Roti gandum hitam juga kaya akan lignan, antioksidan yang terbukti membantu menurunkan kadar gula darah. 

Namun, memilih roti gandum hitam yang terbuat dari tepung gandum utuh daripada tepung gandum olahan sangatlah penting, karena tepung gandum hitam murni memiliki GI yang lebih tinggi.

4. Roti gandum bertunas

Biji-bijian utuh, diberi waktu untuk bertunas sebelum diolah menjadi tepung, membuat roti diolah dari biji-bijian yang bertunas. Proses ini dapat meningkatkan nilai gizi roti dan membuatnya lebih mudah dicerna. 

Roti gandum bertunas juga lebih rendah karbohidrat dan memiliki GI lebih rendah dibandingkan roti tawar, menjadikannya pilihan yang baik untuk penderita diabetes.

Baca Juga: 9 Khasiat Menakjubkan Jeruk Nipis yang Jarang Orang Tahu, Bisa Buat Diabetes

5. Roti yang difermentasi dengan ragi

Roti yang difermentasi dengan ragi dibuat menggunakan proses fermentasi alami yang menghasilkan asam laktat. 

Proses ini dapat membantu memecah karbohidrat pada roti sehingga lebih mudah dicerna dan menyebabkan nilai GI lebih rendah dibandingkan roti tawar. 

Roti yang difermentasi dengan ragi juga kaya akan bakteri menguntungkan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan usus.

6. Roti Yehezkiel

Biji-bijian dan kacang-kacangan yang sehat, termasuk gandum, barley, lentil, dan kedelai, digunakan untuk membuat roti ezekiel. Perpaduan bahan inilah yang membuat roti ezekiel tinggi serat dan tentu saja protein serta rendah karbohidrat. 

Selain itu, karena biji-bijian dan kacang-kacangan bertunas, roti ini lebih mudah dicerna dan memiliki GI lebih rendah dibandingkan roti putih.

Baca Juga: 4 Jus Buah Ini Efektif Merontokkan Gula Darah Tinggi pada Penderita Diabetes

7. Membuat roti sendiri

Pilihan lain bagi penderita diabetes adalah membuat roti menggunakan tepung gandum utuh dan pemanis rendah glikemik, seperti madu atau stevia. 

Hal ini memungkinkan Anda mengontrol bahan-bahannya dan memastikan roti Anda sehat dan rendah karbohidrat. 

Banyak resep tersedia online untuk roti ramah diabetes, termasuk pilihan roti bebas gluten.

8. Roti bebas gluten

Bagi mereka yang sensitif terhadap gluten atau menderita penyakit celiac, roti bebas gluten bisa menjadi pilihan yang baik. 

Roti bebas gluten biasanya terbuat dari tepung beras, tepung maizena, dan tepung kentang, yang memiliki GI lebih rendah dibandingkan tepung terigu. 

Namun, memang penting untuk membaca label dengan cermat dan mencari roti bebas gluten yang juga rendah gula.

9. Roti pita

Roti pita memang merupakan salah satu jenis roti yang memang biasanya dibuat dari tepung terigu utuh dan memiliki gi lebih rendah dibandingkan roti tawar. 

Roti pita juga tinggi serat dan protein yang memang bisa membantu mengatur kadar gula darah dan memang membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Baca Juga: Air Putih Hangat Setiap Hari Baik Buat Kesehatan Tubuh, Ini Beragam Manfaatnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×