kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.010,87   12,58   1.26%
  • EMAS1.128.000 0,27%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Bukan Menabung, Ini Cara Mudah Jadi Kaya ala Robert Kiyosaki


Rabu, 06 Desember 2023 / 08:18 WIB
Bukan Menabung, Ini Cara Mudah Jadi Kaya ala Robert Kiyosaki
ILUSTRASI. Robert Kiyosaki membagikan tips tentang apa yang diperlukan untuk mencapai kemandirian finansial.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Pada tahun 2014, Forbes menyusun daftar 100 kutipan uang terbaik dalam sejarah. Nomor 47 adalah pernyataan Robert Kiyosaki: “Bukan berapa banyak uang yang Anda hasilkan, tetapi berapa banyak uang yang Anda simpan, seberapa keras Anda bekerja, dan berapa generasi Anda menyimpannya.”

Kiyosaki membangun kerajaan "Rich Dad Poor Dad" lewat bukunya tahun 1997 dengan nama yang sama. 

Robert Kiyosaki, seorang pengusaha sukses tidak hanya mencapai kesuksesan finansial tetapi juga menginspirasi ribuan orang lain untuk melakukan hal yang sama. 

Di dunia di mana sebagian besar bersedia menerima lebih sedikit, dia membagikan tips tentang apa yang diperlukan untuk mencapai kemandirian finansial.

Berikut adalah 5 tips terbaik dari Robert Kiyosaki yang akan memicu Anda untuk mengambil tindakan dalam memperbaiki keuangan Anda untuk selamanya, seperti yang dihimpun Kontan dari Yahoo Finance dan Medium.com.

1. Kumpulkan Aset Arus Kas — Bukan Tabungan — untuk Pensiun

Kiyosaki adalah pendukung utama memiliki cukup uang untuk pensiun dengan nyaman setelah tahun-tahun bekerja mengumpulkan penghasilan Anda. Namun dia tidak percaya pada tabungan atau filosofi tradisional "telur sarang". 

Nah, menabung cukup untuk masa pensiun mengharuskan investor untuk menjawab tiga pertanyaan ini:

- Berapa lama saya akan hidup?
- Pada tingkat berapa inflasi akan naik?
- Bagaimana pasar akan berperilaku?

Menurut Kiyosaki, karena tidak ada yang bisa menjawab pertanyaan tersebut, menabung untuk masa pensiun adalah perjudian dengan masa depan Anda. 

Baca Juga: Robert Kiyosaki Bullish Terhadap Emas, Ini Alasannya

2. Diversifikasi Keterampilan Anda

Apakah Anda bekerja untuk perusahaan atau diri Anda sendiri, penting bagi Anda untuk terus meningkatkan keterampilan Anda.

Lihat setiap pengalaman kerja sebagai kesempatan belajar. Sering kali orang tersesat bekerja dalam karier yang bergaji tinggi tetapi membuat mereka merasa sengsara.

Hindari ini dengan memahami di mana Anda melihat diri Anda dalam beberapa tahun mendatang.

Baca Juga: Robert Kiyosaki Sebut Bitcoin Uang Rakyat, Dolar Uang Palsu

3. Menjadi Pintar Finansial

Tidak ada yang akan peduli dengan keuangan Anda sebanyak Anda sendiri. Jadi mengapa tidak mendidik diri sendiri untuk memaksimalkan penghasilan Anda?

Kebanyakan orang hidup dengan gagasan bahwa mereka tidak perlu menjadi ahli dalam mengelola uang mereka karena mereka dapat mempekerjakan orang lain untuk mengelolanya bagi mereka. Itu merupakan kesalahan besar.

Meskipun ada waktu dan tempat untuk mempekerjakan ahli keuangan, Andalah yang akan membuat semua keputusan, bukan mereka. Plus, Jika Anda tidak dapat berbicara tentang "jargon" keuangan, akan mudah bagi orang lain untuk memanfaatkan Anda. Biasakan untuk terus belajar tentang topik keuangan.

4. Bayar Diri Anda Terlebih Dahulu

Kebanyakan orang ingin mengumpulkan tabungan atau memberi untuk amal, tetapi mereka memandang tujuan itu sebagai kemewahan yang hanya dapat mereka nikmati setelah tagihan mereka dibayar. 

Kiyosaki ingin Anda membayar diri sendiri terlebih dahulu. Ketika Anda melihat akumulasi surplus sebagai tagihan yang harus dibayar, Anda akan memperlakukan tujuan keuangan Anda sendiri sama seriusnya dengan pengeluaran tradisional Anda.

5. Gunakan Uang Orang Lain untuk Berinvestasi

Kiyosaki memulai perjalanannya menuju kekayaan sementara dia dan istrinya menghabiskan tiga minggu hidup sebagai pasangan tunawisma. Filosofinya yang menyeluruh adalah Anda tidak perlu uang untuk berinvestasi - Anda butuh ide. Orang-orang yang memiliki uang akan membeli ide jika Anda mengembangkannya dan mengartikulasikannya dengan benar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Outlook 2024, Meneropong saham unggulan di Tahun Politik The Coughing Dragon | Global Market Series - China

×