kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45872,59   17,81   2.08%
  • EMAS1.371.000 1,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Bukan Punya Uang Banyak, Cek 3 Hal yang Bikin Hidup Bahagia ala Warren Buffett


Sabtu, 23 Maret 2024 / 02:42 WIB
Bukan Punya Uang Banyak, Cek 3 Hal yang Bikin Hidup Bahagia ala Warren Buffett
ILUSTRASI. Warren Buffett dikenal karena kekayaannya yang melimpah dan keahliannya dalam berinvestasi. REUTERS/Rick Wilking

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Warren Buffett dikenal karena kekayaannya yang melimpah dan keahliannya dalam berinvestasi.

Dan dia terkenal karena sifatnya yang sangat hemat.

Berhasil mengumpulkan kekayaan bersih melebihi US$ 100 miliar tentu akan memudahkan Anda untuk tersenyum setiap pagi. 

Tapi menurut Warren Buffett, kuncinya bukanlah uang. Itulah mengapa Oracle of Omaha tersebut memiliki komitmen untuk memberikan kekayaannya yang luar biasa untuk tujuan filantropi sejak tahun 2006.

Lantas, apa rahasia bahagia Warren Buffett? “Kebutuhan saya sederhana — apa yang membuat saya bahagia di usia 40 membuat saya bahagia di usia 90,” kata Warren Buffett seperti yang dikutip dari bosshunting.com.

Mengutip Medium.com, Express.co.uk, dan CNBC, berikut adalah tiga gaya hidup Warren Buffett agar bisa bahagia setiap hari:

Baca Juga: Warren Buffett: Uang Tidak Berguna Bagi Saya

1. Berinvestasi pada Diri Sendiri

Warren Buffett terkenal berkata,

‘Semakin banyak Anda belajar, semakin banyak penghasilan Anda.’

Dalam sebuah wawancara dengan Pemimpin Redaksi Yahoo Finance Andy Serwer seperti yang dikutip Express.co.uk, tokoh bisnis itu pernah memberikan beberapa nasihat bisnis yang tidak ortodoks. 

Ditanya nasihat apa yang akan dia berikan kepada orang-orang yang ingin sukses dalam bisnis, Warren Buffett mengatakan meluangkan waktu untuk meningkatkan keterampilan komunikasi seseorang akan meningkatkan nilai mereka setidaknya 50%. 

“Sejauh ini investasi terbaik yang dapat Anda lakukan adalah pada diri Anda sendiri," jelas Warren Buffett. 

Baca Juga: Mengenal Investor Nilai, Manish Goel, Warren Buffett dari India

"Saya memberi tahu para siswa itu bahwa jika mereka belajar berkomunikasi dengan lebih baik, baik secara tertulis maupun secara langsung, mereka akan meningkatkan nilai mereka setidaknya 50%," tambahnya. 

Miliarder multi menambahkan: "Anda harus bisa mengeluarkan ide-ide Anda." 

Dia juga menyarankan orang-orang untuk menjaga diri mereka sendiri. 

"Anda mendapatkan tepat satu pikiran dan satu tubuh di dunia ini, dan Anda tidak dapat mulai merawatnya saat berusia 50 tahun," katanya.

Baca Juga: Cara Jitu Menghindari Bangkrut ala Warren Buffett

2. Lakukan Sesuatu yang Murah Hati

Menurut Buffett, kemurahan hati adalah penyebab keberhasilan Graham melebihi orang lain.

“Saya mengenal Ben sebagai guru saya, majikan saya dan teman saya. Dalam setiap hubungan – seperti halnya dengan semua siswa, karyawan, dan teman-temannya – terdapat kemurahan hati yang terbuka dan tidak ada habisnya dalam hal ide, waktu, dan semangat,” katanya. 

“Jika kejernihan berpikir diperlukan, tidak ada tempat yang lebih baik untuk dituju. Dan jika dorongan diperlukan, Ben ada di sana.”

Kemurahan hati sehari-hari adalah salah satu sifat yang paling mudah dikenali dalam Oracle of Omaha. Buffett, bersama temannya Bill Gates, dianggap sebagai dua miliarder paling dermawan di dunia. 

Pada tahun 2006, Buffett mengumumkan bahwa dia akan menyumbangkan sebagian besar miliaran dolarnya ke Bill and Melinda Gates Foundation.

3. Hidup dengan Integritas

Ketika Anda memiliki integritas, orang-orang akan mempercayai Anda. Ini hal terpenting dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda.

Namun yang lebih penting adalah Anda memercayai diri sendiri.

Jika Anda jujur pada diri sendiri dan menepati apa yang Anda katakan, Anda akan mengurangi kemungkinan meragukan diri sendiri dan terus-menerus merenungkan apa yang seharusnya Anda katakan.

Penelitian menunjukkan bahwa jujur pada diri sendiri membantu kondisi mental seseorang.

Temuan riset menunjukkan bahwa orang yang menjalani hidupnya sesuai dengan standar moral yang tinggi memiliki kemungkinan depresi yang jauh lebih rendah.

Baca Juga: 10 Pesan Inspiratif Bagi Generasi Muda dari Warren Buffett

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×