kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Cara Makan Labu Siam Untuk Pasien Sakit Gula, Cek Buah yang Dilarang Untuk Diabetes


Rabu, 21 Februari 2024 / 06:58 WIB
Cara Makan Labu Siam Untuk Pasien Sakit Gula, Cek Buah yang Dilarang Untuk Diabetes
ILUSTRASI. Cara Makan Labu Siam Untuk Pasien Sakit Gula, Cek Buah yang Dilarang Untuk Diabetes

Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Buah yang Dilarang untuk Penderita Diabetes - Jakarta. Simak manfaat labu siam untuk penderita diabetes. Kenali juga buah yang dilarang untuk penderita diabetes.

Labu siam sering dikonsumsi sebagai lalapan. Selain itu, labu siam juga sering digunakan sebagai bahan sayuran.

Namun, ternyata labu siam juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat labu siam adalah bagus untuk penderita diabetes.

Diberitakan Kompas.com, labu siam membantu menjaga gula darah untuk pasien diabetes. Hal ini karena, labu siam mengandung sejumlah zat gizi.

Menurut Healthline, kandungan nutrisi labu siam yang berukuran sekitar 203 gram, yakni:

  • Kalori: 39
  • Karbohidrat: 9 gram
  • Protein: 2 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Serat: 4 gram atau 14 persen dari nilai kecukupan gizi harian, atau daily value (DV)
  • Vitamin C: 26 persen dari DV
  • Vitamin B9 atau folat: 47 persen dari DV
  • Vitamin K: 10 persen dari DV
  • Vitamin B6: 8 persen dari DV
  • Mangan: 19 persen dari DV
  • Zat tembaga: 12 persen dari DV
  • Zat besi: 10 persen dari DV
  • Kalium: 7 persen dari DV
  • Magnesium: 6 persen dari DV

Selain memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan, labu siam juga memiliki kadar kalori, lemak, garam, dan total karbohidrat yang rendah sehingga sangat baik untuk beberapa jenis diet.

Baca Juga: Mengandung GI Tinggi, Ini Cara Terbaik Makan Kentang untuk Penderita Diabetes

Manfaat labu siam untuk penderita diabetes

Ternyata selain baik untuk kesehatan, labu siam juga baik untuk penderita diabetes. Dilansir dari WebMD, labu siam memiliki kandungan karbohidrat yang rendah dan tinggi akan sehat sehingga dapat mendukung keseimbangan kadar gula darah. Kandungan serat yang tinggi pada labu siam juga akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama meskipun mengonsumsinya dalam jumlah yang sedikit.

Serat di dalam labu siam juga dapat memperlambat penyerapan karbohidrat di dalam tubuh sehingga dapat membantu untuk mengontrol kadar gula darah. Bahkan, zat kimia yang ditemukan di dalam labu siam juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin yang akan sangat baik untuk penderita diabetes tipe 2 dan dapat membantu untuk mencegah terjadinya gula darah tinggi.

Selain baik untuk penderita diabetes, ada manfaat labu siam lainnya yang akan didapatkan, seperti:

  • Meningkatkan kesehatan lever atau hati
  • Mendukung kesehatan jantung
  • Mengurangi inflamasi dan stres oksidatif sehingga memperlambat proses penuaan

Cara mengolah labu siam untuk penderita diabetes

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengonsumsi labu siam mentah secara langsung. Namun, Anda juga bisa menambahkan labu siam pada sayuran atau salad, serta mengolahnya dengan mengukus dan menumis bersama dengan bahan lainnya.

Dengan memahami apakah labu siam baik untuk penderita diabetes, Anda bisa mencoba untuk mengonsumsinya. Meskipun begitu, Anda tetap diimbau untuk menggunakan insulin atau minum obat diabetes, serta melakukan pola hidup sehat untuk mengelola diabetes yang dimiliki.

Buah yang dilarang untuk penderita diabetes

Penderita diabetes wajib menjauhi makanan manis. Selain itu, penderita diabetes juga dilarang makan buah tertentu. Apa saja buah yang dilarang dimakan penderita diabetes? Simak makanan untuk menurunkan kadar gula tinggi dalam darah.

Ada berbagai macam buah pantangan atau dilarang dimakan penderita diabetes. Selain menghindari buah pantangan tersebut, penderita diabetes perlu konsumsi sejumlah makanan tertentu untuk menurunkan kadar gula darah.

Buah memang bagus untuk kesehatan karena mengandung vitamin, mineral dan zat gizi lainnya. Namun, beberapa buah adalah pantangan penderita diabetes.

Buah dilarang dimakan penderita diabetes itu karena bisa menyebabkan kenaikan gula darah. Jika terpaksa ingin makan buah tersebut, penderita diabetes harus membatasinya.

Lalu, buah apa saja yang dilarang dimakan penderita diabetes?

Mengutip Kompas.com, berikut daftar buah pantangan yang dilarang dimakan penderita diabetes:

1. Buah-buahan yang tinggi gula

Daftar buah yang dilarang untuk penderita diabetes yang pertama adalah buah-buahan tinggi gula. Dikutip dari Medical News Today, penderita diabetes harus memperhatikan indeks glikemik (GI) dalam buah-buahan sebelum memutuskan untuk mengonsumsinya.

GI dapat digunakan untuk menunjukkan seberapa banyak makanan dapat meningkatkan kadar gula darah seseorang setelah mereka memakannya. Jika suatu buah memiliki skor GI antara 70 dan 100, maka itu adalah buah yang mengandung tinggi gula.

Beberapa buah dengan skor yang memiliki skor GI tinggi di antaranya: Semangka, Kurma kering, ,Nanas, Pisang yang terlalu matang.

Buah-buahan di atas masih aman dikonsumsi oleh penderita diabetes, jika dimakan dalam jumlah sedang. Namun, jika ingin melakukan diet diabetes dengan memakan buah-buahan, maka pilihlah buah yang memiliki skor GI lebih rendah.

2. Buah-buahan yang tinggi karbohidrat

Daftar buah yang dilarang untuk penderita diabetes yang kedua adalah buah dengan karbohidrat tinggi. Salah satu penyebab gula darah meningkat adalah karena mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat dalam satu waktu.

Mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat dapat membuat kadar gula darah naik ke tingkat yang sangat berbahaya. Menurut Diabetes UK, jumlah karbohidrat yang dimakan seseorang dapat memberikan dampak yang besar pada kadar gula darah dalam tubuh. Untuk itu, asupan buah-buahan yang mengandung banyak karbohidrat juga sebaiknya dihindari atau dibatasi bagi penderita diabetes.

Untuk gambarannya, satu buah apel sedang akan memiliki 15-20 gram karbohidrat. Jika sedang menjalani diet diabetes dengan makan makanan yang rendah karbohidrat, Anda bisa memakan setengahnya atau porsi yang lebih kecil.

3. Jus buah

Daftar buah yang dilarang untuk penderita diabetes yang ketiga adalah buah yang dibuat jus. Dilansir dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), minum jus buah dapat dengan cepat meningkatkan kadar gula darah seseorang.

Untuk itu, penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi buah secara utuh agar tetap memiliki kandungan serat yang dapat memperlambat penyerapan gula ke dalam darah.

Sebuah penelitian 2013 melihat bagaimana konsumsi buah dapat memengaruhi kemungkinan seseorang dalam mengembangkan diabetes tipe 2. Hasilnya menunjukkan, orang yang mengonsumsi lebih banyak buah utuh lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan diabetes tipe 2.

Namun, orang yang minum jus buah dalam jumlah yang besar memiliki kemungkinan untuk mengembangkan kondisi tersebut. Pada studi 2017 juga memiliki hasil yang serupa. Para peneliti menemukan bahwa konsumsi buah segar mengurangi risiko seseorang terkena diabetes tipe 2.

Selain itu, mereka juga menemukan bahwa penderita diabetes yang makan buah segar secara teratur memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular atau kematian.

4. Buah kering

Daftar buah yang dilarang untuk penderita diabetes yang keempat adalah buah kering. Seseorang juga bisa memasukkan buah kering ke dalam makanannya, asalkan tidak dikeringkan dengan tambahan gula.

Pada sebuah studi 2017, peneliti menemukan korelasi positif antara makan kacang dan buah kering dengan pencegahan diabetes tipe 2. Asosiasi Diabetes Amerika (ADA) mengonfirmasi bahwa buah kering bisa menjadi pilihan yang baik untuk penderita diabetes, tetapi mereka harus memperhatikan fakta bahwa ukuran porsinya bisa kecil.

5. Buah kemasan yang diolah

Daftar buah yang dilarang untuk penderita diabetes yang kelima adalah buah kemasan yang diolah. Penderita diabetes sebaiknya tidak mengonsumsi buah-buahan yang dikemas. Hal ini dikarenakan, buah yang dikemas cenderung memiliki kandungan gula yang tinggi.

Namun, jika tetap ingin memakannya, Anda bisa memilih produk dengan label yang bertuliskan:

  • Dikemas dalam jusnya sendiri
  • Tidak diberi gula
  • Tidak ada tambahan gula

Salah satu cara mengganti buah olahan dalam menu makanan adalah dengan membekukan buah segar, seperti irisan pisang.

Itulah manfaat labu siam untuk pasien diabetes serta daftar buah yang dilarang untuk penderita diabetes. Segera hubungi dokter jika gula darah terus meningkat.

Selanjutnya: Perkuat Kinerja, Diagnos Laboratorium (DGNS) Tambah Laboratorium Baru

Menarik Dibaca: 25 Ucapan Hari Peduli Sampah Nasional 2024, Yuk Bantu Jaga Lingkungan Sekitar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×